Manfaat Baik Pijat Prenatal

Manfaat Baik Pijat Prenatal Bagi Ibu Hamil

Manfaat Baik Pijat Prenatal – Bunda, kehamilan yang semakin membesar akan membuat anda semakin lelah. Perut anda yang semakin membesar akan membuat nyeri pinggang dan nyeri punggung semakin menyiksa. Apalagi ditambah kaki bengkak yang membuat anda merasa tidak nyaman. Pada umumnya semua ibu hamil mengalami keluhan yang sama, jadi anda jangan merasa khawatir.

Keluahan yang anda alami saat kehamilan tidak bisa dihindari. Namun anda jangan khawatir, keluhan yang anda alami bisa diredakan sehingga anda bisa menjalani masa kehamilan dengan menyenangkan. Ada banyak cara untuk meringankan atau meredakan keluhan yang anda alami, salah satunya yaitu dengan pijat prenatal atau pijat kehamilan.

Berdasarkan American Pregnancy Association, pijat prenatal ini dapat membantu mengurangi gejala depresi, kecemasan, nyeri sendi dan dapat membantu meningkatkan stamina saat persalinan nanti. Selain itu, masih banyak lagi manfaat pijat hamil yang akan anda dapatkan. ( Baca juga : Pijat Punggung Saat Hamil Agar Tidak Pegal| Manfaat & Teknik )

Nah, berikut ini beberapa manfaat baik pijat prenatal bagi ibu hamil.

Manfaat Baik Pijat Prenatal

Meringankan Bengkak

Ibu hamil pasti akan atau sering mengalami bengkak pada persendian, keadaan ini biasanya disebut juga dengan edema. Penyebab keadaan ini sederhana, yakni pembuluh darah besar menerima tekanan darah yang cukup kencang karena bayi yang dikandung semakin membesar. Namun, dengan melakukan pijat pernatal atau pijat hamil akan mampu menstimulasi sel- sel lembut sehingga dapat mengurangi cairan pada sendi yang bengkak.

Meredakan Stres dan Cemas yang Berlebih

Pijat prenatal diketahui terbukti mampu membantu memperbaiki mood, serta mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskuler. Berdasarkan penelitian, ibu hamil yang melakukan pijat hamil setiap 2 minggu sekali selama 5 minggu, maka akan membuat menurunnya kadar hormon yang menjadi penyebab stres. Namun sebaliknya, justru hormon dopamine dan serotonin akan meningkat pada ibu hamil.  Tahukah bunda? Jika kekurangan kedua hormon tersebut justru depresi akan meningkat. Selain itu, perubahan kadar hormon tersebut akan dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi pada bayi baru lahir, seperti berat badan lahir rendah.

Meredakan Nyeri Saraf Pinggul

Menjelang pertengahan sampai akhir kehamilan, bayi akan menetap pada posisi yang tepat untuk kelahiran. Terkadang posisi dan beban bayi menduduki saraf siatika, tepat di bawah tulang belakang.  Inilah yang terkadang membuat anda pegal, geli, nyeri atau kebas pada area pinggul, bokong sampai bagian belakang kaki. Nah, dengan melakukan pijat kehamilan maka segala keluhan nyeri saraf akan dapat diringankan. ( Lihat juga : Bagian Tubuh Yang Tidak Boleh Dipijat Saat Hamil)

Meredakan Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan salah satu keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil. Berdasarkan American Pregnancy Association, wanita hamil hampir 70 persen mengalami sakit punggung. Penyebab sakit punggung saat hamil itu sendiri banyak, yaitu karena berubahnya hormon, stres atau berat badan yang bertambah. Apabila sudah menyangkut dengan stres, maka pijat prenatal akan memberikan manfaat yang banyak. Salah satunya yaitu meredakan punggung sakit.

Bund, itulah beberapa manfaat baik pijat prenatal bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment