Baby Massage

Baby Massage, Mengenal Manfaat dan Waktu Terbaik Melakukannya

Baby MassagePijat bayi bukan hanya sekedar tren semata, namun memiliki banyak manfaat untuk si kecil. Pijatan lembut yang dilakukan pada tubuh si kecil akan dapat memberikan efek stimulasi dan relaksasi, juga bermanfaat untuk membuat peredaran darah dan peredaran limfa lancar. Hal ini tentunya berpengaruh untuk metabolisme tubuh dan daya tahan tubuh. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya seperti berikut ini.

Baby Massage
  • Membuat si kecil nyaman dan tenang. Pijatan pada si kecil akan membuat sistem saraf pusatnya terangsang. Sentuhan fisik pada si kecil akan dapat mengirim sinyal pada otak untuk memproduksi endorfin dan serotonin lebih banyak. Ini merupakan hormon yang akan menjadikan perasaan lebih nyaman dan bahagia.
  • Melancarkan pencernaan. Pijat bayi juga akan membuat sistem pencernaan si kecil lebih nyaman dan geraknya akan menjadi lebih lancar. Jika si kecil rewel karena mengalami masalah pencernaan, misalkan sembelit, perut kembung atau kolik, setelah mendapatkan pijatan ia akan merasa lebih nyaman.
  • Membuat tidurnya lebih nyenyak. Menurut penelitian, pijat bayi akan membuat siklus tidur si kecil menjadi teratur. Artinya si kecil akan tidur di malam hari lebih banyak dan aktif di siang hari.
  • Memperkuat hubungan orangtua dan bayi. Memijat bayi pun akan meningkatkan, serta memperkuat hubungan emosional bayi dengan orangtuanya.  Menurut penelitian, depresi pasca melahirkan akan berkurang dengan pijat bayi, serta akan membuat kepekaan orangtua terhadap kebutuhan buah hatinya meningkat.

Selain itu, masih banyak manfaat pijat bayi lainnya yang akan si kecil dapatkan.

Kapan Waktu Terbaik Melakukan Baby Massage?

Untuk mendapatkan manfaatnya dengan optimal, pijat bayi harus dilakukan dengan baik dan benar. Salah satu hal yang harus diperhatikan saat pijat bayi yaitu waktu terbaik untuk memijat. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan mengenai waktu pijat bayi.

  • Pijat bayi dilakukan sebaiknya setelah tali pusar si kecil lepas. Hal ini dilakukan karena sisa minyak yang dipakai untuk memijat si kecil pada area perutnya dapat berisiko menyebabkan terjadinya infeksi apabila tali pusar si kecil belum lepas.
  • Pijat si kecil saat sebelum dimandikan. Sehingga dengan begitu, sisa-sisa minyak yang dipakai untuk memijat si kecil bisa anda bersihkan langsung ketika ia dimandikan. Setelah pijat, pori-pori kulit bayi akan menjadi lebih terbuka. Kotoran akan menjadi lebih mudah untuk dibersihkan dengan langsung memandikan si kecil.
  • Jangan memijat si kecil ketika tubuhnya sedang tidak fit. Sebelum dipijat anda harus cek suhu tubuhnya.
  • Jika bayi baru lahir akan dipijat, anda bisa memijatnya selama kurang lebih 3 hingga 5 menit. Sedangkan ketika usianya menginjak 1 hingga 2 bulan, untuk durasinya bisa anda tingkatkan sampai maksimal 15 menit. Untuk pemijatan setiap bagian tubuh si kecil bisa dilakukan sampai 3 kali pijatan.
  • Pijat bayi dapat dilakukan setiap hari dengan durasi bisa disesuaikan usia si kecil. Jika si kecil sulit diam ketika dipijat, anda bisa memperpendek durasi pijat dan anda bisa memijatnya ketika akhir pekan saja atau saat santai.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memijat buah hati. Pijat bayi memiliki manfaat yang bagus untuk tumbuh kembang si kecil. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa melakukan pijat bayi mulai dari sekarang.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment