Aturan Melakukan Baby Gym

Aturan Melakukan Baby Gym yang Harus Orangtua Pahami

Aturan Melakukan Baby Gym yang Harus Orangtua Pahami – Baby gym merupakan kumpulan permainan atau gerakan yang memiliki tujuan untuk merangsang perkembangan, pertumbuhan dan motorik si kecil. Tidak hanya dapat menghibur bayi, melakukan baby gym juga akan mendatangkan banyak manfaat lainnya. Baby gym itu sendiri biasanya dilakukan saat usia bayi 3 sampai 12 bulan. Meskipun memiliki manfaat yang banyak, namun sebelum melakukan baby gym ada beberapa aturan yang harus diperhatikan. Nah, berikut ini aturan baby gym yang harus orangtua pahami.

Aturan Melakukan Baby Gym

Aturan Melakukan Baby Gym yang Harus Orangtua Pahami

Supaya latihan senam bayi nyaman, bermanfaat dan lancar, maka ada beberapa hal yang penting diperhatikan sebelum anda mengajak si kecil latihan baby gym. Berikut ini beberapa syarat baby gym:

  • Usia bayi sudah 3 bulan atau lebih. Pastikan usia si kecil sudah mencapai usia 3 bulan. Sebab jika belum mencapai 3 bulan gerakan yang si kecil lakukan yaitu gerakan refleks. Selain itu, saat usianya sudah di atas 3 bulan otot, kepala serta leher si kecil sudah kuat.
  • Dalam keadaan sehat. Sebelum melakukan latihan baby gym, anda harus memastikan si kecil dalam kondisi sehat. Tidak boleh menderita diare, demam, kejang-kejang atau mengalami kelainan bawaan atau mengalami penyakit lainnya yang disarankan oleh dokter tidak boleh melakukan aktivitas yang banyak.
  • Jangan memaksa bayi. Ketika melakukan latihan baby gym jangan pernah memaksa si kecil untuk melakukan gerakan atau posisi tertentu. Memaksa si kecil akan membuatnya rewel dan tidak nyaman.
  • Bayi sudah makan. Bayi sudah diberi makan. Namun anda jangan langsung mengajaknya baby gym. Tunggu terlebih dahulu paling tidak selama 30 menit setelah diberi makan.
  • Tidak perlu memakai baju. Ketika melakukan senam bayi, si kecil tidak perlu memakai baju. Anda cukup memakaikannya popok saja. Anda bisa mengatur sirkulasi udara supaya si kecil tidak kedinginan ataupun kepanasan.

Baca juga : Tips Agar Bayi Tidak Rewel Saat Baby Spa

Manfaat Baby Gym

Gerakan baby gym memiliki manfaat untuk anak dan mempunyai peran penting untuk perkembangan anak. Selain itu, berdasarkan penelitian menyatakan bahwa baby gym bermanfaat untuk membangun karakter buah hati yang lebih percaya diri, mudah bersosialisasi dan aktif. Selain itu, beberapa manfaat melakukan baby gym lainnya yaitu seperti berikut ini:

  • Baby gym akan mendekatkan hubungan antara orangtua dan anak.
  • Meningkatkan perkembangan motorik si kecil seperti berjalan dan merangkak
  • Mengajarkan buah hati berinteraksi di lingkungannya
  • Membantu melatih kekuatan persendian atau otot bayi supaya lebih matang untuk mempersiapkan perkembangan motoriknya.
  • Membantu membuat fungsi pendengaran, penglihatan dan tumbuh kembang si kecil menjadi optimal
  • Akan memudahkan orangtua dalam memantau perkembangan tulang dan otot anak
  • Membantu meningkatkan nafsu makan buah hati dan membuat tidurnya menjadi lebih nyenyak
  • Membuat peradaran darah si kecil menjadi lancar dan membuat jantungnya sehat
  • Kemampuan bayi menyeimbangkan diri serta kewaspadaannya akan meningkat.

Itulah aturan melakukan baby gym dan beberapa manfaatnya untuk bayi. Kini ada banyak tempat baby gym yang bisa anda temukan. Selain melakukannya sendiri, anda bisa mengajak si kecil ke tempat baby gym. Pastikan anda memilih tempat baby gym terbaik dengan terapis profesional. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment