Ibu dipijat setelah melahirkan

Bolehkah Ibu Dipijat Setelah Melahirkan?

Bolehkah Ibu Dipijat Setelah Melahirkan – Setelah selama 9 bulan mengandung, anda akan dihadapkan pada proses melahirkan. Setelah menjalankan proses melahirkan yang cukup menguras tenaga, tubuh anda akan terasa lelah karena banyak tenaga yang hilang.

Untuk mengembalikan kebugaran tubuh setelah melahirkan, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pijatan. Lantas, bolehkah ibu melakukan pijat setelah melahirkan? Nah, untuk mengetahui penjelasan bolehkah ibu dipijat setelah melahirkan anda bisa langsung saja simak pada pembahasan di bawah ini. ( Baca juga : Cara Pijat Payudara Agar ASI Lancar )

Ibu dipijat setelah melahirkan

Bolehkah Ibu Dipijat Setelah Melahirkan

Para ahli menyatakan bahwa melakukan pijat setelah melahirkan boleh saja dilakukan, yang terpenting pijat dilakukan dengan baik dan benar.  Jika anda ingin dipijat setelah melahirkan, anda bisa meminta bantuan terapis profesional yang memahami betul teknik pijat.

Beberapa bagian tubuh ibu yang bisa dipijat dengan segera setelah melahirkan yaitu bagian kaki, tangan dan kepala. Sedangkan untuk bagian perut sebaiknya dipijat 40 hari setelah anda melahirkan. Hanya saja, jika anda melahirkan dengan jalan operasi caesar tidak disarankan untuk melakukan pijat pada area perut atau bagian yang luka selama 3 hingga 4 bulan setelah anda melahirkan. Jika anda ingin melakukan pijat setelah melakukan operasi caesar, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Apabila anda merasa lelah karena harus mengurus si kecil, jangan segan-segan untuk berbicara pada suami atau keluarga anda bahwa anda membutuhkan waktu untuk beristirahat. Anda dapat meluangkan waktu untuk beristirahat dan merawat diri sehingga anda merasa bahagia dan terhindari dari syndrome baby blues.

Manfaat Pijat Setelah Melahirkan

Pijat yang dilakukan setelah melahirkan tentu bukan pijat yang dilakukan dengan sembarangan, sehingga harus dilakukan oleh terapis terampil. Selain itu, pijat setelah melahirkan juga memiliki banyak manfaat. Ketahui manfaat pijat setelah melahirkan berikut ini:

  • Mengurangi sakit dan membuat otot lebih rileks. Saat proses melahirkan pada tubuh akan terjadi ketegangan, khususnya pada area perut, pinggul dan punggung bagian belakang. Pijatan akan membantu melancarkan aliran darah pada tubuh dan pasokan oksigen ke dalam otot sehingga otot terasa lebih rileks.
  • Pijatan akan membantu mengembalikan keadaan tubuh anda seperti semula. Gerakan mengelus dan meremas saat pijat akan membantu mengencangkan otot. Dengan perlahan hal ini akan dapat mengembalikan keadaan tubuh seperti semula.
  • Tubuh akan melepaskan hormon endorfin, yang merupakan hormon untuk membunuh rasa sakit alami, sehingga rasa sakit karena melahirkan akan berkurang.
  • Pijatan yang dilakukan setelah melahirkan akan membantu mengurangi depresi dengan alami. Selain itu, pijatan juga akan mengurangi masalah yang mungkin dapat terjadi pada jantung.
  • Membantu mengurangi kejang dan kram.
  • Imunitas menjadi meningkat karena aliran kelenjar getah bening menjadi lancar.
  • Apabila pijat menggunakan minyak almond, maka akan membantu memudarkan bekas stretch marks. ( Lihat juga : Manfaat Pijat Nifas Setelah Melahirkan )

Selain melakukan pijat, perawatan setelah melahirkan yang dapat anda lakukan yaitu dengan menjaga pola makan. Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat seperti sayuran, buah-buahan, serta perbanyak juga minum air putih untuk mengurangi kemungkinan terjadinya konstipasi, serta mencegah wasir. Mengonsumsi makanan sehat selain baik untuk kesehatan juga baik untuk ASI buat si kecil.

Dengan demikian, ibu setelah melahirkan dapat melakukan pijat namun hanya pada bagian-bagian tertentu saja. Untuk bagian perut menunggu hingga waktu yang telah ditentukan. Sedangkan jika melahirkan dengan jalan operasi caesar, untuk melakukan pijat alangkah lebih baik jika konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Semoga bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment