Kapan Ibu Hamil Boleh Pijat?

Kapan Ibu Hamil Boleh Pijat?

Kapan Ibu Hamil Boleh Pijat? – Pijat sejatinya adalah terapi yang dilakukan untuk memberikan rasa nyaman dan sensasi menenangkan pada tubuh. Otot-otot yang menegang akibat aktivitas yang dilakukan secara terus menerus biasanya membuat tubuh terasa tidak nyaman. Perasaan sakit dan ngilu pada bagian seluruh badan memang menjadi tantangan untuk sebagian orang.

Selain dipengaruhi karena aktivitas harian yang sering dilakukan. Pegal dan linu pada bagian tubuh pun sering terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini biasanya terjadi karena beban sang jabang bayi dalam perut ibu membuat ibu dituntut bekerja lebih maksimal. Pekerjaan yang dilakukan ibu hamil pun meski tidak terlalu berat biasanya akan menimbulkan perasaan lelah yang berlebihan.

Sehingga demikianlah, pijat pada ibu hamil seringkali didambakan untuk mengurangi perasaan tidak nyaman pada seluruh bagian tubuh. Hanya saja, karena ibu dalam kondisi hamil maka tidak sembarang hal bisa ibu lakukan. Perlu diperhatikan beberapa hal penting untuk menjaga kehamilannya agar tetap sehat. Termasuk ketika hendak melakukan pijat kehamilan. Hal inilah yang seringkali memicu banyak pertanyaan kapan sebenarnya ibu hamil boleh lakukan pijat? Nah, jawabannya akan kita kupas dibawah ini.

Kapan Ibu Hamil Boleh Pijat?

Dipijat, scrub dan berendam dengan limpahan  busa tentunya didamba siapa saja. Termasuk dalam hal ini ibu hamil yang seringkali mudah merasakan pegal dan lelah pada bagian seluruh badannya.

Dan meski anda sedang dalam kondisi mengandung, rupanya pijat boleh anda lakukan. Apalagi saat ini sudah ada banyak spa khusus ibu hamil seperti Klinik Revina Spa yang menyediakan treatment prenatal massage atau pijat untuk ibu hamil. Lengkap bersama dengan para terapis yang memang sudah berkeahlian khusus dibidangnya.

Apalagi bahan-bahan yang digunakan pun terbukti aman sebab keamanan dan kenyamanan pelanggan adalah yang utama untuk kami. Akan tetapi, meski memberikan dampak yang positif untuk tubuh tak sedikit diantaranya bertanya-tanya kapan sebenarnya boleh melakukan pijat kehamilan. Apakah dari semenjak dinyatakan hamil, pemijatan kehamilan boleh dilakukan?

Jawabannya adalah pemijatan kehamilan atau prenatal massage mulai dapat dilakukan pada usia diatas trimester pertama. Hal ini dikarenakan pada tahapan trimester pertama kehamilan, janin didalam kandungan ibu masih dalam tahapan pembentukan organ tubuh yang rawan dan sensitif.

Dengan demikian, pijat kehamilan akan dikhawatirkan berdampak berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin yang notabene masih lemah. Sementara itu, ketika sudah melewati trimester pertama maka biasanya tumbuh kembang janin sudah terjadi dengan lebih pesat. Tubuh si kecil pun akan sudah lebih kuat.

Maka dari itu, perhatikan dengan baik agar jangan sampai ibu terburu untuk mengunjungi klinik atau treatment pijat kehamilan ketika usia kandungan ibu masih terlalu dini. Selagi rasa pegal dan linu pada tubuh masih dalam tahapan yang wajar maka sebaiknya tahan dulu keinginan untuk dipijit dan memanjakan diri di salon kecantikan. Agar demikian, kesehatan ibu dan janin pun bisa terjaga dengan baik.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Pijat Kehamilan

Pada dasarnya, tidak terlalu banyak persyaratan yang perlu ibu perhatikan ketika hendak pergi ke tempat pijat kehamilan. Karena kebanyakan fasilitas pijat kehamilan ini sudah mempersiapkan barang dan keperluan yang dibutuhkan ketika anda hendak dipijat. Hanya saja, bila anda ingin menjaga dan memastikan bila peralatan pribadi yang sering anda gunakan terjaga dengan baik kebersihannya maka tidak ada salahnya membawa peralatan tersebut dari rumah. Apa sajakah hal tersebut? Mari simak dibawah ini.

Bawa Pakaian Dalam Cadangan

Pada proses pijat kehamilan biasanya ada media minyak yang digunakan untuk memudahkan melakukan pijatan pada bagian seluruh tubuh. Selain memberikan relaksasi penggunaan minyak pun difungsikan untuk membersihkan sel kulit mati dan mengangkat kotoran dari dalam kulit. Hanya saja, yang namanya minyak pijat meskipun beraroma nyaman, akan tetapi biasanya meninggalkan perasaan yang tidak nyaman dengan sensasi lengket yang kurang menyenangkan.

Nah, karena permasalahan inilah anda akan mungkin butuh untuk membersihkan tubuh anda dengan mandi di tempat spa. Beberapa spa biasanya sudah menyiapkan celana dalam sekali pakai untuk anda kenakan. Hanya saja, bila anda membawa sendiri cadangan celana dalam maka anda akan dapat tetap merasa nyaman dengan celana dalam milik anda sendiri tanpa harus membelinya di tempat spa.

Bawa Sisir Rambut

Selain pakaian dalam, peralatan lain yang penting untuk anda persiapkan dengan baik adalah sisir rambut. Apalagi saat anda menikmati treatment seperti berendam yang membuat rambut anda basah atau terpaksa diikat. Meski tempat spa sudah menyiapkan sisir, akan tetapi peralatan pribadi ini biasanya akan terasa lebih nyaman ketika anda menggunakan milik anda sendiri.

Untuk itu, maka silahkan pertimbangkan untuk membawa peralatan sisir rambut anda ke tempat spa. Setelahnya, pastikan pula anda sudah merapikannya dan memasukkan kembali kedalam tempatnya. Agar demikian, sisir tidak tertinggal dan bisa kembali anda gunakan di rumah.

Bawa Handuk Sendiri

Sama halnya dengan beberapa peralatan diatas yang mana biasanya sudah disiapkan oleh tempat spa atau pijat kehamilan. Akan tetapi, guna memastikan bila anda tetap merasa nyaman dan aman dengan peralatan yang digunakan maka anda bisa membawa handuk sendiri dari rumah. Tidak perlu handuk dengan ukuran yang terlalu besar. Anda cukup membawa handuk kecil saja asal ketika anda bilas tubuh anda bisa dikeringkan dengan handuk bawaan anda.

Pastikan Anda dalam Keadaan Sehat

Selain beberapa peralatan yang penting untuk dibawa ke tempat pijat. Kondisi kesehatan pun menjadi faktor yang paling utama yang perlu anda perhatikan dengan baik. Anda sendiri yang mengetahui kondisi tubuh anda jadi jangan biarkan orang lain memaksa anda untuk ikut pijat kehamilan asal ada teman berangkat beramai-ramai. Ketika anda memang merasa kurang sehat, sebaiknya tunda melakukan pijat kehamilan sampai anda sembuh dan merasa pulih kembali.

Jangan sampai, spa dan pijat kehamilan yang seharusnya membuat anda senang pada akhirnya menjadi tidak dinikmati dengan baik sebab tubuh anda dalam keadaan tidak sehat. Sayang pula dengan biaya yang anda keluarkan ketika relaksasi yang anda nikmati nyatanya tidak membuat anda benar-benar merasa tenang.

Konsultasikan dengan Terapis Bila Ada Keluhan

Biasanya terapis yang bekerja dibidang pijat kehamilan akan menanyakan bila si ibu hamil memiliki keluhan selama kehamilan. Keluhan tersebut bisa dijadikan tolak ukur pada pijatan , termasuk memastikan agar si terapis tidak memijat bagian yang dirasa bermasalah. Untuk itu, penting sekali mengkomunikasikan keluhan yang anda alami selama kehamilan demi kelancaran dan keamanan pijatan yang dilakukan.

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai kapan ibu hamil boleh pijat lengkap dengan persiapan apa saja yang perlu dilakukan sebelum melakukan pijat kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untuk anda dan kita semua.

Author Info

Bella

No Comments

Post a Comment