Bolehkah Bayi Baru Lahir di Pijat? Kapan Waktu Terbaik Melakukannya?

Bolehkah Bayi Baru Lahir di Pijat? Kapan Waktu Terbaik Melakukannya?

Bolehkah Bayi Baru Lahir di Pijat? Kapan Waktu Terbaik Melakukannya? – Meski bayi baru lahir terlihat tenang dan tidak bayak melakukan aktivitas fisik yang berarti. Namun jangan salah, mereka pun akan pula merasakan pegal dan badan yang lelah sehingga pijatan akan juga mereka butuhkan. Namun pertanyaannya, bolehkah bayi baru lahir di pijat? Kapan waktu terbaik untuk melakukannya? Jawabannya akan kita kupas di bawah ini.

Jangan salah, meskipun anak bayi baru lahir belum mampu melakukan aktivitas fisik yang berarti. Baca juga: Manfaat Pijat Bayi yang Harus Anda Ketahui

Akan tetapi, tubuhnya bisa pula merasakan kelelahan sama seperti orang dewasa. Sehingga pijat bayi akan mungkin ia perlukan bahkan ketika ia baru saja dilahirkan.

Akan tetapi, pertanyaan yang banyak memenuhi benak para ibu, khususnya mereka ibu baru adalah bolehkah bayi baru lahir di pijat? Mengingat tubuhnya yang masih rentan dan tulang-tulang di dalam tubuhnya yang masih belum kuat, mungkin membuat ibu ragu apakah si kecil akan baik-baik saja ketika diberikan pijatan?

Bolehkah Bayi Baru Lahir di Pijat?

Seringkali ibu yang baru melahirkan si buah hati mungkin mendapati si kecil seperti terengah-engah ketika bergerak sedikit saja.

Hal ini pun lantas membuat ibu berasumsi apakah ia merasakan ketidak nyamanan? Dari manakah rasa tidak nyaman itu berasal? Mungkin bisa jadi si kecil yang mulai menunjukkan tanda seperti gelisah dan tidak tenang adalah tanda bahwa tubuhnya terasa lelah.

Jawabannya adalah boleh-boleh saja, asalkan ibu mampu memperhatikan beberapa syarat penting untuk menjaga kesehatan dan keselamatan si kecil dengan baik.

Nah, di bawah ini adalah syarat pijat bayi baru lahir yang perlu diperhatikan dengan baik.

Syarat Pijat Bayi Baru Lahir

Tidak seperti pijatan yang dilakukan pada orang dewasa, pijat pada bayi apalagi mereka yang baru saja dilahirkan perlu dilakukan dengan sangat hati-hati. Selain itu, adapula syarat lain yang perlu diperhatikan dengan baik.

Lakukan Oleh Ahlinya

Pijat oleh bayi tidak dapat dilakukan dengan sembarang, meski anda sudah berpengalaman dalam memiliki bayi akan tetapi tidak berarti hal ini membuat anda dengan leluasa memberikan pijatan sembarang untuk meredakan perasaan tidak nyaman pada tubuh si kecil.

Bagaimanapun, tubuh si kecil yang masih begitu mungil dan ketahanannya yang masih begitu rentan membuatnya akan perlu diperlakukan dengan sangat hati-hati.

Termasuk ketika anda hendak melakukan pijat pada bayi baru lahir. Sebaiknya temukan orang yang ahli atau terapis pijat bayi yang memang sudah berpengalaman.

Dalam hal ini bidan biasanya dibekali dengan kemampuan untuk memijat bayi baru lahir dimana mereka lebih paham area mana saja yang boleh dipijat dan area mana yang perlu dihindari. Pijatan pada bayi pun dilakukan dengan tekanan yang amat ringan sebab mengingat tubuhnya yang masih begitu rentan.

Selain dilakukan oleh tenaga bidan biasanya fasilitas seperti spa bayi dilengkapi dengan treatment semacam ini.

Jadi ibu bisa sekalian memanjakan si kecil di tempat spa bayi dengan memberikan mereka pijatan. Namun biasanya untuk treatment berenang, bayi baru lahir belum bisa mendapatkan treatment yang satu ini.

Si Kecil dalam Keadaan Sehat

Tidak semua bayi baru lahir yang mengalami pegal dan tidak nyaman pada tubuh mereka akan bisa mendapatkan treatment pijat yang sama.

Sebab ketika melakukan pijat bayi perlu dalam keadaan sehat artinya bayi yang mengalami keluhan kesehatan tidak bisa mendapatkan treatmen yang sama. Hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan dan mencegah kemungkinan yang lebih buruk dari pijatan yang diberikan.

Maka dari itu, bagi ibu yang hendak memberikan treatment pijat pada buah hatinya pastikan si kecil dalam keadaan sehat.

Tidak sedang dalam keluhan batuk, flu atau bahkan kondisi demam yang menyiksa sebab justru pada saat ini si kecil akan butuh beristirahat di rumah.

Tidak Terlalu Sering

Tidak berarti ketika bayi anda menangis atau rewel adalah pertanda bahwa tubuhnya membutuhkan relaksasi seperti pijatan. Karena lain dengan orang dewasa yang struktur dalam tubuhnya yang sudah lebih kuat, anak bayi baru lahir masihlah sangat rentan dan rapuh. Untuk itulah, sebaiknya treatment pijatan tidak diberikan terlalu sering.

Idealnya anda bisa memberikan treatment ini satu minggu sekali atau memberikannya saat si kecil membutuhkannya. Dengan begini maka tentu jeda pijat yang diberikan akan memberikan kesempatan untuk si kecil beristirahat agar tumbuh kembang di dalam tubuhnya yang masih kecil bisa berjalan dengan lebih lancar.

Kapan Waktu Terbaik Melakukan Pijat Bayi Baru Lahir?

Tidak sedikit ibu yang masih bingung mengenai kapan seharusnya si kecil mendapatkan treatment pijatan. Sehingga hal ini seringkali membuat ibu memilih untuk menunggu sampai si kecil setidaknya berusia 3 bulan.

Akan tetapi, sebenarnya ketika setelah beberapa hari lahir ke dunia si kecil pun sudah bisa mendapatkan treatment yang satu ini. Di bawah ini adalah hal yang perlu diperhatikan mengenai waktu pijat pada bayi baru lahir.

Sebaiknya Lakukan Setelah Tali Pusarnya Lepas

Hal pertama yang bisa menjadi pertimbangan untuk anda yang hendak membawa si buah hati untuk melakukan pijat adalah ketika tali pusarnya sudah lepas.

Hal ini dikarenakan sisa minyak yang digunakan untuk memijat si kecil pada bagian perut akan mungkin berpengaruh bahaya dan dapat beresiko menyebabkan infeksi ketika tali pusarnya belum lepas.

Sementara itu, waktu atau durasi hingga tali pusar di kecil terlepas dengan sendirinya biasanya sekitar 5 sampai dengan 14 hari setelah si kecil dilahirkan ke dunia.

Jadi demikian, kesimpulannya adalah ketika ibu hendak membawa si kecil untuk dipijat sebaiknya tunggulah beberapa saat sampai masa lepasnya tali pusar selesai.

Lakukan Sebelum Dimandikan

Waktu lain yang perlu diperhatikan ketika hendak memijat si buah hati adalah melakukannya sebelum ia mandi. Dengan begini maka sisa minyak yang digunakan pada saat memijat akan dapat dibersihkan secara langsung dengan air dan sabun yang digunakan oleh si buah hati. Otomatis ia pun akan bersih kembali apabila pijat dilakukan sebelum ia mandi.

Perhatikan Durasinya

Pijatan yang dilakukan pada bayi baru lahir sebenarnya tidak perlu dilakukan terlalu lama. Karena biasanya ketika memijat si kecil akan dalam keadaan telanjang atau tanpa pelindung tubuhnya. Hal inilah yang dikhawatirkan apabila melakukan pijatan terlalu lama maka si kecil akan kedinginan.

Cukuplah melakukan pijatan bayi baru lahir dengan durasi 3 sampai dengan 5 menit. Baru ketika usianya beranjak lebih besar ke 1 sampai dengan 2 bulan maka durasi ini akan dapat anda tambah, maksimal sampai dengan 15 menit.

Adapun banyaknya pijatan pada setiap area tubuh cukup dilakukan sebanyak 3 kali. Biasanya bila anda melakukan pijatan oleh ahlinya maka ia sudah lebih hafal tentang tehnik dan durasi yang diberikan.

Author Info

Bella

No Comments

Post a Comment