Manfaat Baby Spa Untuk Perkembangan Motorik Bayi

Manfaat Baby Spa Untuk Perkembangan Motorik Bayi

Manfaat Baby Spa Untuk Perkembangan Motorik Bayi – Bagi beberapa orangtua, mungkin sudah tidak asing lagi dengan baby spa. Sebab beberapa tahun terakhir perawatan untuk bayi ini sangat populer. Banyak orangtua yang mengajak anaknya ke tempat baby spa karena diyakini akan mendatangkan beragam manfaat.

Baby spa itu sendiri merupakan perawatan bagi bayi dengan menggabungkan kegiatan spa dan pijat. Si kecil akan dipijat dan berenang pada kolam berenang khusus, serta ditangani oleh terapis profesional.

Baby spa nyatanya bukan hanya tren semata. Kegiatan ini tentu akan memberikan manfaat yang bagus untuk si kecil. Adapun beberapa manfaat baby spa yaitu membuat si kecil tenang dan rileks, membantu tidur si kecil lebih pulas dan nyenyak, bermanfaat untuk perkembangan motorik bayi dan lain sebagainya.

Manfaat Baby Spa Untuk Perkembangan Motorik Bayi

Baca juga : Alasan Pentingnya Baby Spa Untuk Tumbuh Kembang Bayi

Manfaat Baby Spa Untuk Perkembangan Motorik Bayi

Salah satu manfaat baby spa yaitu untuk melatih perkembangan motorik bayi.  Seperti yang kita ketahui semua, baby spa terdiri dari dua aktivitas yaitu berenang dalam air hangat, serta pijat. Nah, berenang atau berendam manfaatnya yaitu untuk membantu merangsang motorik buah hati. Pada saat berenang di dalam air, si kecil akan menggerakan seluruh tubuhnya. Kemudian air hangat yang digunakan untuk berenang akan memberkan rasa nyaman pada si kecil. Selain itu, juga berfungsi untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi, melancarkan sirkulasi darah dan menstabilkan tubuh si kecil supaya tidak mudah masuk angin.

Pijat yang diberikan pada si kecil juga bermanfaat untuk merangsang saraf motorik si kecil. Pijatan tersebut akan membantu untuk memperbaiki pola tidur, meningkatkan ketenangan dan emosional anak, membantu sistem pencernaannya. Selain itu, apabila bayi dipijat dengan teratur dan baik maka akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Meskipun baby spa memiliki manfaat yang bagus untuk bayi. Namun anda harus memperhatikan beberapa aturan sebelum mengajak bayi baby spa seperti berikut ini :

  • Pastikan anda mengajak si kecil baby spa saat usianya sudah cukup yaitu minimal 3 bulan. Di usia ini kepala si kecil sudah tegak dan kuat.
  • Berat badan bayi minimal 5 kg.
  • Ketika anda mengajak si kecil baby spa, pastikan bukan pada jam tidurnya. Sebab jika mengajaknya saat si kecil dalam keadaan ngantuk, baby spa yang dilakukan akan menjadi tidak optimal dan  si kecil akan rewel.
  • Pilih jadwal pijat bayi 1 jam setelah si kecil makan atau minum.
  • Jika saat akan melakukan baby spa si kecil tertidur, anda jangan membangunkannya. Tunggu si kecil hingga terbangun.
  • Apabila anda sudah menentukan jadwal untuk baby spa, namun si kecil mendadak kurang sehat. Anda harus mencari tahu penyebab si kecil sakit. Sebab pemijatan tidak semuanya akan membuat si kecil rileks.
  • Ketika dipijat pastikan si kecil posisinya nyaman. Apabila si kecil posisi tubuhnya kurang nyaman, ia akan menjadi mudah bosan.
  • Jika ingin mendapatkan manfaatnya dengan optimal, anda bisa menjadwalkan baby spa dengan rutin.

Itulah penjelasan mengenai manfaat baby spa untuk perkembangan motorik bayi. Mengetahui banyaknya manfaat baby spa untuk bayi, kini anda tidak perlu ragu untuk mengajak si kecil melakukan perawatan ini. Pastikan anda juga memperhatikan beberapa hal di atas sebelum mengajak si kecil baby spa. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment