Aturan Berendam Air Panas Saat Hamil

Aturan Berendam Air Panas Saat Hamil

Aturan Berendam Air Panas Saat Hamil – Berendam dengan air hangat bisa menjadi salah satu relaksasi yang banyak di praktikan ibu hamil. Rasa nyaman dan sensasi menenangkan yang didapatkan ketika berendam dengan air panas memang menarik untuk dicoba. Akan tetapi, berendam dengan air panas pun tidak dapat dilakukan dengan sembarangan sebab hal ini akan dapat berdampak kurang baik. Mari simak aturan berendam air hangat saat hamil.

Dengan terapi semacam ini terbukti banyak ibu hamil yang merasakan relaksasi yang nyaman ketika berendam dengan menggunakan air panas. Pegal-pegal dan bengkak pada kaki pun terasa lebih nyaman ketika anda merendamnya dengan air panas. Baca juga: Fakta Tentang Pijat Ibu Hamil

Aturan Berendam Air Panas Saat Hamil

Berendam dengan menggunakan air panas selama hamil memang bukan hal yang dilarang. Akan tetapi, air panas dan ibu hamil dikaitkan dengan bahaya yang besar apabila ibu tidak memperhatikan aturan berendam dengan baik.

Nah, untuk itulah guna menjaga agar ibu terhindar dari masalah serius akibat berendam dengan air panas. Maka mari kita simak beberapa aturan berendam air panas saat hamil berikut ini.

Sementara itu, pemberian obat-obatan yang sembarangan akan tentu dilarang untuk dilakukan. Nah, oleh karenanya terapi tradisional yang mudah dan praktis yang banyak dilakukan adalah dengan berendam di air panas.

Perhatikan Suhu Air

Biasanya semakin tinggi suhu air maka tubuh yang pegal dan terasa gatal akan merasa lebih nyaman. Akan tetapi, karena kondisi kehamilan yang anda miliki saat ini tentunya anda tidak bisa berendam di air panas dengan sesuka hati tanpa memperhatikan hal-hal penting yang perlu diperhatikan.

Suhu air yang digunakan untuk berendam sebaiknya diperhatikan dengan baik. Pastikan suhu air tidak lebih dari 36,6 derajat Celcius.

Untuk memudahkan anda mengetahui ukuran suhu ini maka sebaiknya sediakan termometer. Dengan begini maka anda akan lebih mudah untuk mengetahui ukuran suhu yang anda gunakan untuk berendam.

Apabila air terlalu panas maka sebaiknya tambahkan dengan air dingin atau mungkin anda bisa menunggu beberapa saat sampai suhu menjadi lebih menurun. Pada ukuran suhu diatas, air akan aman untuk anda gunakan sebagai media untuk berendam.

Perhatikan Kebersihan Air

Ibu hamil perlu menjaga dan memperhatikan kesehatannya dengan sangat baik. Sebab paparan bakteri dan kuman akan dapat berpengaruh bahaya untuk kesehatannya.

Termasuk dengan kebersihan air yang digunakan untuk berendam. Jangan sampai air yang digunakan terkontaminasi dengan bahan berbahaya lainnya atau air dalam keadaan kotor.

Biasanya pada saat berendam tubuh dalam keadaan telanjang. Ketika air yang digunakan tidak layak maka bakteri dan kuman akan lebih mudah masuk kedalam tubuh melalui pori dan lubang yang ada pada bagian tubuh anda.

Jadi demikian, perhatikan dengan baik agar pada saat anda hendak berendam sebaiknya gunakan air yang bersih. Atau pastikan air dimasak sampai mendidih untuk mematikan kuman. Sisanya anda akan dapat menyesuaikan suhu pada kebutuhan anda sendiri.

Pastikan Kebersihan Bathtub Atau Media Tempat Berendam

Bukan hanya air yang penting untuk anda perhatikan kebersihannya akan tetapi media yang anda gunakan untuk berendam pun menjadi hal yang tak kalah penting untuk anda perhatikan dengan baik.

Karena biasanya banyak orang keliru bahwa kotoran dan kuman sebenarnya bisa didapatkan dari bathtub atau media tempat berendam yang tidak dibersihkan dengan keseluruhan.

Untuk itu, sebelum anda memutuskan untuk berendam maka perhatikan dengan baik untuk mencuci dan menguras bathtub dengan baik. Apalagi setelah bathtub digunakan oleh orang lain.

Karena kita tidak bisa selalu memastikan orang lain mampu menjaga kebersihannya sebagaimana kita menjaga kebersihan dengan sangat hati-hati. Bila perlu sikat beberapa bagian untuk menghilangkan kotoran dengan merata.

Hati-Hati Sewaktu Melangkah Masuk dan Keluar dari Bak Mandi

Aturan lain yang juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan pada saat anda hendak berendam adalah dengan melakukannya dengan sangat hati-hati.

Biasanya bak mandi akan terasa licin dan akan berbahaya apabila ibu hamil tidak mendapatkan dampingan dari orang lain. Terutama pada saat anda hendak melangkah masuk dan keluar dari bak mandi pada saat berendam.

Untuk itu, bila memungkinkan anda akan dapat meminta bantuan orang lain untuk menahan anda masuk kedalam bak mandi saat hendak berendam. Dengan begini setidaknya anda akan dapat memiliki bantuan lebih apabila sesuatu terjadi dengan anda.

Pastikan Lantai Kamar Mandi Tidak Licin

Pada saat hendak berendam penting pula untuk anda memperhatikan dengan sangat baik bahwa kamar mandi anda tidak dalam keadaan licin.

Jadi ketika kamar mandi habis digunakan oleh pasangan atau penghuni rumah yang lainnya, sebelum berendam pastikan bila anda terlebih dahulu menyiram dan membersihkan lantai kamar mandi guna memastikan kesehatan anda dengan baik.

Bila perlu anda bisa menggunakan karpet atau plastik khusus yang memungkinkan anda bisa berjalan atau menapak diatasnya tanpa tergelincir.

Saat ini sudah ada banyak tersedia karpet dengan daya fungsi yang mampu mencengkram dan tidak bergeser di lantai pada saat digunakan.

Perhatikan Sabun dan Produk yang Digunakan

Tidak seperti orang pada umumnya yang ketika berendam bisa menggunakan produk milk and soap bath, anda para ibu hamil tidak diperkenankan untuk menggunakan produk ini dengan sembarangan.

Karena pH pada sabun yang belum jelas akan mungkin berpengaruh terhadap kesehatan anda dan janin didalam kandungan anda. Untuk itulah, maka perhatikan dengan baik agar jangan sampai hal semacam ini menyebabkan bahaya pada kesehatan anda.

Hindari menggunakan sabun apalagi dengan busa yang banyak sebab kandungan kimia yang ada pada sabun akan mungkin berpengaruh pada kesehatan anda.

Cukup menggunakan air hangat dan bila anda ingin lebih nyaman silahkan masukkan aroma terapi yang memang aman untuk ibu hamil. Sambil merendam, aroma terapi yang dimunculkan akan tentu memberikan efek relaksasi yang menenangkan.

Jangan Terlalu Lama

Berendam didalam air berisikan air hangat memang menyenangkan, selain tubuh yang dimanjakan dengan sensasi menenangkan. Terkadang, hal ini pun mampu membuat kita lupa waktu dengan terus menerus berendam sampai air menjadi lebih dingin.

Akan tetapi, tidak sebaiknya demikian berendam air hangat pada ibu hamil tidak boleh dilakukan terlalu lama sebab bisa mungkin hal ini berpengaruh terhadap kesehatannya.

Cukup 1 jam setelah anda selesai maka anda bisa beranjak dari bak mandi dan segera bersihkan diri anda. Bila anda khawatir menghabiskan waktu terlalu lama maka tidak ada salahnya mengatur alarm pada saat berendam.

Author Info

Bella

No Comments

Post a Comment