Manfaat Pijat Bayi yang Harus Anda Ketahui

Untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya, bayi membutuhkan stimulasi. Terdapat berbagai macam stimulasi yang dapat bunda berikan, salah satunya dengan memberikan sentuhan atau pijatan ringan. Stimulasi pijat ini biasanya dilakukan dengan menyeluruh pada tubuh si kecil sehingga bayi anda akan mendapatkan manfaat pijat dengan maksimal. Nah, berikut ini manfaat pijat bayi yang harus anda ketahui.

Manfaat Pijat Bayi

Manfaat Pijat Bayi

Untuk anda yang ingin tahu apa saja manfaat pijat bayi, anda bisa simak di bawah ini. ( Baca juga : Mengapa Bayi Perlu Baby Spa?  )

Membuat Tubuh Bayi Rileks

Selain orang dewasa, bayi juga ternyata dapat mengalami otot kaku, apalagi jika posisi tidurnya kurang tepat. Jika anda membiarkannya terus menerus maka keadaan ini akan membuat si kecil merasa tidak nyaman. Pada akhirnya si kecil akan rewel. Tidak hanya itu, relaksasi ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kondisi psikologis si kecil sehingga akan lebih ceria dan senang.

Melancarkan Sirkulasi Darah Bayi

Tahukah bunda? Bahwa sirkulasi darah yang lancar akan menjadikan tubuh si kecil lebih sehat. Jika sirkulasi darahnya lancar maka si kecil akan menjadi lebih nyenyak saat tidur. Nah, jika selama ini bunda mendapati si kecil sulit tidur atau sering rewel serta waktu tidurnya sebentar, keadaan seperti ini bisa disebabkan karena aliran darah pada tubuh si kecil yang kurang lancar sehingga ia akan merasa pegal-pegal. Untuk mengatasi masalah seperti itu, anda bisa melakukan baby massage.

Membantu Si Kecil Bernafas Lebih Teratur

Baby massage atau pijat bayi akan membantu si kecil bernafas lebih teratur. Jika bunda merasa pola bernafas  anak bunda tidak teratur, maka bunda bisa mengurangi keadaan ini dengan melakukan pijat bayi.

Menstimulasi Kerja Hormon Pertumbuhan

Selain dapat membantu pernafasan, melakukan pijat bayi juga bermanfaat untuk membantu menstimulasi hormon pertumbuhan. Jika bayi anda sedang dalam masa pertumbuhan maka ia tentunya memerlukan hormon pertumbuhan yang bekerja dengan baik. Baby massage atau pijat bayi menjadi cara yang tepat untuk menstimulasi kinerja hormon tersebut. Berdasarkan sebuah studi, bayi prematur yang sering melakukan pijat dengan rutin akan mengalami kenaikan berat badan yang siginifikan jika dibandingkan dengan bayi yang tidak melakukan pijat.

Merangsang Perkembangan Otak Bayi

Pijat bayi juga dapat membantu merangsang perkembangan otak si kecil menjadi lebih baik. Sentuhan yang diberikan saat pijat akan meningkatkan perkembangan neurological. Mengetahui seperti itu maka penting untuk melakukan baby massage, apalagi pada tahun pertama usianya karena pada usia tersebut pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil berjalan dengan cepat. ( Lihat juga : Sebetulnya Baby Spa Untuk Bayi Berapa Bulan? )

Meningkatkan Sistem Imun Si Kecil

Baby massage juga akan dapat membantu meningkatkan sistem imun si kecil. Berdasarkan penelitian, bayi  yang melakukan pijat dengan rutin biasanya jarang mengalami demam maupun diare. Proses pencernaan si kecil akan menjadi lebih lancar, sebab sentuhan saat pijat mampu meningkatkan sekresi hormon pencernaan.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment