Manfaat Pijat Kaki Bayi

Manfaat Pijat Kaki Bayi

Manfaat Pijat Kaki Bayi – Pijat bayi bukan hanya sekedar tren semata. Namun, aktivitas ini memiliki banyak manfaat untuk si kecil. Nah, adapun beberapa manfaat pijat bayi di antaranya seperti :

Manfaat Pijat Kaki Bayi
  • Membuat si kecil merasa lebih nyaman dan tenang. Pijatan akan merangsang sistem saraf pusatnya. Sentuhan yang diberikan pada bayi akan mengirimkan sinyal pada otaknya untuk produksi serotonin dan endorfin, yakni hormon yang akan membuat perasaan nyaman dan bahagia.
  • Pijat bayi juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.
  • Menurut sebuah penelitian menyatakan, bahwa pijatan pada bayi akan dapat membuat siklus tidur si kecil menjadi teratur. Pijatan juga akan membuat tidur bayi menjadi lebih nyenyak.
  • Jika dilakukan oleh ibu, pijatan akan dapat memperkuat hubungan orangtua dan bayi.
  • Menenangkan, serta mengurangi frekuensi menangis pada si kecil.
  • Membantu menambah berat badan harian.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.

Pijatan yang diberikan pada bayi tentu harus dilakukan dengan lembut, pelan dan hati-hati. Pijatan biasanya akan diberikan pada tiap bagian tubuh si kecil, termasuk pada kakinya. Pijat kaki pada bayi itu sendiri memiliki beberapa manfaat. Nah, adapun manfaat pijat kaki bayi yaitu seperti berikut ini.

Manfaat Pijat Kaki Bayi

Biasanya pijatan pada kaki serta telapak kaki bayi dilakukan saat awal pijat bayi. Pasalnya si kecil pada umumnya sudah terbiasa disentuh bagian kakinya. Pijatan yang diberikan pada bagian kaki dan telapak kaki si kecil memiliki manfaat sebagai proses menyiapkan pijatan.

Ketika memijat kaki bayi, anda tentu harus memperhatikan reaksinya. Apabila si kecil terlihat menikmati pijatan dan menatap wajah anda, maka pijatan bisa anda teruskan pada tahap selanjutnya. Namun, jika si kecil justru malah menjadi rewel, gelisah dan menangis, itu tandanya si kecil tidak nyaman dan sudah tidak ingin dipijat lagi. Anda bisa menghentikan pijatan dan mencoba lagi memijat si kecil di lain waktu.

Pijat pada kaki bayi itu sendiri selain sebagai persiapan sebelum si kecil dipijat, juga memberikan banyak manfaat yang lainnya yaitu menghilangkan refleks mencengkram pada kaki si kecil. Anda bisa memperhatikannya sendiri, biasanya kaki bayi tidak menapak sempurna jika sedang berada pada posisi berdiri. Kaki si kecil posisinya seperti mencengkram lantai. Nah, melakukan pijat bayi dengan rutin akan membantu menghilangkan hal ini. Dengan begitu akan membantu si kecil dalam mengembangkan kematangan saraf yang si kecil butuhkan untuk belajar berjalan.

Pijatan yang diberikan tentu harus dilakukan dengan lembut pada setiap bagian tubuh si kecil, termasuk pada kaki. Anda dapat mengusap kaki si kecil mulai dari bagian paha, kemudian ke telapak kaki dengan menggunakan tangan seperti ketika memerah susu sapi. Lalu anda bisa melakukan langkah yang sama pada bagian telapak kaki ke arah paha bayi. Anda juga dapat memijat telapak kaki si kecil dengan lembut. Gerakannya memutar memakai ibu jari serta telunjuk anda.

Pijat bayi merupakan salah satu perawatan bayi yang memberikan manfaat penting untuk perkembangan si kecil. Nah, jika anda masih ragu memijat bayi anda sendiri, anda bisa mengunjungi klinik baby spa dengan terapis yang sudah berpengalaman dan bersertifikat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment