cara menghilangkan sakit pinggang ibu hamil

Cara Menghilangkan Sakit Pinggang Ibu Hamil Dengan Teknik Pijat

Cara Menghilangkan Sakit Pinggang Ibu Hamil Kehamilan yang sudah membesar tentunya menghadirkan keluhan dan juga masalah baru saat hamil. Keluhan umum yang sering dirasakan oleh wanita hamil ialah sakit pada bagian pinggang. Untuk itu diperlukan cara menghilangkan sakit pinggang ibu hamil dengan teknik pijat yang akan kami sajikan dibawah ini.

Sakit pinggang saat hamil memang sangat rentan dirasakan oleh setiap wanita hamil. Hal ini tentu disebabkan oleh perkembangan dan juga beban dari janin yang mulai memberat. Tidak heran jika ibu hamil mengeluhkan sakit pinggang yang sangat hebat saat hamil. Sakit pinggang tentunya disebabkan oleh otot-otot yang mulai tegang dan juga meregang.

Pinggang memang merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk menyangga dan menahan rahim pada wanita. Jika kehamilan sudah mulai membesar, tentunya otot-otot pada rahim mulai tegang sehingga kondisi ini menyebabkan rasa nyeri dan juga pegal bagi ibu hamil. Dengan keadaan seperti ini tentunya seorang ibu hamil tidak dapat menikmati masa-masa kehamilannya. Baca juga: Mengetahui Cara Agar ASI Keluar Banyak Dengan Teknik Pijat

Cara Menghilangkan Sakit Pinggang Ibu Hamil

Dengan Teknik Pijat

cara menghilangkan sakit pinggang ibu hamil Tidak dapat dipungkiri bahwa pinggang menjadi salah satu bagian tubuh yang rentan mengalami rasa pegal, terlebih pada wanita hamil. Tidak heran jika wanita hamil kerap merasa nyeri bahkan tidak bisa berjalan. Tentunya, menimkati masa-masa kehamilan sangatlah jauh dari harapan setiap ibu hamil yang merasakan keluhan tersebut.

Rasa sakit dan juga pegal pada bagian pinggang memang sangat menggangu terlebih bagi ibu hamil. Tubuh yang mengalami nyeri pada bagian pinggang memang sangat berpengaruh bagi anggota tubuh yang lainnya. Berikut beberapa cara dan langkah dalam melakukan pijatan pada bagian pinggang, diantaranya:

Langkah Pertama

Langkah pertama yang dapt Anda lakukan ialah dengan melakukan gerakan memukul dengan menggunakan pangkal telapak tangan. Gerakan ini dapat dimulai dari bagian tulang ekor (bagian tulang belakang), kemudian bergerak pada bagian atas langsung pada sekitar leher. Lihat juga: Bagaimanakah Cara Memijat Payudara Agar ASI Lancar Yang Paling Tepat?

Langkah Kedua

Langkah selanjutnya, Anda dapat menggunakan kedua jempol ketika hendak melakukan penekanan sambil gerakan memutar di sekitar tulang ekor. Anda dapat melakukan gerakan ini sampai ke panggul kanan, kiri dan juga area bokong. Anda tentu dapat melemaskan otot-otot yang tegang pada daerah panggul dan pinggang dengan menggunakan kelima jari.

Langkah Ketiga

Langkah ketika yang dapat Anda lakukan ialah dengan meletakkan kedua jempol di sekitar tulang ekor, sedangkan jari yang lainnya menahan kedua sisi panggul dengan erat. Anda harus menekan kedua jari ke bawah dan juga ke atas secara berulang-ulang. Anda dapat melakukan gerakan ini pada sisi kanan dan juga kiri pada bagian tulang belakang sampai mencapai area pinggang.

Itulah beberapa langkah dan juga teknik dalam cara menghilangkan sakit pinggang ibu hamil yang wajib Anda ketahui. Langkah-langkah ini merupakan langkah yang memang umum dilakukan untuk memijat pinggang pada ibu hamil. Lakukan langkah-langkah tersebut secara benar untuk mendapatkan hasil yang  maksimal sehingga akan membuat ibu hamil menjadi lebih rileks. Pastikan posisi ibu hamil ketika dipijat bagian pinggang ini dalam keadaan nyaman. Jangan sekali-kali merasa tegang ketika dilakukan proses pemijatan, karena hal ini akan lebih memperburuk kondisi ibu saat hamil.

Tips Cara Menghilangkan Sakit Pinggang Ibu Hamil

Kebanyakan ibu hamil sering mengalami rasa sakit pinggang yang memang wajar dialami. Saat usia kehamilan mulai membesar, tentunya terdapat berbagai keluhan yang membuat seorang ibu hamil merasa tidak nyaman.  Sakit pinggang memang sangat wajar dirasakan karena dapat  menjadi beban yang cukup berat bagi seorang ibu hamil.

Sakit pinggang memang hal yang biasa dirasakan oleh setiap ibu hamil, rasa sakit yang berlebih memang menjadi masalah yang sangat serius jika tidak segera ditangani. Hal ini tentu akan menjadi komplikasi dan juga masalah berat lainnya bagi ibu hamil. Tentunya, masalah yang lainnya dapat mempercepat proses pengeroposan tulang belakang.

Sebenarnya cara menghilangkan sakit pinggang pada ibu hamil bukanlah hal yang sulit. Terlebih jika kita selalu mencari tahu dan juga alternatif cara menghilangkan sakit pinggang ibu hamil. Hal ini tentunya menjadi poin lebih bagi seorang ibu hamil dalam mengatasi rasa sakit pada pinggang ibu hamil.

Cara mengatasi sakit pinggang pada ibu hamil memang sangat mudah untuk dilakukan. Tidak menimbulkan beban yang cukup berat dan juga tidak  membuat ibu hamil merasa kerepotan akan hal tersebut. Beberapa cara dibawah ini tentu dapat Anda lakukan dengan mudah, diantaranya:

1. Asupan makanan yang sehat dan juga bernutrisi

Asupan makanan yang sehat dan juga bergizi menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Bagaimanapun juga makanan yang berkalsium, serat dan juga vitamin dapat memperkuat tulang belakang dan juga sakit pinggang. Makanan yang kaya akan kalsium memang terbukti ampuh untuk membuat tulang menjadi lebih kuat dan juga terhindar dari rasa sakit.

2. Lakukan olahraga khusus ibu hamil

Hamil bukanlah menjadi penghalang dalam melakukan olahraga. Bagi siapapun olahraga memang menjadi kebutuhan dan juga kewajiban untuk melatih diri dan olah tubuh agar tubuh menjadi lebih rileks dan juga nyaman. Olahraga ibu hamil tentu harus dilakukan secara rutin dan juga teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Gunakan sepatu flat yang tidak berhak tinggi

Sepatu yang flat memang memiliki kenyamanan tersendiri dibandingkan dengan sepatu dan juga sandal berhak tinggi. Ukuran hak sepatu yang direkomendasikan untuk ibu hamil setidaknya kurang dari 5 cm karena ukuran ini merupakan ukuran ternyaman bagi ibu hamil. Ibu hamil yang memakai sepatu flat dapat menopang berat badan yang ditopang oleh kaki sehingga berat badan menjadi lebih stabil.

4. Tidur Menyimpang

Ketika sedang hamil, seorang wanita hamil tidak boleh tidur dengan posisi yang melintang dan juga menyamping. Dengan melakukan tidur menyamping, ibu hamil dapat mencegah dari terjadinya sakit pinggang yang berlebih. Rasa sakit pinggang yang berlebih disebabkan oleh posisi tidur yang salah dan juga olah tubuh yang kurang.

5. Pijat

Seorang ibu hamil memang dianjurkan untuk melakukan pijat karena dengan pijat dapat membantu memperbaiki kesehatan tulang dan juga tubuh. Hal memang ini memang sangat penting untuk dilakukan yang memang dikhususkan untuk seorang ibu hamil.

Selain cara menghilangkan sakit pinggang ibu hamil dengan teknik pijat, tentunya beberapa tips di atas juga dapat Anda lakukan. Hal ini dikarenakan untuk menghilangkan sakit pinggang pada ibu hamil tidak cukup jika hanya melakukan teknik pemijatan. Untuk itu dibutuhkan tips lain sebagai cara menghilangkan sakit pinggang ibu hamil. Anda tentunya dapat melakukan tips-tips di atas dengan mudah sehingga Anda tidak akan terbebani dengan melakukan tips-tips tersebut. Lakukan tips yang sudah kami jelaskan secara berulang-ulang, jangan hanya sekali dilakukan. Semoga bermanfaat!

Author Info

Nina

No Comments

Post a Comment