Cara Pijat Payudara

Cara Pijat Payudara Agar ASI Lancar

Cara Pijat Payudara – ASI merupakan makanan pertama dan utama untuk bayi, sebelum ia diberikan MPASI atau makanan pendamping ASI. Sudah menjadi tugas seorang ibu untuk menyusui bayinya agar kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi. Kandungan ASI begitu luar biasa untuk bayi, bahkan tidak bisa terkalahkan meskipun dengan susu formula mahal sekalipun.

Menjadi tugas seorang ibu untuk selalu memastikan ASI untuk si kecil mencukupi dan berkualitas. Hanya saja, terkadang beberapa masalah kerap kali dialami. Banyak ibu yang mengeluh ASInya sulit keluar sehingga kebutuhan si kecil tidak terpenuhi. Nah, agar ASI lancar salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pijat payudara atau pijat laktasi. Pijat payudara ini bisa dilakukan sendiri ataupun oleh terapis profesional. ( Baca juga : Manfaat Pijat Laktasi Untuk Ibu Menyusui )

Cara Pijat Payudara

Cara Pijat Payudara Untuk Melancarkan ASI

Sebelum melakukan cara pijat payudara, anda sebaiknya mencuci terlebih dahulu tangan anda hingga bersih. Siapkan minyak yang akan anda gunakan untuk memijat. Sebaiknya minyak yang digunakan minyak alami atau tidak mengandung banyak bahan kimia. Hindari menggunakan minyak pijat yang menggunakan pewangi atau pewarna tambahan. Pilihan minyak yang baik digunakan untuk memijat di antaranya yaitu baby oil, minyak kelapa atau minyak zaitun. Selain itu, anda dapat menggunakan minyak khusus untuk pijat laktasi. Saat menggunakannya, hindari langsung menuangkannya pada payudara. Anda dapat menuangkannya terlebih dahulu pada tangan anda supaya minyak merata.

Teknik Pijat Agar ASI Lancar

Cara memijat payudara untuk melancarkan ASI sebenarnya mudah dilakukan. Berikut ini cara memijat payudara untuk melancarkan ASI:

  • Silahkan anda berdiri di depan cermin. Kemudian angkat salah satu payudara anda dengan menggunakan tangan kiri, kemudian tahan bagian atas tangan anda menggunakan tangan kanan.
  • Setelah itu, anda bisa menggerakan tangan anda dengan gerakan maju mundur. Pastikan anda melakukannya dengan lembut. Apabila tangan bagian kanan anda ke arah kiri, maka bagian tangan kiri ke arah kanan. Anda dapat mengulangi gerakan ini hingga 20 kali, kemudian dapat menggantinya pada payudara yang lainnya.
  • Silahkan posisikan kedua telapak tangan anda pada sisi salah satu payudara anda. Kemudian gerakan tangan anda naik turun dengan lembut dan perlahan. Apabila tangan kanan anda ke atas, maka sebaliknya tangan kiri anda ke bawah. Gerakan ini anda ulangi hingga 20 kali. Lalu anda bisa menggantinya pada sisi payudara yang lainnya.
  • Dengan menggunakan tangan kiri, angkat satu sisi payudara anda. Lalu di atas puting susu anda, buat gerakan melingkar dengan menggunakan tiga atau empat jari tangan anda. Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali.
  • Tetap pada posisi yang sama, anda dapat membuat gerakan melingkar pada sekitar puting susu sebanyak 20 kali.
  • Menggunakan jari-jari kedua tangan anda, anda dapat mengurut payudara dengan perlahan dari bagian luar atau tepatnya pada samping payudara anda, yakni di bagian bawah ketiak, serta belahan dada anda menuju ke bagian puting susu. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali, anda dapat menggantinya pada sisi payudara yang lainnya. ( Lihat juga : Bagaimanakah Cara Memijat Payudara Agar ASI Lancar Yang Paling Tepat? )
  • Menggunakan ujung ibu jari, serta telunjuk dengan perlahan anda dapat puntir puting susu masing-masing payudara.
  • Setelah melakukan pijat payudara, air susu anda mungkin akan keluar. Anda bisa membersihkan payudara dari sisa minyak pijat, kemudian memompa ASI. Setelah itu, anda bisa langsung menyusui si kecil.

Jika anda masih bingung bagaimana cara melakukannya sendiri, anda bisa meminta bantuan terapi profesional untuk melakukan pijat laktasi. Semoga bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment