Manfaat Pijat Dada dan Punggung Untuk Bayi

Manfaat Pijat Dada dan Punggung Untuk Bayi

Manfaat Pijat Dada dan Punggung Untuk Bayi – Salah satu perawatan yang bisa diberikan pada si kecil yaitu memberikan pijatan lembut. Pijatan pada tubuh si kecil memberikan banyak manfaat yang akan membantu proses perkembangan tubuh si kecil.

Pijatan lembut dapat diberikan sehingga si kecil merasa nyaman. Pijatan pada setiap bagian tubuh memiliki manfaat yang berbeda, termasuk untuk dada dan punggung. Tentunya pemijatan yang dilakukan harus lembut dan hati-hati. Nah, berikut ini manfaat pijat dada dan punggung untuk bayi.

Manfaat Pijat Dada dan Punggung Untuk Bayi

Manfaat Pijat Dada

Pijatan yang dilakukan pada bagian dada si kecil bermanfaat untuk merangsang saraf otonom peristaltik. Yaitu gerak otomatis yang akan memberikan dorongan pada sisa makanan dalam tubuh si kecil. Selain itu, pijatan yang lembut di bagian dada si kecil bermanfaat untuk membantu memperlancar proses pernapasan.

Manfaat Pijat Punggung

Sementara pijatan di bagian punggung si kecil bertujuan untuk membuat punggung bayi rileks, yang mana punggungnya mungkin kelelahan karena ia sering digendong maupun telentang. Selain itu, manfaat pijat punggung lainnya yaitu untuk kemampuan serta kelenturan otot si kecil pada seluruh punggung sehingga akan dapat membentuk postur tubuh si kecil dengan baik.

Nah, secara umum ada banyak manfaat pijat pada bayi yang akan si kecil dapatkan. Berikut ini beberapa manfaat pijat bayi.

  • Membuat si kecil merasa nyaman dan lebih tenang. Pijatan yang diberikan pada bayi akan membuat si kecil merasa lebih nyaman dan tenang. Pijat bayi akan merangsang sistem saraf pusat. Sentuhan fisik yang diberikan pada bayi akan mengirimkan sinyal ke otaknya untuk lebih banyak memproduksi endorfin dan serotonin, yakni hormon yang akan membuat perasaan lebih nyaman dan bahagia. Hormon ini juga bermanfaat mengurangi sakit yang si kecil rasakan.
  • Membantu melancarkan sistem pencernaan. Pijatan yang dilakukan pada bayi akan membuat sistem pencernaannya menjadi lebih nyaman, serta bergerak dengan lebih lancar. Saat si kecil rewel yang disebabkan karena masalah pada pencernaan, seperti sembelit, perut kembung ataupun kolik, setelah mendapatkan pijatan si kecil akan merasa lebih nyaman.
  • Membuat tidur lebih nyaman dan nyenyak. Pijatan yang diberikan pada bayi akan membuat siklus tidur si kecil menjadi lebih teratur. Si kecil akan lebih banyak tidur ketika malam hari dan aktif saat siang hari. Si kecil yang sering dipijat diketahui akan mempunyai kadar melatonin lebih tinggi. Melatonin ini yang akan membuat tubuh mengantuk.
  • Mengurangi kadar bilirubin. Setelah lahir, biasanya bayi mengalami masalah kuning. Dimana perubahan warna kulit bayi ini disebabkan karena kadar bilirubin yang meningkat. Menurut penelitian menyatakan, bahwa bayi kuning yang diberikan pijatan selama 15 hingga 20 menit, serta fototerapi lebih cepat mengalami perbaikan dibandingkan bayi yang hanya mendapatkan fototerapi saja.
  • Menenangkan, serta mengurangi frekuensi menangis si kecil.
  • Membantu menambah berat badan harian si kecil.
  • Meningkatkan kesadaran tubuh si kecil.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga : Penting Diketahui, Inilah Hal yang Harus Dihindari Saat Pijat Bayi

Itulah manfaat pijat perut dan punggung bayi, serta manfaat pijat bayi secara umum. Semoga bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment