Manfaat Pijat I Love You Untuk Bayi

Manfaat Pijat I Love You Untuk Bayi

Manfaat Pijat I Love You Untuk BayiPijat bayi mempunyai beberapa variasi teknik, salah satunya teknik I Love You. Pijat I Love You ini merupakan variasi pijat di bagian perut dan efektif mengatasi berbagai masalah kesehatan. Pijat ini dilakukan dengan membentuk gerakan I, L dan U.

Pijat I Love You memberikan banyak manfaat untuk si kecil. Nah, berikut ini manfaat pijat dengan teknik I Love You.

Manfaat Pijat I Love  You Untuk Bayi

Manfaat Pijat I Love You Untuk Bayi

Adapun beberapa manfaat pijat I Love U untuk bayi yaitu seperti berikut ini:

Mengatasi Masalah Konstipasi

Bayi yang sudah mengonsumsi MPASI mempunyai risiko yang lebih besar mengalami konstipasi. Kondisi ini dianggap wajar karena si kecil berada pada fase peralihan, yaitu dari makanan cair ke padat. Sehingga sistem pencernaannya akan mulai beradaptasi dan dapat memicu masalah konstipasi.

Konstipasi atau sembelit akan menyebabkan intensitas BAB berkurang. Si kecil akan kehilangan nafsu makan dan bisa mengalami gejala lainnya seperti perut kembung, mual dan BAB yang terasa tidak tuntas. Apabila kondisi ini tidak diatasi dengan baik, maka nutrisi yang didapatkan anak berkurang. Untuk membantu mengatasi masalah konstipasi anda bisa melakukan pijat I Love You.

Pijat I Love You pada si kecil yang dilakukan pada perut dengan baik dan benar akan mampu mengurangi gejala konstipasi.

Mengurangi Cegukan

Kondisi cegukan pada si kecil wajar terjadi dan biasanya dialami setelah menyusu atau saat si kecil bersemangat. Ketika organ tubuh si kecil semakin matang, intensitas cegukan biasanya akan mulai berkurang.

Cegukan yang dialami bayi bisa diatasi dengan langkah sederhana seperti berhenti memberikan ASI, memeluk, membuat si kecil bersendawa hingga memperbaiki posisi tidurnya. Akan tetapi jika tidak berhasil, anda bisa melakukan pijat I Love You untuk membantu mengurangi ketegangan diafragma.

Jika anda ingin melakukan pijat I Love You untuk mengurangi cegukan, anda bisa memposisikan bayi tegak, lalu memberikan pijatan lembut. Anda bisa memulainya dari punggung bawah sampai bahu dengan gerakan melingkar.

Menurunkan Risiko Batuk

Ketika si kecil batuk anda tentunya akan merasa khawatir, apalagi bayi tidak boleh sembarangan diberikan obat. Untuk membantu mengatasi batuk pada bayi, anda bisa melakukan pijat I Love You.

Dalam menerapkan pijat I Love You, anda bisa memanfaatkan minyak dan menggosokannya pada tubuh si kecil dengan membentuk lingkaran kecil. Anda bisa menggosok area dada si kecil dengan menggunakan gerakan memutar satu tangan.

Lalu anda bisa memijat kembali wajah si kecil di bagian alis ke hidung dan pipinya. Beberapa gerakan ini dapat diulang untuk membantu mengeluarkan lendir pada sinus.

Membuat Tidur Bayi Lebih Nyenyak

Pijatan lembut dengan teknik I Love You akan dapat membuat tubuh si kecil lebih rileks dan membuat tidur si kecil lebih nyenyak. Pijatan ini akan membuat si kecil merasa nyaman dan tidak akan rewel saat tidur.

Membangun Ikatan dengan Orangtua

Pijatan dengan teknik I Love You dapat membangun ikatan antara orangtua dengan buah hatinya. Pijatan lembut yang dilakukan dengan intens akan mempererat ikatan orangtua dan anak, terutama jika ada kontak kulit, mata, suara dan interaksi.

Bayi untuk pertama kalinya belajar komunikasi dari sentuhan yang orangtuanya berikan. Pijat I Love You ini akan bermanfaat positif bagi hubungan orangtua dan anaknya.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment