Fakta Seputar Baby Gym yang Bermanfaat Untuk Bayi

Fakta Seputar Baby Gym yang Bermanfaat Untuk Bayi – Baby gym merupakan olahraga senam yang dilakukan bayi. Senam bayi ini dilakukan dengan menggerakan anggota tubuh si kecil. Tentu bukan sembarang gerakan, namun ada gerakan khusus yang dilakukan agar si kecil mendapatkan manfaatnya dengan optimal.

Gerakan pada baby gym itu sendiri memiliki tujuan untuk merangsang perkembangan, pertumbuhan dan kemampuan motorik bayi dengan optimal. Selain itu, yuk simak beberapa fakta seputar baby gym yang bermanfaat untuk bayi berikut ini.

Baca juga : Manfaat Baby Spa Untuk Perkembangan Motorik Bayi

Fakta Seputar Baby Gym

Fakta Seputar Baby Gym yang Bermanfaat Untuk Bayi

Banyak orangtua yang mengajak anaknya untuk melakukan baby gym. Tentu bukan hanya senam bayi biasa, kegiatan ini memiliki manfaat yang bagus untuk si kecil. Simak faktanya berikut ini.

Sebagai Sarana Olahraga Untuk Bayi

Baby gym merupakan istilah yang dipaki untuk melatih fisik bayi. Jika fisik bayi dilatih, maka otot pada tubuhnya akan menjadi semakin kuat. Dimana otot ini berguna untuk mempersiapkan si kecil menghadapi tahap pertumbuhan selanjutnya. Jika memiliki otot yang kuat, maka si kecil akan menjadi lebih siap melakukan hal lain diusia selanjutnya.

Melatih Perkembangan Tubuhnya

Stimulasi yang dilakukan saat baby gym juga akan membantu menstimulasi perkembangan motorik si kecil. Perkembangan motorik itu sendiri merupakan proses yang terdapat dalam tumbuh kembang anak, yang berhubungan dengan kemampuan geraknya. Dimana perkembangan ini memiliki kaitan dengan kematangan saraf, serta ototnya.

Stimulasi Motorik Kasar

Baby gym juga bertujuan untuk melatih motorik kasar bayi. Motorik kasar yaitu gerakan yang dilakukan oleh si kecil, yang memerlukan keseimbangan, serta koordinasi antara satu anggota tubuh dengan anggota tubuh yang lainnya.

Dimana gerakan dilakukan memakai otot-otot besar. Sedangkan hal yang tidak difokuskan pada gerakan baby gym yaitu motorik halusnya, yakni keterampilan fisik dengan keterlibatan otot kecil, serta koordinasi mata dan tangannya.

Mengembangkan Otot Besar

Otot besar digunakan oleh si kecil dalam melakukan aktivitas motorik kasarnya. Seperti membalikan badan untuk tengkurap, mengangkat kepala ketika tengkurap atau duduk dengan posisi tegak. Selain itu, otot ini juga bermanfaat ketika ia berjalan, merangkak, melompat dan berlari.

Sedangkan motorik halus yang tidak difokuskan saat baby gym yaitu keterampilan fisiknya yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata dengan tangannya. Contohnya seperti mengambil benda menggunakan ibu jari dan telunjuk, bermain puzzle, meniup lilin, mewarnai dan lain sebagainya.

Baby gym itu sendiri memiliki gerakan yang bervariasi sesuai dengan usianya. Kegiatan yang satu ini pada umumnya bisa dikenalkan pada bayi saat usianya 3 bulan. Pasalnya pada usia ini otot-otot si kecil sudah mulai kuat, apalagi otot lehernya.

Meskipun kegiatan ini terlihat mudah, namun anda tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. Agar lebih aman dan mendapatkan manfaat optimal, alangkah lebih baik jika anda mengajak si kecil ke tempat yang menyediakan layanan baby gym. Tentunya di kecil akan ditangani oleh tenaga profesional sehingga anda tidak perlu khawatir lagi.

Itulah beberapa fakta seputar baby gym yang bermanfaat untuk bayi. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment