Manfaat Pijat Nifas

Manfaat Pijat Nifas Setelah Melahirkan

Manfaat Pijat Nifas – Selama sembilan bulan mengandung tubuh ibu akan mengalami perubahan. Sedangkan setelah melahirkan, tubuh ibu akan kembali mengalami  proses pemulihan seperti sediakala. Bahkan beberapa ibu juga mungkin mengalami stres berkenaan dengan perubahan hormon setelah melahirkan.

Melakukan pijatan setelah melahirkan memberikan banyak manfaat, serta akan membantu proses pemulihan. Namun untuk ibu yang melahirkan dengan operasi caesar sebaiknya tunggu hingga pulih untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan.

Ingin tahu apa saja manfaat pijat nifas setelah melahirkan? Yuk simak di bawah ini. ( Baca juga : Pijat Kehamilan, Boleh Atau Tidak? )

Manfaat Pijat Nifas

Manfaat Pijat Nifas Setelah Melahirkan

Banyak manfaat pijat nifas setelah melahirkan yang akan anda dapatkan. Ingin tahu apa saja? Yuk simak berikut ini.

  • Saat proses melahirkan buah hati ke dunia tubuh ibu akan meregang, khususnya pada beberapa bagian tertentu seperti punggung, perut, dan panggul. Setelah melahirkan anda akan merasa lebih nyaman saat melakukan pijat. Pijatan lembut yang diberikan akan membantu meredakan titik nyeri pada tubuh ibu, serta menghilangkan tegang pada otot. Selain itu, pijatan juga akan membantu meningkatkan aliran  darah, serta oksigen ke dalam otot. Nyeri-nyeri yang anda rasakan pada tubuh akan menjadi lebih reda.
  • Pijat nifas akan membantu melepaskan hormon endorfin pada otak yang merupakan hormon perada nyeri alami.
  • Saat dipijat tubuh anda akan diberikan pijatan lembut dengan gerakan mengusap, memberikan tekanan dan meremas. Gerakan-gerakan ini akan membantu memulihkan tubuh setelah anda melahirkan.
  • Pijat nifas yang dilakukan setelah melahirkan normal juga bermanfaat untuk melepaskan hormon oksitosin yang dapat membantu merangsang pengeluaran ASI sehingga proses menyusui pada buah hati menjadi lebih lancar. Seperti yang kita ketahui ASI merupakan sumber makanan utama untuk si kecil. Proses menyusui yang lancar dengan kuantitas ASI yang mencukupi akan bermanfaat untuk tumbuh kembang buah hati anda. Dengan pijatan lembut pada payudara saluran kelenjar susu yang mengalami sumbatan akan terbuka. Ini bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya radang kelenjar pada payudara atau yang lebih sering disebut dengan mastitis.
  • Jika melakukan pijatan dengan menggunakan minyak almond, maka akan bermanfaat juga untuk membantu dalam menyamarkan stretch marks yang anda alami.
  • Pijatan yang dilakukan setelah melahirkan juga akan membantu mengurangi kemungkinan terjadinya kram pada otot.
  • Dengan melakukan pijat daya tahan tubuh, serta aliran limfe akan meningkat.
  • Setelah melahirkan anda butuh menyesuaikan pola hidup sebelumnya dengan pola hidup yang baru. Sebab kini anda harus mulai menjalankan peran seorang ibu, mengurus anak dan rumah tangga. Tak jarang keadaan ini membuat anda tertekan atau bahkan sampai stres. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi stres setelah melahirkan yaitu dengan melakukan pijatan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pijat Nifas

Jika anda melakukan proses persalinan dengan operasi caesar, untuk melakukan pijat nifas sebaiknya anda menunggu hingga beberapa waktu atau hingga anda pulih. Anda dapat melakukan konsultasi pada dokter untuk mengetahui waktu yang  tepat kapan anda boleh melakukan pijat setelah melahirkan dengan operasi caesar. ( Lihat juga : 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pijat Prenatal )

Setelah melahirkan ada beberapa bagian yang harus dihindari untuk dilakukan pijatan. Maka dari itu, pijatlah oleh terapis profesional yang sudah mengetahui dan paham betul bagian mana yang boleh dipijat atau tidak boleh dipijat setelah melahirkan, baik normal ataupun caesar.

Demikian beberapa manfaat pijat nifas setelah melahirkan. Semoga bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment