Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Prenatal Massage

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Prenatal Massage

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Prenatal Massage – Ketika hamil, beberapa keluhan akan dialami oleh ibu hamil. Untuk meredakannya, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan melakukan prenatal massage.

Pijat prenatal memang aman dilakukan dan memberikan manfaat yang banyak bagi ibu hamil. Namun, meskipun begitu pijat prenatal tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan seperti berikut ini.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Prenatal Massage

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Prenatal Massage

Sebelum memutuskan untuk melakukn pijat prenatal, perhatikan beberapa hal penting ini.

Terapis Profesional

Salah satu hal yang penting diperhatikan oleh ibu hamil sebelum memutuskan untuk melakukan peranatal massage yaitu terapis yang menanganinya. Jika anda memutuskan untuk melakukan prenatal massage di tempat tertentu, pastikan terapis yang menangani anda sudah profesional, memiliki izin dan paham mengenai anjuran ataupun larangan dalam memijat ibu hamil.

Pilih Waktu yang Tepat

Saat ingin melakukan pijat saat hamil atau prenatal massage, pastikan anda memperhatikan usia kehamilan anda. Usia kehamilan anda harus cukup sebelum melakukan pijat. Anda harus menghindari melakukan pijat pada usia kehamilan 3 bulan pertama karena akan dapat membuat anda limbung dan mual.

Untuk mengetahui usia yang tepat kapan anda boleh dipijat, sebaiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Perhatikan Posisi Saat Dipijat

Apabila anda melakukan prenatal massage ketika usia kehamilan anda lebih dari 4 bulan, anda sebaiknya hindari posisi berbaring telentang terlalu lama. Pastikan anda memilih posisi yang nyaman. Terapis mungkin akan menyarankan anda posisi yang nyaman dan aman untuk ibu hamil ketika dipijat.

Tanpa Menggunakan Wewangian

Ketika hamil, indera penciuman anda akan menjadi lebih peka karena hormon estrogen yang meningkat. Oleh karena itu, anda bisa meminta terapis pijat untuk memakai minyak tanpa aroma supaya anda tidak merasa mual.

Titik Aman

Terapis profesional tentu sudah paham dan mengetahui titik aman pada ibu hamil saat dipijat. Perlu anda ketahui juga, tekanan langsung di daerah antara tulang pergelangan kaki dan tumit akan dapat memicu terjadinya kontraksi. Pastikan bagian tersebut tidak tertekan. Inilah pentingnya anda memilih terapis profesional yang telah mengikuti pelatihan. Jika pijatan yang diberikan terlalu kencang, anda dapat meminta terapis untuk mengurangi tenaganya. Pijatan harus dilakukan pada bagian-bagian yang aman.

Manfaat Pijat Prenatal

Pijat prenatal akan membantu meredakan keluhan yang ibu hamil alami, di antaranya seperti berikut ini.

Meredakan Stres

Pijat prenatal diketahui dapat membantu meperbaiki mood, serta meningkat kesehatan kardiovaskuler. Menurut sebuah penelitian menunjukan, bahwa wanita hamil yang melakukan pijat setiap 2 minggu sekali, selama 5 minggu maka hormon yang menyebabkan stres kadarnya akan menurun. Sedangkan hormon serotonin dan dopamine akan meningkat. Jika kedua hormon ini kurang maka risiko depresi akan meningkat.

Baca juga : Tips Atasi Stress Pada Ibu Hamil dengan Lakukan Relaksasi Berikut

Meredakan Bengkak

Saat hamil, wanita sering mengalami bengkak atau disebut juga dengan edema. Penyebab kondisi ini yaitu karena adanya tekanan darah yang kencang pada pembuluh darah dari si kecil dalam kandungan yang semakin membesar. Dengan melakukan pijat prenatal, sel-sel lembut akan terstimulasi untuk mengurangi cairan pada sendi yang mengalami pembengkakakn.

Meredakan Sakit Punggung

Umumnya wanita yang sedang hamil sering mengalami sakit punggung. Penyebabnya yaitu karena berat badan yang bertambah, perubahan hormon atau stres. Jika penyebabnya karena stres, pijat prenatal akan memberikan manfaat bagi anda, termasuk membantu meredakan sakit pada punggung.

Meredakan Nyeri Saraf Pinggul atau Siatika

Di pertengahan sampai akhir kehamilan, si kecil dalam kandungan posisinya akan menetap dengan sesuai untuk kelahiran. Terkadang posisi serta beban si kecil menduduki saraf siatika, yaitu tepat di bawah tulang belakang. Dimana hal inilah yang akan membuat anda pegal, geli, nyeri atau merasa kebas di bokong, pinggul sampai kaki belakang. Dengan melakukan pijat prenatal, maka nyeri saraf pinggul yang dikeluhkan akan dapat mereda.

Nah, itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan pijat prenatal serta manfaat melakukan pijat prenatal. Semoga bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment