Kebiasaan yang Dapat Menghilangkan Manfaat Pijat Pada Bayi

Kebiasaan yang Dapat Menghilangkan Manfaat Pijat Pada Bayi

Kebiasaan yang Dapat Menghilangkan Manfaat Pijat Pada Bayi – Tidak hanya sekedari tren belaka, nyatanya pijat bayi memberikan banyak manfaat baik untuk si kecil.  Ada beberapa manfaat pijat bayi untuk tumbuh kembangnya seperti membuat si kecil nyaman dan tenang, melancarkan system pencernaannya, membuat tidur si kecil lebih nyenyak, menangani serta mengurangi frekuensi menangis si kecil, menambah berat badan harian pada bayi, meningkatkan system kekebalan bayi dan lain sebagainya.

Namun, manfaat pijat bayi tidak akan didapatkan dengan maksimal jika pijat dilakukan dengan tidak benar. Nah, berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat menghilangkan manfaat pijat bayi di bawah ini.

Kebiasaan yang Dapat Menghilangkan Manfaat Pijat Pada Bayi

Kebiasaan yang Dapat Menghilangkan Manfaat Pijat Pada Bayi

Hindari melakukan kebiasaan ini saat memijat bayi agar manfaat pijat bisa si kecil dapatkan. Kebiasaan apa saja? Yuk simak berikut ini.

Memijat Bayi Hanya Pada Satu Bagian Tubuh Saja

Terkadang ada ibu yang hanya memijat bayi pada salah satu bagian tubuhnya saja. Contohnya hanya pada tangan atau kakinya saja. Hal ini disebabkan karena ibu berpikiran bahwa si kecil hanya mengalami pegal-pegal pada bagian tersebut saja. Padahal sebenarnya, manfaat pijat bayi akan terasa manfaatnya pada seluruh tubuh bayi apabila pijatan dilakukan dengan merata. Mulai dari bagian wajah, bagian dada, bagian punggung hingga bagian kaki. Memijat bagian tersebut akan membantu system pencernaan dan pernapasan si kecil menjadi sehat dan berfungsi dengan baik. Selain itu, masih banyak lagi manfaat-manfaat yang lainnya.

Memberi Makan Si Kecil Sebelum Dipijat

Memberikan makan si kecil sebelum dipijat sebaiknya dihindari. Karena hal ini justru akan membuat si kecil gumoh, terlebih lagi jika anda memijat lebih banyak pada bagian perut si kecil.

Tidak Melakukan Kontak Mata dengan Bayi

Ikatan emosional ibu dan si kecil akan menjadi semakin kuat jika anda memberikan pijatan langsung pada buah hati. Bahkan dengan pijatan juga dapat menjadi ungkapan cinta anda terhadap buah hati anda. Oleh karena itu, saat memijat anda dapat melakukan kontak mata dengan si kecil.

Melalui kontak mata, anda dapat menyampaikan rasa cinta dan kasih saying tanpa perlu berkata-kata. Anda dapat mulai rutin melakukan kontak mata dengan si kecil saat anda memijatnya.

Tidak Rutin Memijat Si Kecil

Kegiatan memijat bayi bisa dilakukan dengan rutin. Jika waktu pijatnya dilakukan dengan rutin maka tubuh si kecil akan terbiasa dengan kegiatan ini sehingga nantinya tidak akan kaget. Justru waktu pijat yang tidak rutin akan membuat si kecil kaget dan tidak nyaman. Untuk mengetahui waktu yang tepat memijat bayi anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter atau ahlinya.

Mencampurkan Minyak Pijat

Ketika memijat bayi biasanya menggunakan minyak. Pakailah minyak pijat yang aman untuk si kecil dan hanya satu jenis saja. Jangan pernah mencampurkan minyak pijat bayi karena dapat memicu reaksi alergi pada si kecil.

Pilihlah minyak pijat dengan kandungan bahan yang aman dan cocok untuk bayi. Ada baiknya sebelum mengaplikasikannya pada semua bagian tubuh si kecil, anda dapat mencobanya mengaplikasikan pada punggung tangan untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi atau tidak.

Dengan memijat bayi tentu anda ingin si kecil mendapatkan manfaat baiknya. Namun, beberapa kebiasaan justru membuat manfaat pijat pada bayi tidak maksimal. Oleh karena itu, sebaiknya hindari beberapa kebiasaan di atas saat memijat bayi.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment