Manfaat baby gym

Manfaat Baby Gym Untuk Bayi yang Harus Bunda Ketahui

Manfaat Baby Gym Untuk Bayi yang Harus Bunda Ketahui – Baby gym atau senam bayi, selain akan menghibur si kecil juga memiliki banyak manfaat. Dimana salah satu manfaat yang akan didapatkan yaitu dapat membuat perkembangan motorik bayi meningkat.

Baby gym itu sendiri yaitu kumpulan gerakan yang dilakukan untuk merangsang perkembangan, pertumbuhan dan kemampuan si kecil dengan optimal. Baby gym biasanya dilakukan pada bayi berusia sekitar 3 bulan hingga 12 bulan.

Baby gym bisa anda lakukan sendiri di rumah jika sudah mengetahui cara yang tepat melakukannya. Namun, selain itu anda juga bisa mengajak si kecil ke tempat baby gym yang dilakukan oleh terapis profesional. Si kecil akan diajak untuk melakukan gerakan yang tentunya selain menyenangkan juga memiliki segudang manfaat.

( Baca juga : Tips Meredakan Amukan Bayi Saat Lakukan Baby Spa )

Untuk anda yang penasaran apa saja manfaat baby gym untuk bayi, yuk simak beberapa manfaatnya pada pembahasan di bawah ini.

Manfaat baby gym

Manfaat Baby Gym Untuk Bayi

Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa baby gym bermanfaat untuk membangun karakter si kecil agar lebih percaya diri, mudah dalam bersosialisasi dan aktif. Namun selain itu, baby gym juga memiliki banyak manfaat lainnya. Nah, di bawah ini beberapa manfaat baby gym untuk bayi.

  • Baby gym akan mendekatkan hubungan antara orangtua dan buah hatinya.
  • Dengan melakukan baby gym perkembangan motorik kasar si kecil akan meningkat, seperti berjalan dan merangkak.
  • Baby gym bermanfaat untuk mengajarkan si kecil berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya.
  • Baby gym akan melatih kekuatan persendian dan otot si kecil supaya lebih matang untuk mempersiapkan perkembangan motorik.
  • Dengan baby gym akan membuat orangtua lebih mudah dalam memantau perkembangan tulang dan otot-otot bayi.
  • Apakah si kecil tidurnya selalu gelisah dan tidak nyenyak? Nah, salah satu manfaat dari baby gym yaitu akan membuat tidurnya menjadi lebih nyenyak. Selain itu, baby gym juga akan meningkatkan nafsu makan si kecil.
  • Baby gym akan mengoptimalkan fungsi penglihatan, pendengaran dan tumbuh kembang si kecil.
  • Olahraga menyenangkan untuk bayi ini juga bermanfaat untuk membuat peredaran darahnya menjadi lancar dan jantungnya menjadi sehat.
  • Dengan melakukan baby gym maka kemampuan si kecil menyeimbangkan diri dan kewaspadaannya pun akan meningkat.
  • Baby gym akan mendukung perkembangan emosional  si kecil, seperti melatih keyakinan, ketenangan, kedisiplinan dan ketekunan.

Baby gym juga dapat dipadukan dengan mainan atau alat yang dirancang khusus untuk baby gym. Mainan atau peralatan ini akan merangsang keterampilan si kecil untuk menggapai menggunakan tangannya. Namun, apapun metode yang dilakukan tujuannya tetap membantu mempercepat perkembangan motorik si kecil.

Pastikan anda memilih tempat baby gym terbaik untuk si kecil. Selain harga, anda juga harus memperhatikan fasilitas, keamanan, kebersihan, trainer yang bersertifikat dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk memberikan yang terbaik bagi si kecil.

Alangkah lebih baiknya jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan baby gym, terlebih lagi jika anak memiliki kondisi medis tertentu.

Demikian beberapa manfaat baby gym untuk bayi yang harus anda ketahui. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment