Persiapan Sebelum Mengajak Bayi Berenang

9 Persiapan Sebelum Mengajak Bayi Berenang

Berdasarkan penelitian bayi yang sudah diajak berenang sejak usianya beberapa bulan, maka ia akan memiliki keseimbangan yang lebih baik, juga akan mampu menggapai objek di sekitarnya lebih mudah dibandingkan dengan bayi yang tidak pernah diajak berenang. Mengetahui seperti itu, anda tidak perlu lagi ragu mengajak si kecil berenang.

Persiapan Sebelum Mengajak Bayi Berenang

Nah, sebelum mengajak si kecil berenang pastikan anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Persiapan Sebelum Mengajak Bayi Berenang

Perhatikan Keadaan Si Kecil

Sebelum anda mengajak si kecil berenang, maka anda harus memperhatikan beberapa hal termasuk keadaan si kecil. Anda harus memastikan jika si kecil keadaannya sedang fit. Pasalnya, apabila si kecil dalam keadaan kurang sehat maka berenang justru akan semakin memperparah keadaannya. Maka dari itu, anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum mengajak si kecil berenang. ( Baca juga : Manfaat Pijat Bayi yang Harus Anda Ketahui)

Pertimbangkan Usia Bayi

Mempertimbangkan usia bayi sebelum mengajaknya berenang adalah hal penting yang harus dilakukan. Bayi bisa mulai diperkenalkan pada aktivitas berenang saat usianya 4-5 bulan atau jika leher bayi sudah tegak. Anda juga bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter mengenai kapan si kecil boleh diajak berenang.

Sebelum Berenang

Anda jangan sampai mengajak si kecil berenang ketika ia dalam keadaan lapar. Saat si kecil lapar biasanya ia akan cenderung rewel dan pastinya akan mengganggu aktivitas berenang. Satu jam sebelum mengajak si kecil berenang, pastikan anda sudah memberinya makan atau minum.

Jangan Mengajak Si Kecil Berenang Saat Dalam Keadaan Ngantuk

Ini juga penting untuk diperhatikan. Sebaiknya anda mengajak si kecil berenang saat jam mainnya. Jangan ajak ia berenang dalam keadaan ngantuk, karena selain akan membuatnya rewel juga ia bisa tertidur saat berenang.

Pilih Tempat Baby Spa yang Baik

Sebelum memutuskan mengajak si kecil berenang, anda tentu harus memilih tempat baby spa terbaik untuk si kecil. Pastikan anda memilih tempat baby spa dengan terapis yang sudah profesional.

Perhatikan Suhu Kolam Renang

Bayi tidak boleh berenang dalam air dingin karena akan mempengaruhi kesehatannya. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk memperhatikan suhu kolam renang yang akan digunakan. Biasanya di tempat baby spa sudah memahami mengenai aturan suhu air untuk berenang si kecil. Suhu air kolam renang sebaiknya 34 sampai 35 derajat Celcius.

Pilihan Baju Renang

Untuk baju renang itu sendiri biasanya sudah disiapkan di tempat baby spa. Namun, jika anda ingin mambawa baju renang sendiri maka anda harus membawa baju renang yang nyaman untuk si kecil. Jangan hanya memperhatikan modelnya saja, sangat penting bagi anda untuk memperhatikan kenyamanan baju saat digunakan oleh si kecil.

Pilihlah Pelampung Berkualitas

Saat si kecil berenang, maka ia akan menggunakan pelampung. Untuk menjaga keamanan dan keselamatannya, pastikan pelampung yang digunakan berkualitas. ( Lihat juga : Mengapa Bayi Perlu Baby Spa?)

Perhatikan Durasi Berenang

Jika si kecil baru pertama kali berenang, durasi berenang cukup 10 sampai 15 menit saja. Namun, jika sudah beberapa kali anda bisa menambah durasinya. Untuk waktu anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Demikian beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mengajak bayi berenang. Semoga bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment