Manfaat Pijat Payudara Untuk Ibu Menyusui

Apa Saja Manfaat Pijat Payudara Untuk Ibu Menyusui?

Manfaat Pijat Payudara Untuk Ibu Menyusui – Setelah mengandung selama 9 bulan dan melahirkan buah hati, kini ibu memasuki masa menyusui. Menyusui buah hati tentu menjadi tugas penting seorang ibu setelah melahirkan. Dari ASI atau air susu ibu si kecil akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Sehingga sangat penting bagi ibu untuk selalu menjaga kualitas dan produksi ASI agar proses menyusui si kecil selalu berjalan lancar.

Akan tetapi, terkadang di masa menyusui banyak keluhan yang ibu alami. Keluhan-keluhan ini bisa menghambat proses menyusui si kecil, misalkan saluran ASI yang tersumbat, produksi ASI tidak lancar, payudara terasa sakit dan lain sebagainya.

Melakukan pijat payudara pada ibu menyusui memiliki banyak manfaat, termasuk dapat membantu mengatasi keluhan yang dialami oleh ibu menyusui. Selain itu, pijat payudara juga akan membuat ibu merasa nyaman saat menyusui si kecil.  Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya apa saja manfaat pijat payudara untuk ibu menyusui, anda bisa simak di bawah ini.

Baca juga : Manfaat Pijat Nifas Setelah Melahirkan

Manfaat Pijat Payudara Untuk Ibu Menyusui

Manfaat Pijat Payudara Untuk Ibu Menyusui

Beberapa manfaat berikut ini akan didapatkan ibu menyusui yang melakukan pijat payudara. Apa saja itu? Yuk simak berikut ini.

Melancarkan Saluran ASI

Saluran ASI tersumbat terjadi karena ASI mengalami penumpukan hingga membuat jaringan pada sekitar saluran ASI mengalami pembengkakan dan peradangan. Sumbatan saluran ASI ini dapat disebabkan karena produksi ASI yang lebih cepat dibandingkan dengan frekuensi bayi menyusu. Untuk membantu mengatasi saluran ASI yang mengalami sumbatan dan untuk membantu melancarkan ASI, pijat payudara pada ibu menyusui dapat membantu.

Meningkatkan Kualitas ASI

Melakukan pijat payudara pada ibu menyusui juga akan dapat membantu meningkatkan kualitas ASI, meningkatkan jumlah kandungan nutrisi yang terdapat pada ASI. Dengan melakukan pijat payudara beberapa zat yang naik jumlahnya di antaranya yaitu lemak, energi dan kasein. Sedangkan natrium dalam ASI jumlahnya akan berkurang.

Mencegah Payudara Sakit

Salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu di masa menyusui yaitu payudara sakit. Keluhan ini tentu akan membuat ibu merasa tidak nyaman, rasa sakit yang dialami dapat menghambat proses pemberian ASI pada si kecil.

Nah, berdasarkan penelitian menyatakan, pijat payudara pada ibu menyusui akan dapat membantu mengurangi rasa nyeri ketika menyusui. Pijatan ini bisa dilakukan 2 kali sehari dengan durasi 30 menit.

Memperbanyak ASI

ASI atau air susu ibu merupakan makanan utama bayi baru lahir. Bayi baru lahir belum membutuhkan tambahan makanan atau cairan lainnya. Oleh karena itu, demi mencukupi kebutuhan ASI si kecil sangat penting untuk menjaga produksi ASI agar tetap lancar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan produksi ASI salah satunya yaitu dengan melakukan pijat payudara pada ibu menyusui.

Pijat payudara ini bisa dilakukan sendiri di rumah atau meminta bantuan terapis profesional. Agar saat melakukan pijat lebih rileks, anda bisa sambil mendengarkan musik.

Manfaat Lainnya

Pijat payudara pada ibu menyusui juga akan membantu mencegah serta mengatasi berbagai masalah menyusui seperti misalkan mastitis atau payudara bengkak. Selain itu, si kecil juga akan menyusu lebih banyak.

Lihat juga : Cara Menghilangkan Sakit Pinggang Ibu Hamil Dengan Teknik Pijat

Itulah beberapa manfaat pijat payudara pada ibu menyusui. Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan pijat, apalagi jika anda memiliki kondisi medis tertentu.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment