Hal yang harus diperhatikan sebelum pijat prenatal

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pijat Prenatal

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pijat Prenatal – Pijat prenatal merupakan pijat yang dilakukan di masa kehamilan. Pijat prenatal dilakukan tentu memiliki banyak manfaat untuk ibu yang tengah mengandung.

Seiring bertambahnya usia kehamilan anda, beberapa keluhan mungkin akan anda rasakan pada bagian tubuh. Kelelahan dan sakit pada area tertentu akan menjadi masalah yang bunda hadapi selama kehamilan. Maka dari itu, melakukan pijat prenatal dapat membantu meringkan keluhan-keluhan yang anda alami.

Hanya saja, mengingat pijat prenatal dilakukan pada ibu hamil, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena ada beberapa bagian tubuh yang tidak boleh dilakukan pijatan dan posisi apa yang cocok untuk ibu hamil saat melakukan pijat.  ( Baca juga : Manfaat Baik Pijat Prenatal Bagi Ibu Hamil )

Hal yang harus diperhatikan sebelum pijat prenatal

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pijat Prenatal

Nah, berikut ini 5 hal yang harus diperhatikan sebelum pijat prenatal.

Tenaga Profesional

Sebelum anda pijat prenatal atau pijat kehamilan, anda tentu harus memilih tenaga profesional yang tepat. Memilih ahli terapi yang tepat merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum pijat prenatal. Pastikan anda datang ke tempat terpercaya. Tenaga profesional akan memahami betul bagian mana saja yang tidak boleh dipijat. Karena perlu bunda pahami, beberapa bagian tubuh dilarang dipijat saat hamil.

Pemilihan Waktu yang Tepat

Jika anda bermaksud hendak pijat kehamilan, maka anda juga harus memperhatikan waktu yang tepat. Sebaiknya jangan lakukan pijat 3 bulan awal kehamilan. Sebab akan menjadikan anda semakin mual. Atau untuk keterangan lebih jelasnya anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter anda.

Pilih Posisi Sempurna

Tidak semua posisi bisa anda coba saat hamil. Anda harus memilih posisi yang tepat saat pijat kehamilan. Jika anda melakukan pijat kehamilan di atas usia 4 bulan, maka akan lebih baik jika anda tidak pada posisi berbaring telentang dalam waktu yang lama. Agar lebih nyaman saat melakukan pijat, anda bisa meminta bantalan untuk membantu anda berbaring menyamping.

Ketahui Titik Aman

Harus anda ketahui, bahwa tekanan langsung di area antara pergelangan kaki dan tumit dapat memicu terjadinya kontraksi. Jadi saat pijat hamil anda harus memastikan ahli terapi tidak melakukan pijatan atau tekanan pada area tersebut. Maka inilah sebabnya anda harus memilih ahli terapi yang telah profesional. Apabila anda merasa pijatan terlalu kencang, anda bisa memintanya untuk mengatur tenaga disesuaikan dengan kenyamanan anda.

Pastikan Pijatan Tepat Sasaran

Saat hamil pastikan anda melakukan pijatan pada area yang cukup aman seperti area punggung, tangan, kaki dan pundak. Pijatannya pun harus lembut dan pelan. Hindari melakukan pijatan di area sekitaran pinggang dan perut.

Mengapa Pijat Prenatal Saat Hamil Dibutuhkan?

Bund, berikut ini beberapa manfaat yang akan bunda dan calon buah hati dapatkan dengan melakukan pijat prenatal, khususnya sebagai ritual persiapan melahirkan.

Pijat prenatal dapat membantu meringankan ketegangan otot yang anda rasakan, sehingga dengan begitu anda akan merasa lebih rileks baik fisik maupun psikologis. ( Lihat juga : Bolehkah Pijat Refleksi Saat Hamil? | Amankah Bagi Ibu Hamil? )

  • Pijat prenatal juga akan membantu memperbaiki kualitas tidur.
  • Dapat meningkatkan mood.
  • Dapat meringankan tekanan pada area punggung, leher dan persendian tubuh.
  • Mencegah terjadinya kram dan kembung.
  • Membantu menurunkan risiko kelahiran prematur.
  • Agar bayi terlahir sehat.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan saat pijat prenatal, serta alasan pentingnya pijat prenatal. Semoga bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment