Alasan Bayi Perlu Dipijat

Alasan Bayi Perlu Dipijat yang Harus Bunda Ketahui

Alasan Bayi Perlu Dipijat yang Harus Bunda Ketahui – Pijat bayi merupakan salah satu rangkaian baby spa yang saat ini tengah populer. Pijat bayi tentu memilik segudang manfaat untuk si kecil. Nah, berikut ini beberapa alasan kenapa bayi perlu dipijat yang harus anda ketahui.

Alasan Bayi Perlu Dipijat

Alasan Bayi Perlu Dipijat

Bund memberikan pijatan pada tubuh si kecil tentu bukan tanpa alasan. Ada banyak manfaat yang akan didapatkan dengan memijat si kecil seperti berikut ini.

  • Memijat si kecil akan membuatnya jarang sakit. Selain itu, pijatan juga akan membuat tidur si kecil lebih nyenyak. Pencernaan bayi akan menjadi lebih lancar.
  • Bayi yang sering dipijat akan jarang mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, kolik dan diare.
  • Pijat bayi juga akan membuat peredaran darahnya menjadi lancar dan membuat kulit si kecil lebih sehat.
  • Jika pijat bayi dilakukan sendiri oleh orangtua, maka akan dapat mempererat bonding antara anak dan orangtua. Selain itu, juga akan membuat si kecil merasa lebih nyaman.
  • Dengan pijat bayi otot-otot si kecil akan menjadi lebih kuat. Selain itu, koordinasi tubuhnya juga akan menjadi lebih baik.
  • Bayi yang sering atau rutin dipijat akan tumbuh menjadi anak yang bahagia dan periang. Si kecil juga tidak akan mudah rewel dan tantrum. Secara umum, si kecil jarang mengalami masalah emosional atau psikologis.
  • Pijatan pada bayi akan membuat sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih kuat. Si kecil akan lebih tahan terhadap infeksi dan masalah kesehatan yang lainnya.

Baca juga : Tips Agar Bayi Nyaman Saat Dipijat

Kapan Bayi Boleh Dipijat?

Apabila bayi cukup bulan, maka pijat bayi bisa dilakukan sedini mungkin. Sedangkan jika bayi kurang bulan, maka sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau bidan. Apakah si kecil boleh diberikan pijatan atau belum. Pijatan yang diberikan pada bayi yang usianya kurang 2 bulan harus dilakukan dengan sangat hati-hati, dengan sentuhan lembut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memijat bayi seperti berikut ini.

  • Saat akan memberikan pijat bayi, pastikan kondisi bayi sehat. Pasalnya, jika bayi kondisinya tidak sehat maka ia akan rewel dan membuat si kecil tidak rileks. Oleh karena itu pastikan bayi anda sehat sebelum diberikan pijatan. Tunda kegiatan ini jika si kecil kondisinya kurang fit.
  • Saat memijat si kecil pastikan suasananya tenang dan nyaman. Anda bisa memutar musik untuk membuat pikiran si kecil lebih tenang. Anda juga dapat mengajak si kecil berbicara ketika memberikannya pijatan.
  • Kebersihan tempat dan tangan anda sebaiknya diperhatikan saat akan memijat bayi. Pastikan anda sudah mencuci tangan hingga bersih dengan menggunakan sabuh dan air yang mengalir. Aksesoris yang anda gunakan sebaiknya dilepaskan seperti gelang, jam tangan, cincin dan lain sebagainya agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit si kecil.
  • Pilihlah minyak pijat khusus bayi yang aman dan tidak mengandung bahan kimia.
  • Sangat penting untuk mengenali respon si kecil ketika dipijat. Jika bayi rewel atau menangis ketika sedang dipijat, bisa saja ia sedang haus, mengantuk, lapar atau tidak nyaman. Jika si kecil menunjukan tanda-tanda tersebut, sebaiknya hentikan pijatan pada si kecil.
  • Hindari memberikan pijatan pada si kecil apabila terjadi beberapa kondisi seperti sedang kelaparan atau kekenyangan dan tidak sedang tidur. Selain itu, perhatikan juga durasi saat memijat bayi.

Itulah beberapa alasan kenapan bayi harus dipijat dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat memijat bayi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment