Keuntungan jika rutin baby spa

Inilah Keuntungan Jika Rutin Baby Spa Untuk Perkembangan Bayi

Keuntungan jika rutin baby spa – SPA, istilah ini tentu sudah tidak asing lagi di kalangan wanita. SPA merupakan istilah dari bahasa Yunani yang berarti Solus Per Aqua artinya yaitu perawatan dengan menggunakan air. Seiring banyaknya tempat baby spa, banyak orang tua yang bertanya-tanya perlukah baby spa? Apakah benar bermanfaat untuk perkembangan atau hanya sebagai tren semata?

Bunda, baby spa bukan hanya sekedar tren semata. Pasalnya, baby spa memang benar memiliki banyak manfaat untuk perkembangan si kecil. Sebenarnya baby spa itu sendiri sudah dilakukan sejak jaman nenek moyang, hanya saja dengan cara tradisional, berbeda halnya dengan sekarang.

Saat melakukan baby spa, si kecil diberikan pijatan lembut oleh therapist profesional. Berdasarkan The American Massage Terapy Association, pijat bayi itu sendiri dilakukan dengan memegang, menggerakan atau memberikan tekanan lembut pada tubuh bayi. Nah, berikut ini beberapa manfaat atau keuntungan jika rutin baby spa untuk si kecil yang penting untuk diketahui. ( Baca juga : Mengetahui Umur Berapa Bayi Boleh Berenang di Baby Spa?  )

Keuntungan jika rutin baby spa
  1. Mendukung Perkembangan Bayi

Manfaat pijat bayi atau baby massage untuk perkembangan bayi dikemudian hari memang sudah terbukti, terlebih lagi untuk bayi prematur. Bayi yang sering melakukan pijat biasanya cenderung lebih matang baik itu dilihat dari segi orientasi, motorik ataupun perilaku. Sedangkan untuk bayi prematur, pijatan akan membuatnya lebih tenang, jarang rewel dan menangis.

  1. Pola Tidur Bayi Menjadi Lebih Baik

Bayi yang mendapatkan pijatan biasanya lebih aktif, sadar juga pola tidurnya menjadi lebih baik.

  1. Meningkatkan Berat Badan Bayi

Pijat bayi juga akan berpengaruh pada berat badan bayi, dimana biasanya berat badan bayi akan mengalami peningkatan. Berdasarkan studi yang telah dilakukan, jika bayi prematur mendapatkan stimulasi pijat maka akan menunjukan berat badan 47% lebih tinggi dalam setiap harinya jika dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan stimulasi pijat.

Efek atau manfaat pijat akan lebih besar jika menggunakan minyak. Tentunya minyak yang aman untuk si kecil, karena seperti yang kita ketahui kulit bayi masih sangat rentan. Minyak yang biasanya digunakan yaitu minyak kelapa atau minyak bunga matahari. Berdasarkan para ahli, hal ini disebabkan karena terserapnya minyak pada permukaan kulit si kecil.

  1. Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit Bayi

Pijatan dengan menggunakan minyak tentu akan bermanfaat juga untuk kulit si kecil. Minyak yang digunakan untuk memijat akan menstabilkan suhu badan bayi, serta mencegah panas hilang melalui kulit bayi.

Namun, kondisi ini biasanya akan lebih bermanfaat jika dilakukan pada bayi permatur sebab bayi prematur memiliki kecenderungan hipotermia. Selain itu, memijat bayi dengan menggunakan minyak juga dapat memperbaiki tekstur kulit bayi sebab dapat mengangkat sel-sel kulit mati juga mencegah kulit kering maupun pecah-pecah.

  1. Memberikan Efek Relaksasi

Manfaat spa bayi dapat memberikan efek relaksasi untuk si kecil. Sehingga dengan begitu si kecil akan tumbuh lebih ceria juga dapat membantu membentuk pribadi yang mandiri, ceria dan supel.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Baby spa akan membantu melancarkan peredaran darah, sehingga perkembangan si kecil akan menjadi lebih pesat. Dan tentunya hal ini akan berpengaruh untuk sistem metabolisme tubuh, serta daya tahan tubuh si kecil akan meningkat sehingga tidak akan mudah terserang penyakit.

Nah, bunda dengan rutin melakukan baby spa si kecil akan mendapatkan keuntungan jika rutin baby spa. Si kecil sehat, tentu bunda bahagia.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment