bolehkah pijat kaki saat hamil

Bolehkah Pijat Kaki Saat Hamil? | Ketahui Sebab & Akibatnya

Hamil memang menjadi kebanggan tersendiri bagi setiap wanita yang sudah menikah, terlebih jika keinginan untuk mempunyai keturunan memang sangat dinanti-nantikan. Kehamilan memang suatu proses dan juga sebuah perubahan yang dialami oleh setiap wanita. Perubahan ini memang dapat menimbulkan keluhan bagi ibu hamil. Akan tetapi, keluhan ini jangan dijadikan sebuah beban, mengingat kehamilan merupakan sebuah moment yang sangat dinanti-nantikan bagi setiap wanita.

Untuk itu, tidak heran jika ibu hamil melakukan berbagai cara demi terhindar dari keluhan. Salah satu cara yang dipercaya untuk mengurangi keluhan yang rentan dialami oleh ibu hamil ialah dengan teknik pijat. Pijat di sini memang sangat umum dilakukan oleh setiap ibu hamil agar dapat beraktifitas dengan nyaman.

Namun, sebagian besar ibu hamil tidak mengetahui akan manfaat yang diperoleh dari teknik pijat. Mereka mengira bahwa pijat ibu hamil dapat membahayakan pertumbuhan dan juga perkembangan janin. Banyak yang berpendapat bahwa melakukan pijat pada saat sedang hamil sangat berbahaya bagi ibu dan juga bayi. Tentunya, hal ini sangatlah tidak benar adanya. Memang jika kita tidak melakukan pijat kaki saat hamil dengan teknik yang tidak benar, maka akan menimbulkan efek dan berdampak buruk pada kehamilan Anda. Untuk menjawab keraguan Anda, pada poin di bawah ini, kami akan sajikan beberapa fakta dan juga teknik yang tepat pada saat melakukan pijat kaki saat hamil. Baca juga: Bagian Tubuh Yang Tidak Boleh Dipijat Saat Hamil

Bolehkah Pijat Kaki Saat Hamil

bolehkah pijat kaki saat hamil

Pijat ibu hamil dikatakan berbahaya jika memang dilakukan oleh tenaga yang bukan profesional dan juga memijat titik-titik yang tidak tepat. Untuk itu, memang diperlukan teknik khusus dalam melakukan pijatan pada ibu hamil.  Banyak yang bertanya bolehkan pijat kaki saat hamil. Jawaban untuk pertanyaan tersebut tentunya sangat boleh dan juga sangat dianjurkan.

Pijat kaki saat hamil memang sangat direkomendasikan untuk para ibu hamil. Hal ini dikarenakan pada saat sedang hamil seorang wanita pasti mengalami gejala dan juga keluhan yang tidak nyaman pada area kaki. Beban berat yang terdapat pada kandungan memang berdampak pada seluruh anggota tubuh.

Tidak heran jika wanita hamil sering mengalami keluhan pegal, kram dan juga nyeri pada bagian anggota tubuh yang lainnya. Tentunya, Anda dapat mengobati rasa nyeri dan juga sakit tersebut dengan melakukan teknik pijat. Tentunya, kaki sering mengalami rasa berat dan juga pegal terutama pada saat malam hari. Hal ini tentu membuat Anda merasa tidak nyaman dan terganggu ketika sedang tidur. Lihat juga: Kenali Bagian Tubuh Manakah Boleh Dipijat Saat Hamil

Teknik Pijat Kaki Saat Hamil

Anda tentu tidak ingin rasa ketidaknyamanan tersebut melanda Anda sehingga Anda tidak menikmati proses selama masa kehamilan Anda. Dengan teknik pijat tentunya dapat menjawab mengenai bolehkah pijat kaki saat hamil. Berikut ini kami sajikan beberapa langkah yang dapat Anda lakukan ketika akan melakukan pijat kaki saat hamil, diantaranya:

Langkah 1

Pada step pertama ini, hal yang harus kamu lakukan ialah menyiapkan air hangat yang sudah dibubuhi dengan larutan garam dapur ataupun dengan garam khusus perendam kaki. Pastikan Anda menyiapkan segala sesuatunya dengan baik agar proses pemijatan berjalan dengan lancar.

Langkah 2

Setelah melakukan perendaman kaki dengan larutan garam, setelah itu Anda dapat membubuhkan minyak pijat seperti minyak kelapa, minyak zaitun ataupun minyak lainnya. Setelah itu, Anda dapat membalurkannya ke area kaki dengan cara mengusap-ngusap secara perlahan. Ingat, jangan terlalu menekan dan juga memijat kaki terlalu keras karena akan menimbulkan rasa sakit nantinya. Anda dapat memulainya dari arah mata kaki, lalu ke arah paha bagian atas. Anda dapat mengulangi gerakan ini beberapa kali secara merata. Alangkah baiknya jika Anda melakukan gerakan pijat pada kaki dengan gerakan secara memutar.

Langkah 3

Langkah ini pada umumnya dinamai dengan step criss cross yaitu gerakan menyilang dengan menggunakan ibu jari dan jari lainnya dengan memegang area kaki yang akan dipijat atau kaki yang merasakan pegal. Anda dapat melakukan senam ini yang dimulai dari arah betis sampai pada paha bagian bawah dan juga atas. Setidaknya, lakukan gerakan ini dengan cara turun naik selama 8 kali putaran. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk memeras dan juga mengurangi kandungan pada air berlebih yang ada pada daerah paha dan juga betis.

Langkah 4

Pada langkah ini dapat dimulai dari arah pangkal lutut atau betis hingga bagian daerah paha dengan cara meremas. Anda tentu dapat melakukan pijatan ini pada seluruh bagian paha. Gerakan ini dimaksudkan untuk membantu mengendurkan dan juga melemaskan otot-otot yang tegang dan juga lemah. Selain itu, gerakan ini juga dapat membantu mengurangi kelebihan air pada area kaki.

Langkah 5

Langkah ini disebut juga dengan synovial joint dimana gerakan ini dilakukan dengan cara memutar area kiri lutut dan juga samping kanan lutut. Jika sudah dilakukan gerakan yang memutar, Anda dapat mengusap bagian bawah lutut dengan cara perlahan. Tentunya, gerakan ini mampu menstimulasi sambungan tulang pada bagian lutut sehingga akan terasa tetap lentur dalam menahan beban berat tubuh dalam menyangga kandungan yang semakin membesar.

Langkah 6

Setelah Anda melakukan berbagai teknik dan juga gerakan pada area kaki. Setelah itu, kita akan memulai untuk memijat seluruh area pada kaki. Anda dapat melakukan teknik ini dengan cara mengangkat kedua kaki Anda dengan cara menyenderkannya pada tembok. Gerakan ini tentu bertujuan untuk menjaga dan mencegah terjadinya varises pada kaki. Anda dapat memejamkan mata, lalu buka lebar lengan dan juga kedua tangan dengan menghadap ke atas. Perlu Anda perhatikan untuk menjauhkan semua barang dan juga benda agar tidak dapat menyentuh apapun yang nantinya akan membahayakan kaki Anda.

Ketika sedang dalam proses memijat kaki, sebaiknya Anda mendengarkan musik yang lembut dan juga tenang agar pikiran Anda juga merasa tenang sehingga otot dan juga sendi Anda akan lebih rileks. Kemudian, Anda dapat menikmati tidur dengan nyenyak senyaman yang Anda impikan.

Bolehkah pijat kaki saat hamil memang pertanyaan yang sangat sering diajukan terutama oleh setiap ibu hamil. Tentunya, hal ini menjadi pertimbangan sekaligus jalan bagi Anda yang  masih ragu akan melakukan pijat saat hamil. Beberapa langkah di atas dapat Anda lakukan dengan mudah baik oleh tangan sendiri maupun dengan bantuan orang lain.

Itulah beberapa langkah dan juga cara yang dapat Anda lakukan dalam melakukan pijat kaki saat hamil. Satu hal yang harus Anda ingat dalam melakukan pijat pada kaki, Anda harus dalam keadaan rileks dan juga tenang. Hal ini dikarenakan jika Anda dalam keadaan tegang, otot-otot yang tadinya ingin lentur, justru akan merasa semakin tegang. Anda juga perlu memperhatikan hal-hal untuk kebaikan dan juga kenyamanan kaki Anda.

Author Info

Nina

No Comments

Post a Comment