manfaat baby swim untuk bayi

Manfaat Baby Swim Untuk Bayi

Banyak diantara bunda yang mungkin bertanya-tanya akan manfaat baby swim untuk bayi. Faktanya baby swim bukan hanya sekedar tren saja. Mengajak bayi berenang memiliki banyak manfaat baik untuk si kecil. Namun, tentunya bunda harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengajak si kecil berenang.

manfaat baby swim untuk bayi

Manfaat Baby Swim Untuk Bayi

Nah bund, berikut ini beberapa manfaat baby swim untuk bayi.

Melatih Keseimbangan dan Koordinasi

Tahukah bunda? Bayi yang sering bergerak dan lincah, keseimbangan dan koordinasi tubuhnya akan menjadi lebih baik. Mereka akan menjadi lebih mudah melakukan berbagai macam olahraga. Selain itu, si kecil tidak akan mudah bingung saat melakukan banyak kegiatan secara sekaligus. Nah, hal ini bisa bunda dapatkan dengan melakukan baby swim. Saat si kecil berenang dengan pelampung sebagai penyangga di lehernya, ia akan bergerak dengan menendangkan kakinya di dalam air. Dimana hal ini diketahui akan membantu dalam menstimulasi bayi dalam melatih keseimbangannya. ( Baca juga :  Manfaat Pijat Bayi yang Harus Anda Ketahui)

Selain itu, dengan stimulasi ini si kecil akan lebih mudah berkembang, khususnya sistem motoriknya. Seperti misalkan saat ia merangkak atau berjalan. Bahkan hal ini juga akan menjadikan si kecil lebih mudah belajar berenang saat ia dewasa nanti.

Mendekatkan Hubungan Bayi Dengan Orang Tua

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari baby swim yaitu mampu mendekatkan hubungan anda dengan bayi anda. Sentuhan dan candaan yang bunda berikan pada si kecil saat ia sedang berada di dalam air akan membuat ia menjadi lebih percaya pada bunda.

Menjadikan Tidur Si Kecil Lebih Lelap

Baby swim dapat membantu jika bayi anda memiliki gangguan tidur, seperti misalkan susah tidur. Saat berenang, si kecil akan melakukan banyak gerakan sehingga akan membuatnya lelah sehingga ia bisa tidur lebih cepat dan pulas.

Perkembangan Fisik dan Mental

Berenang dapat melatih aktivitas fisik dan mental anak. Selain tumbuh menjadi lebih kuat dan bugar, kegiatan ini juga dapat membantu agar si kecil bernafsu makan, serta tidurnya menjadi lebih nyenyak. ( Lihat juga : Mengapa Bayi Perlu Baby Spa? )

Usia Berapa Bayi Boleh Diajak Baby Swim?

Saat si kecil sudah mencapai 2 hingga 5 bulan dengan berat badan di atas 5 kg, bunda bisa mengajak si kecil ke tempat baby swim. Namun, jika kriteria tersebut belum dimiliki maka sebaiknya bunda jangan mengajak dulu si kecil berenang karena tidak aman untuknya. Selain itu, bunda sebaiknya tidak mengajak si kecil berenang saat jam tidurnya karena selain akan membuat si kecil tertidur saat di  tempat baby swim, juga akan mengganggu jam tidurnya. Tidak hanya itu, bunda juga harus memastikan kondisi kesehatan si kecil sebelum mengajaknya baby swim. Pastikan si kecil sehat atau tidak dalam keadaan kurang baik.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment