Hal yang Harus Diperhatikan Saat Prenatal Yoga

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Prenatal Yoga

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Prenatal Yoga – Yoga prenatal merupakan latihan yoga ibu hamil. Melakukan yoga ibu hamil memiliki banyak manfaat baik. Namun, meskipun begitu ibu hamil harus hati-hati saat melakukan yoga. Pasalnya melakukan gerakan yang salah dan melakukannya pada waktu yang tidak tepat akan berbahaya bagi kehamilan. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui beberapa hal penting sebelum melakukan yoga ibu hamil.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Prenatal Yoga

Manfaat Prenatal Yoga

Prenatal yoga atau yoga ibu hamil akan membantu meningkatkan kekuatan, serta fleksibilitas tubuh. Gerakan yoga ibu hamil akan melatih pernapasan dan membantu proses persalinan agar lebih mudah, tenang dan lancar. Selain itu, manfaat yoga ibu hamil lainnya seperti berikut ini.

  • Memperbaiki postur tubuh.
  • Membuat sirkulasi darah lebih lancar.
  • Meningkatkan kualitas tidur.        
  • Membantu mengurangi stres dan cemas.
  • Membantu meringankan keluhan yang dialami ibu hamil seperti sesak napas, nyeri punggung bawah, nyeri panggul, sakit kepala dan mual.
  • Mengurangi risiko mengalami komplikasi kehamilan.
  • Membantu menurunkan tekanan darah.

Baca juga : Manfaat Pijat Ibu Hamil

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Prenatal Yoga

Dalam melakukan yoga ibu hamil, beberapa hal penting ini harus anda perhatikan.

Dampingi Oleh Instruktur

Ketika anda memutuskan untuk melakukan prenatal yoga, maka anda harus mempertimbangkan untuk didampingi oleh instruktur. Instruktur yoga akan mengarahkan gerakan yang tepat dan aman untuk ibu hamil.

Walaupun saat ini banyak video diinternet, namun melakukan gerakan yang salah akan menimbulkan efek buruk, terutama untuk orang yang pertama kali melakukan yoga. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk meminta bantuan instruktur agar anda juga bisa mendapatkan manfaat dari gerakan prenatal yoga dengan maksimal.

Perhatikan Usia Kehamilan

Sebelum mempertimbangkan untuk melakukan prenatal yoga, maka anda harus memperhatikan usia kehamilan anda. Tidak disarankan bagi ibu hamil melakukan prenatal yoga saat usia kehamilan kurang empat bulan karena akan berisiko untuk kehamilan dan membahayakan janin dalam kandungan.

Akan tetapi, prenatal yoga dapat dilakukan sampai menjelang waktu persalinan karena akan membantu proses persalinan menjadi lancar.

Hindari Gerakan-Gerakan Yoga Berbahaya

Tidak semua gerakan yoga bisa dilakukan oleh ibu hamil. Beberapa gerakan yoga harus ibu hamil hindari. Terutama gerakan-gerakan yoga yang akan memicu terjadinya kontraksi ataupun gerakan yang akan memberikan tekanan terlalu kuat. Oleh karena itu, sangat penting untuk didampingi oleh instruktur yoga ibu hamil.

Perhatikan Kondisi Fisik Anda

Memperhatikan kondisi fisik saat yoga penting dilakukan. Saat napas anda mulai tidak teratur, sebaiknya anda berhenti dan rileks. Hindari memaksakan diri anda sampai lelah atau bahkan kehabisan napas.

Konsultasikan Pada Dokter

Sebelum melakukan yoga, sebaiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Pasalnya, setiap kondisi kehamilan berbeda-beda. Beberapa kondisi kehamilan lebih rentan dari yang lainnya. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter apakah kondisi anda boleh ikut yoga atau tidak.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan prenatal yoga dan manfaat yang akan didapatkan ketika ibu hamil melakukan prenatal yoga. Tentunya anda harus memperhatikan aturan yoga ibu hamil agar mendapatkan manfaat yang optimal dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Hindari melakukan yoga dengan berlebihan dan pastikan anda tidak memaksakan diri. Semoga bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment