Aturan yoga untuk ibu hamil

Aturan Yoga Untuk Ibu Hamil yang Aman

Aturan Yoga Untuk Ibu Hamil yang Aman – Ketika hamil tubuh seorang wanita akan mengalami perubahan. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ketika hamil, baik fisik atau mental yaitu dengan melakukan yoga ibu hamil. Selain menjaga kesehatan tubuh, yoga hamil juga akan membantu mempersiapkan persalinan, serta menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Selain itu, beberapa manfaat yoga ibu hamil di antaranya yaitu :

  • Meningkatkan kualitas tidur ibu hamil
  • Sirkulasi darah menjadi lancar
  • Memperbaiki postur tubuh
  • Mengurangi cemas dan stres
  • Membantu meringankan keluhan yang dialami ibu hamil
  • Menurunkan tekanan darah, dan lain sebagainya

Nah, untuk anda yang berencana mengikuti yoga saat hamil, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan optimal. Berikut ini aturan yoga ibu hamil yang aman dan harus anda perhatikan.

Aturan yoga untuk ibu hamil

Aturan Yoga Untuk Ibu Hamil yang Aman

Sangat penting mengetahui aturan yoga untuk ibu hamil agar olahraga ini dapat dilakukan dengan aman dan nyaman. Yuk simak aturan yoga untuk ibu hamil berikut ini.

Lakukan dengan Baik dan Benar

Untuk ibu hamil yang melakukan yoga, baik itu untuk ibu pemula ataupun yang sudah berpengalaman, penting untuk melakukan gerakan yoga dengan benar. Ketika yoga anda harus melakukannya dengan fokus. Pasalnya hal ini akan berdampak terhadap fisik maupun kesehatan ibu hamil.

Memilih Pelatih yang Tepat

Hal penting lainnya yang harus anda perhatikan saat hendak mengikuti kelas yoga yaitu memilih pelatih yang tepat. Plihlah pelatih yang profesional dan tentunya telah bersertifikat. Selain itu, anda juga harus mencari pelatih yang memberikan perhatian pada garakan-gerakan yoga yang anda lakukan. Dengan seperti itu, anda bisa dengan tepat mempelajari gerakan yoga.

Menggunakan Alat Bantu

Apabila anda tidak bisa melakukan gerakan yang menurut anda sulit, anda bisa menggunakan alat bantu, misalkan bantal atau lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan dari gerakan tersebut. Meskipun menggunakan alat bantu, bukan berarti gerakan anda tidak sempurna. Yang terpenting gerakan yang anda lakukan benar dan tepat.

Ketika anda tidak sanggup melakukan gerakan tertentu, anda jangan memaksakan diri. Pelatih akan memahami kondisi ibu hamil dan akan memberikan bantuan atau anda dianjurkan untuk istirahat sejenak.

Waktu

Melakukan latihan yoga bisa kapan saja baik itu saat pagi, siang maupun malam hari. Dalam setiap sesi bisa dilakukan selama 1 hingga 2 jam. Ketika anda melakukan gerakan yoga, durasinya perlu diperhatikan. Agar mendapatkan manfaat optimal, dilakukan minimal 30 detik pada setiap pose gerakan yoga. Namun, perlu anda ketahui kemampuan setiap ibu hamil itu sendiri berbeda-beda. Anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan dan kebutuhan anda.

Perhatikan Waktu Makan

Sebelum melakukan yoga, disarankan pada ibu hamil untuk tidak mengonsumsi makanan berat, karena akan mengganggu ibu hamil saat akan melakukan yoga. Anda bisa makan 2 jam sebelum melakukan yoga. Setelah melakukan yoga juga tidak disarankan langsung makan. Anda harus memberi jeda selama sekitar 30 menit. Setelah itu anda bisa mengonsumsi makanan sehat.

Baca juga : Tips Atasi Stress Pada Ibu Hamil dengan Lakukan Relaksasi Berikut

Nah, itulah beberapa aturan yoga ibu hamil yang aman dan harus anda perhatikan sebelum memulai yoga. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment