cara memijat payudara agar asi lancar

Bagaimanakah Cara Memijat Payudara Agar ASI Lancar Yang Paling Tepat?

Cara Memijat Payudara Agar ASI Lancar – Memiliki produksi ASI yang lancar tentu sangat diinginkan  oleh setiap ibu yang sedang dalam proses menyusui bayinya. Akan tetapi, tidak semua wanita mendapatkan produksi ASI yang berlimpah. Ubtuk itu, diperlukan cara untuk melancarkan produksi ASI dengan cara yang aman dan juga alami.

Berbicara tentang ASI tentunya menjadi topik utama diantara pada ibu yang telah berhasil memberikan keturunan. Pasca melahirkan tentunya seorang ibu harus berhadapan dengan produksi ASI yang ia miliki. Tidak sedikit wanita yang sudah melahirkan justru tidak memiliki produksi ASI yang berlimpah.

Untuk menjawab hal tersebut tentunya dibutuhkan suatu alternatif yang dapat membantu kita untuk mengatasi hal tersebut. Tidak jarang kita temui wanita yang telah melakukan berbagai cara agar ASI mereka lancar, akan tetapi hasil yang diperoleh justru tidak seimbang dengan proses yang dilakukan.

Saat ini kita telah mengenai pijat laktasi yang tujuan utamanya yaitu untuk melancarkan produksi ASI. Namun, tidak semua wanita mengetahui akan hal tersebut sehingga banyak dari mereka yang menyerah dan secara otomatis berhenti untuk memberikan ASI kepada bayinya. Mereka lebih memilih hal-hal yang menurut mereka tidak merepotkan sehingga memilih susu formula untuk diberikan kepada bayinya. Padahal ASI merupakan sumber utama nutrisi dan juga gizi yang diperlukan untuk perkembangan si kecil.

Cara Memijat Payudara Agar ASI Lancar

cara memijat payudara agar asi lancar

Tentunya, tidak semudah yang kita bayangkan akan memiliki produksi ASI yang berlimpah. Dibutuhkan cara dan juga alternatif yang menjadi faktor utama keberhasilan dalam melancarkan produksi ASi pada ibu. Seperti pijat pada payudara yang menjadi pilihan utama para wanita saat ini.

Cara memijat payudara agar ASI lancar tentunya dilakukan dengan teknik yang benar ditambah dengan tenaga profesional yang memang berpengalaman di dalam bidang tersebut. Teknik pijat payudara dapat disebut gampang-gampang susah. Kenapa? Hal ini dikarenakan teknik pijat pada payudara memiliki aturan dan juga persyaratan yang harus dipenuhi oelh pemijat ketika melakukan proses pemijatan. Bagaimanapun juga payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang memang sangat penting bagi tubuh kita.

Jika dilakukan oleh tenaga profesional tentunya memijat payudara tidaklah sulit, namun jika dilakukan oleh sendiri pastinya dibutuhkan teknik-teknik khusus yang perlu diterapkan. Untuk itu, kami akan sajikan beberapa teknik dan juga langkah yang dapat Anda ikuti dengan mudah dalam cara memijat payudara agar ASI lancar berikut ini:

Langkah pertama         

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu memposisikan diri senyaman mungkin. Jika dilakukan sendiri Anda dapat berdiri di depan cermin, lalu angkat salah satu sisi payudara dengan menggunakan tangan kiri. Kemudian tahan bagian atas payudara dengan menggunakan tangan kanan.

Langkah kedua

pada langkah kedua ini tentunya Anda menggerakkan kedua tangan secara maju dan juga mundur, jangan terlalu keras dalam melakukan gerakan tersebut. Jika tangan kiri ke arah kanan, maka sebaliknya tanngan kanan bergerak ke arah kiri. Anda dapat mengulangi gerakan tersebut setidaknya 20 kali putaran. Kemudian, lakukan gerakan yang sama pada payudara yang lain.

Langkah ketiga

Anda dapat meletakkan kedua telapak tangan Anda di salah satu sisi payudara. Dengan gerakan yang lembut, Anda dapat menggerakan tangan naik turun dengan ritme jika tangan kiri ke atas, maka tangan kanan ke bawah begitupula sebaliknya. Ganti pada payudara yang satunya lagi selama 20 kali putaran.

Langkah keempat

Pada langkah ini, Anda dapat mengangkat salah satu sisi payudara dengan menggunakan tangan kanan dengan empat jari tangan kiri menyangga payudara. Lakukan gerakan memutar tepat di atas puting setidaknya sebanyak 20 kali putaran.

Langkah kelima

Langkah ini masih dalam posisi yang sama dimana gerakan melingkar dilakukan di sekitar puting sebanyak 20 kali putaran.

Langkah keenam

Anda dapat menggunakan jari tangan Anda untuk mengurut bagian luar payudara secara perlahan yakni di bawah ketiak menuju ke bagian puting. Anda dapat melakukan gerakan tersebut sebanyak 10 kali pada masing-masing payudara.

Langkah ketujuh

Setelah teknik-teknik tersebut dilakukan, tentunya Anda harus membersihkan puting terlebih dahulu sebelum melakukan pompa ASI atau menyusui langsung kepada bayi Anda. Pada sebagian proses pemijatan, ASI tidak keluar dengan spontan, akan tetapi dibutuhkan waktu beberapa saat, kurang lebih 21 jam untuk menghasilkan ASI yang banyak.

Demikianlah beberapateknik dan juga cara memijat payudara agar ASI lancar yang dapat Anda lakukan sendiri. Tentunya, hasil yang didapat tergantung dari proses selama pemijatan. Jika proses dan juga teknik pemijatan dilakukan dengan cara yang benar, maka hasil yang didapatkan akan maksimal pula. Namun sebaliknya, jiak teknik kurang maksimal, maka akan berpengaruh juga pada hasilnya.

Jika Anda mengalami produksi ASI yang sama sekali tidak lancar bahkan tidak ada, memilih melakukan pemijatan oleh tenaga profesional yang saat ini beredar diklinik kecantikan atau pusat perawatan ibu hamil justru menjadi pilihan yang sangat cerdas. Hal ini dikarenakan tenaga profesional yang berada di pusat perawatan ibu hamil lebih menjanjikan daripada teknik pemijatan yang dilakukan sendiri. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan untuk melakukan pemijatan di klinik, maka Anda harus mempelajari teknik tersebut dengan benar dan juga sungguh-sungguh.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pijat Payudara

cara memijat payudara agar asi lancar

Pastinya, sebelum melakukan teknik pemijatan pada payudara, ada beberapa hal yang harus diperhatikan baik oleh ibu menyusui atau juga oleh terapis. Jika pemijatan dilakukan sendiri dirumah, tentunya pemilihan waktu menjadi hal penting yang harus Anda pertimbangkan. Pilihlah waktu yang senggang dengan alasan Anda tidak merasa terburu-buru dan juga menjadi lebih rileks dalam melakukannya.

Ada baiknya jika pijat payudara dilakukan sebelum Anda memompa ASI dan memberikannya ASI pada si kecil. Sebelum melakukan pemijatan, alangkah baiknya jika Anda mencuci kedua tangan Anda terlebih dahulu dengan menggunakan sabun hingga bersih. Lalu, siapkan minyak esensial yang memang dikhususkan untuk pijat. Pastikan untuk memilih minyak yang aman dan tidak menimbulkan bau yang menyengat. Anda tentunya harus menghindari pemakaian minyak yang mengandung aroma terapi dan juga pewangi tambahan. Minyak esensial seperti minyak kelapa, zaitun, dan juga baby oil memang sangat dianjurkan untuk Anda.

 

Jika minyak sudah disiapkan tentunya jangan dioleskan langsun ke bagian payudara, akan tetapi Anda harus menuangkannya terlebih dahulu ke telapak tangan agar lebih merata ketika membalurkannya. Lalu, gosokkan tangan Anda sampai minyak merata. Sekarang, Anda sudah siap untuk melakukan pemijatan pada payudara Anda.
Demikianlah beberapa cara memijat payuadara agar ASI lancar yang tepat untuk Anda lakukan. Pastikan untuk melakukan gerakan dalam pemijatan payudara dengan tepat. Hal ini tentu akan berdampak buruk pada payudara. Jika dilakukan dengan cukup keras, maka akan membuat payudara Anda perih dan juga sakit. Semoga bermanfaat!

Author Info

Nina

No Comments

Post a Comment