bolehkah pijat setelah melahirkan

Bolehkah Pijat Setelah Melahirkan? Berikut Penjelasannya

Bolehkah Pijat Setelah Melahirkan? –  Setelah 9 bulan lamanya mengandung, akan tiba saatnya wanita melahirkan. Melahirkan tentunya bukanlah hal yang mudah. Seorang wanita akan melalui proses yang panjang dan tentunya melelahkan. Tubuh akan terasa lelah dan biasanya terasa pegal-pegal. Untuk menghilangkan lelah dan pegal, biasanya banyak ibu yang ingin dipijat. Namun, bolehkan pijat setelah melahirkan? Adakah manfaat baiknya dan apa saja aturan yang harus diperhatikan sebelum melakukan pijat setelah melahirkan? Untuk mengetahui informasinya anda bisa simak penjelasannya berikut ini.  

Bolehkah Pijat Setelah Melahirkan?

bolehkah pijat setelah melahirkan

Melakukan pijat memang memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Beberapa manfaat pijat di antaranya yaitu sebagai rileksasi tubuh maupun pikiran, serta dapat membantu meringankan rasa sakit pada tubuh. Untuk ibu yang baru melahirkan, anda bisa melakukan pijat setelah melahirkan. Namun tentunya harus memperhatikan aturan-aturannya.

Dengan melakukan pijat setelah melahirkan anda akan mendapatkan manfaat baiknya. Dimana manfaatnya tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pijat yang lainnya. Penasaran apa saja manfaat pijat setelah melahirkan? Simak beberapa manfaatnya di bawah ini.

  • Manfaat pijat yang pertama yaitu dapat membuat otot-otot tubuh meregang, terlebih lagi pada bagian perut, pinggul dan punggung bagian bawah.
  • Pijat juga akan membuat aliran oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar.
  • Produksi hormon endorfin akan terangsang yang bermanfaat untuk membuat nyeri pada tubuh mereda.
  • Sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat sehingga anda tidak akan mudah terserang penyakit.
  • Pijat juga akan membantu memicu hormon oksitosin yang dapat melancarkan ASI ketika anda menyusui.
  • Selain itu, pijat akan dapat mengatasi depresi setelah anda melahirkan, serta mengatasi sindrom baby blues.

Agar anda mandapatkan manfaat dari pijat dengan maksimal, maka sebaiknya anda melakukan pijat pada yang sudah profesional.

Artikel lainnya : Cara Pijat Payudara Agar ASI Lancar

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Anda Melakukan Pijat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pijat setelah melahirkan memiliki banyak manfaat. Walaupun manfaatnya bagus namun tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda melakukan pijat setelah melahirkan. Pijat setelah melahirkan akan aman dilakukan jika dilakukan oleh terapis yang berpengalaman dan bersertifikat.

Jika anda melahirkan secara operasi caesar, tidak disarankan untuk melakukan pijat dengan cepat. Anda harus menunggu dulu beberapa waktu hingga bekas luka kering dan sembuh. Biasanya waktu yang diperlukan yaitu sekitar 1 hingga 2 minggu. Namun, untuk lebih amannya lebih baik anda melakukan konsultasi pada dokter mengenai kondisi anda apakan sudah benar-benar pulih atau belum.

Ketika melakukan pijat, hindari memijat di area bekas luka di perut anda. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi dan demam. Anda dapat melakukan pijatan pada area-area tertentu seperti kepala, kaki, lengan dan punggung yang biasanya mengalami pegal setelah melahirkan. Jika anda melakukan pijatan pada terapis yang profesional dan berpengalaman, tentunya ia akan tahu bagian mana saja yang disarankan dan tidak disarankan untuk dipijat.

Ketika melakukan pijat anda bisa meminta bantuan keluarga anda untuk mengasuh si kecil agar waktu pijat anda menjadi lebih tenang. Pastikan juga si kecil masih dalam jangkauan anda.

Nah, itulah penjelasan mengenai bolehkah pijat setelah melahirkan dan beberapa manfaat yang akan didapatkan dengan melakukan pijat serta hal yang harus diperhatikan saat pijat. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat. 

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment