Bolehkah Bayi Prematur Dipijat? Simak Penjelasannya di Sini

Bolehkah Bayi Prematur DipijatPijat bayi merupakan salah satu cara untuk menstimulasi si kecil dengan melibatkan beberapa panca indera seperti mata, kulit dan telinga. Pijat bayi bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Adapun beberapa manfaat yang akan si kecil dapatkan yaitu berat badannya meningkat, frekuensi menyusu meningkat, membuat si kecil lebih tenang dan lain sebagainya. Sehingga dengan demikian si kecil akan menjadi rileks dan ia akan tidur lebih nyenyak.

Meskipun memberikan banyak manfaat, apakah pijat boleh dilakukan pada bayi prematur? Nah, untuk mengetahui penjelasannya anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Bolehkah Bayi Prematur Dipijat?

Bolehkah Bayi Prematur Dipijat?

Bayi yang baru lahir pada dasarnya kondisinya masih kurang stabil dan rentan mengalami sakit, apalagi bayi yang lahir prematur. Pijatan pada bayi yang lahir prematur boleh dilakukan setelah anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Pasalnya, kondisi bayi prematur berbeda dengan bayi yang lahir cukup bulan.

Organ tubuh bayi prematur belum matang, sebab ia lahir sebelum waktunya. Bahkan biasanya bayi prematur memiliki berat lahir di bawah 2.500 gram. Karena hal ini membuat kondisi si kecil tidak stabil, mudah mengalami infeksi dan mudah sakit. Sehingga dibutuhkan perawatan dan perhatian ekstra untuk bayi permatur. Sebelum melakukan pijat, pastikan kondisi si kecil sudah stabil terlebih dahulu.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memijat Bayi

Pijat bayi sebenarnya ditujukan untuk si kecil yang lahir cukup bulan dan kondisinya sehat. Jika bayi anda lahir prematur, kondisinya kurang stabil dan masih belum siap untuk dipijat, anda bisa memulainya dengan memberikan sentuhan nyaman pada si kecil. Apabila setelah berdiskusi dengan dokter si kecil boleh dipijat, ada beberapa hal yang penting diperhatikan seperti berikut ini:

  • Sebelum melakukan pijat anda harus melepas semua perhiasan yang anda gunakan. Lalu cuci tangan anda hingga benar-benar bersih dengan memakai sabun dan air mengalir. Jika anda masih ragu untuk melakukan pijat sendiri, anda bisa melakukan pijat di tempat pijat khusus bayi. Bayi anda tentu akan ditangani oleh terapis profesional dan sudah mengerti aturan memijat bayi, termasuk pijat bayi prematur.
  • Pijatan yang diberikan pada si kecil harus lembut dan perlahan-lahan. Pijatan yang dilakukan pastikan tidak akan menimbulkan rasa sakit pada si kecil.
  • Setiap sesi pijat harus dipastikan berlangsung dengan singkat.
  • Ketika dipijat, perhatikan respons si kecil. Apakah si kecil rewel atau menangis, cegukan, bersin atau menguap. Respons seperti ini menunjukan bahwa si kecil merasa cukup dipijat.
  • Setelah si kecil menunjukan respon tersebut, sebaiknya jangan melanjutkan pijatan supaya si kecil tidak mendapatkan stimulasi berlebihan. Pasalnya, bisa saja si kecil akan menjadi gelisah dan rewel.
  • Cara lainnya untuk mengetahui kapan memijat harus berhenti yaitu menghentikan pijatan dan cukup dengan menyentuhnya. Jika si kecil tidak menjadi tenang, maka itu artinya waktu pijatan sudah cukup.

Tidak mudah menentukan kapan waktu yang tepat untuk memijat bayi yang lahir prematur dan kapan untuk pertama kali memulainya, apalagi jika anda adalah orangtua baru. Tentu banyak kekhawatiran yang anda rasakan. Oleh karena itu, melakukan konsultasi dengan dokter adalah hal penting yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk memijat si kecil. Anda juga sebaiknya selalu melakukan konsultasi pada dokter mengenai perkembangan buah hati.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment