Manfaat Pijat Bayi Untuk Bayi Prematur

Manfaat Pijat Bayi Untuk Bayi Prematur

Manfaat Pijat Bayi Untuk Bayi Prematur – Fungsi organ tubuh pada bayi prematur masih belum matang dan sempurna, sehingga dibutuhkan perlakukan khusus. Untuk mengoptimalkan kematangan fungsi organ tubuhnya salah satu solusi yang dapat anda lakukan yaitu melakukan terapi pijat. Bukan hanya pada bayi prematur saja, pijat bayi juga baik dilakukan pada bayi yang terlahir normal atau cukup bulan. Sebab banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan pijat bayi.

Manfaat Pijat Bayi Untuk Bayi Prematur

Pijat bayi memiliki manfaat yang baik untuk bayi prematur. Berikut ini beberapa manfaat pijat bayi untuk bayi prematur yang dapat anda ketahui. ( Baca juga : 8 Pengaruh Baby Spa Untuk Kesehatan dan Kecerdasan Bayi )

Manfaat Pijat Bayi Untuk Bayi Prematur

Meningkatkan Berat Badan Bayi

Bayi yang  terlahir kurang bulan atau terlahir prematur biasanya akan memiliki  berat badan yang rendah. Keadaan ini akan menyebabkan sistem kekebalan tubuhnya lemah. Selain itu perkembangan emosi dan mental si kecil juga akan mengalami keterlambatan. Bayi yang terlahir prematur sistem pencernaannya biasanya belum sempurna, meskipun bunda memberikan nutrisi yang baik pada si kecil mungkin hal itu tidak akan membantu. Sebagai solusinya anda bisa melakukan pijat bayi. Pijat bayi dapat mengaktifkan saraf sensorik, serta reseptor tekanan yang dapat membantu agar kemampuan lambung meningkat dan hormon stres dapat berkurang. Sehingga dengan begitu berat badan, serta sistem kekebalan tubuh bayi akan meningkat.

Meredakan Stress Pada Bayi

Siapa bilang hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami stres? Anak-anak bahkan bayi pun bisa mengalaminya. Pada bayi penyebab stres biasanya karena lingkungan baru. Terlebih lagi untuk bayi yang lahir prematur dimana ia biasanya harus melakukan berbagai macam prosedur untuk menjaga kesehatannya. Salah satu solusinya yaitu dengan melakukan pijat bayi. Pijat bayi yang dilakukan pada bayi akan dapat membantu melepaskan hormon serotonin, hormon yang akan melawan hormon stres seperti norepinephrine, cortisol, dan epinephrine. Selain akan menjadikan bayi merasa lebih rileks dan tenang, juga dapat mengajarkan otak bayi bagaimana cara yang tepat dalam merespon stres.

Membantu Meningkatkan Kekuatan Tulang Bayi

Bayi prematur akan memiliki risiko lebih tinggi mengalami keadaan retak tulang. Untuk membantu meningkatkan kekuatan tulang bayi, salah satu solusi yang dapat anda lakukan yaitu dengan melakukan pijat bayi. Jika anda tidak bisa melakukan pijat bayi sendiri, anda bisa pergi ke tempat khusus pijat bayi dengan terapis yang sudah profesional. Pijatan yang diberikan akan membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang bayi untuk menunjang fisiknya.

Membuat Nafas Lebih Teratur dan Tidur Lebih Nyenyak

Saat dipijat bayi akan merasa lebih tenang dan nyaman. Dengan pijatan yang diberikan padanya napasnya akan menjadi lebih teratur dan tidurnya pun akan lebih nyenyak. Jika keadaan emosional bayi lebih tenang, maka tumbuh kembangnya juga akan menjadi lebih baik.

Mencegah Penyakit

Bayi yang sering mendapatkan pijatan dapat terhindar dari beberapa penyakit seperti kolik, sembelit ataupun diare. Selain itu, sistem kekebalan tubuhnya pun akan lebih tahan dari berbagai infeksi maupun masalah kesehatan yang lainnya. ( Lihat juga : Manfaat Baby Swim Untuk Bayi )

Pijat bayi yang dilakukan pada bayi prematur memiliki banyak manfaat untuk bayi. Bunda tidak perlu ragu lagi untuk melakukan pijat bayi pada si kecil agar ia mendapatkan manfaatnya yang baik. Namun sebelum itu anda harus berkonsultasi pada dokter guna memastikan bahwa keadaan si kecil memungkinkan untuk mendapatkan pijat. Itulah beberapa manfaat pijat bayi untuk bayi prematur. Semoga bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment