Manfaat Pijat Laktasi Untuk Ibu Menyusui

ASI atau air susu ibu memiliki manfaat penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Mengetahui seperti itu, setiap ibu tentu menginginkan proses menyusui dapat berjalan lancar. Hanya saja, terkadang kenyataannya tidak sesuai dengan keinginan. Pasalnya ada beberapa ibu menyusui yang mengeluhkan keluarnya ASI tidak lancar.

Keluarnya ASI yang tidak lancar disebabkan karena berbagai faktor. Salah satu penyebabnya yaitu karena ibu mengalami stres. Nah, untuk mengatasi stres, membuat ibu tenang dan nyaman saat proses menyusui, ibu dapat melakukan pijat laktasi. Dengan melakukan pijat laktasi maka  produksi hormon oksitosin akan terpicu. Hormon oksitosin itu sendiri merupakan hormon yang memiliki peran penting untuk pengeluaran ASI. ( Baca juga : Pijat Kehamilan, Boleh Atau Tidak? )

Manfaat Pijat Laktasi

Manfaat Pijat Laktasi Untuk Ibu Menyusui

Berikut ini beberapa manfaat baik pijat laktasi untuk ibu menyusui.

Melancarkan Produksi ASI

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pijat laktasi dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Teknik pijat yang dapat memperlancar ASI yaitu dilakukan pada area payudara.

Membuat Ibu Lebih Rileks

Setelah melahirkan, ibu harus merawat bayinya sepanjang hari. Disamping itu ibu menyusui harus nyaman dan tenang guna keluarnya ASI dengan optimal. Untuk membuat ibu rileks dan nyaman, pijat laktasi dapat membantu. Pastikan ibu melakukan pijat oleh terapis profesional untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Membantu Membersihkan Saluran Susu

Pijat laktasi atau pijat payudara dapat membantu ibu untuk membersihkan saluran susu, sehingga dengan begitu aliran ASI akan menjadi lebih lancar, juga payudara akan kosong lebih cepat. Hal ini akhirnya akan dapat membantu memacu produksi ASI yang semakin berlimpah.

Melancarkan Sirkulasi Pembuluh Getah Bening dan Pembuluh Darah

Pijat payudara juga dapat membantu ibu dalam memperlancar sirkulasi pembuluh darah dan pembuluh getah bening di sekitar payudara.

Mencegah Sumbatan Susu

Pijat payudara dapat membantu ibu mencegah terjadinya sumbatan pada saluran susu, sehingga produksi ASI akan tetap lancar dan kebutuhan ASI si kecil tetap terpenuhi.

Alternatif Lainnya Agar ASI Lancar

Selain melakukan pijat laktasi, agar ASI lancar tentu anda harus memperhatikan hal penting lainnya. Berikut ada beberapa cara agar produksi ASI banyak.

Memberikan ASI Lebih Sering

Bagi ibu menyusui memberikan ASI lebih sering pada si kecil tentu dianjurkan. Rangsangan alami dari mulut bayi akan mempengaruhi produksi ASI. Nah, jika anda sering memberikan ASI pada bayi maka produksi ASI pun akan menjadi lebih lancar.

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Gizi dan nutrisi memang memiliki pengaruh terhadap produksi ASI. Mengetahui seperti itu, penting bagi ibu menyusui untuk memperhatikan asupan gizi dan nutrisi.

Berikan ASI Secara Bergantian

Anda mungkin akan merasa lebih nyaman memberikan ASI hanya pada salah satu payudara saja. Namun, hal itu tidak dibenarkan sebab akan membuat produksi ASI pada salah satu payudara menjadi terhambat. Oleh karena itu, penting untuk memberikan ASI dengan bergantian. ( Lihat juga :  Bagaimanakah Cara Memijat Payudara Agar ASI Lancar Yang Paling Tepat? )

Itulah manfaat pijat laktasi untuk ibu menyusui. Pastikan anda melakukan pijat oleh terapis profesional. Jika akan melakukan pijat sendiri, pastikan anda melakukannya sesuai dengan aturan.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment