Inilah Manfaat Prenatal Yoga Bagi Ibu Hamil

Untuk menjaga kebugaran tubuh ibu hamil harus tetap aktif bergerak. Ibu hamil dapat melakukan prenatal yoga atau yoga ibu hamil. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, namun juga dapat membantu untuk mempersiapkan persalinan, serta menjaga kesehatan bayi dalam kandungan. Nah, di bawah ini beberapa manfaat prenatal yoga untuk ibu hamil.

Manfaat Prenatal Yoga

Manfaat Prenatal Yoga Bagi Ibu Hamil

Saat kehamilan tubuh ibu akan mengalami perubahan yang akan berdampak terhadap kesehatan. Untuk menjaga kesehatan saat hamil, baik itu kesehatan fisik atau mental, salah satu caranya yaitu melakukan yoga untuk ibu hamil. Yuk simak beberapa manfaat prenatal yoga di bawah ini.

Membuat Tubuh Agar Tetap Kuat, Sehat dan Aktif

Ketika hamil tubuh anda akan mengalami perubahan, tidak hanya secara fisik namun juga hormonal maupun emosional. Hormon akan mengalami peningkatan, seperti hormon progesteron, estrogen, relaxin, prolaktin dan oksitosin dan dapat membuat tubuh anda berubah. Dengan melakukan latihan yoga akan dapat membantu anda  beradaptasi  terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh.

Selama anda mengandung selama 9 bulan lamanya, tubuh bagian bawah anda membawa beban yang berat karena pertumbuhan si kecil. Ketika melakukan prenatal yoga, terdapat gerakan yang dapat membantu tubuh sehat, kuat dan rileks saat masa kehamilan.

Meningkatkan Keseimbangan Tubuh, Serta Mengurangi Sakit Pada Pinggang

Masalah umum yang biasanya dialami oleh ibu hamil yaitu tubuh kehilangan keseimbang. Serta pertumbuhan si kecil di dalam kandungan biasanya menyebabkan sakit pinggang. Dengan melakukan gerakan yoga akan dapat membantu sirkulasi tubuh, membantu meregangkan otot pinggang, serta melatih keseimbangan tubuh.

Belajar Teknik Pernapasan

Melakukan teknik pernapasan memiliki manfaat yang baik untuk fisik dan mental anda. Pada masa kehamilan, perubahan hormon selain mempengaruhi fisik juga membuat emosi anda naik turun. Atau bahkan anda sering mengalami khawatir yang berlebihan yang dapat membuat pasangan anda merasa kebingungan.

Jika anda dapat bernapas dengan baik, maka dapat membantu anda untuk mengontrol emosi selama masa kehamilan. Dengan melakukan prenatal yoga, melakukan latihan teknik pernapasan akan dapat membuat kualitas napas anda meningkat, serta asupan oksigen menjadi maksimal.

Selain itu, saat proses melahirkan, pernapasan yang baik dapat membantu mengontrol atau mengurangi sakit ketika kontraksi.

Melatih Diri Serta Mempersiapkan Pinggul Untuk Persalinan

Dalam prenatal yoga banyak postur yang bertujuan untuk mempersiapkan otot pada area pinggul menjadi lebih lentur, serta fleksibel saat proses melahirkan. Selain melatih fisik, biasanya ada juga penggabungan dengan kesiapan mental, misalkan latihan untuk memadukan napas dan postur, serta mengontrol sakit yang muncul ketika kontraksi. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk proses melahirkan normal.

Membantu Relaksasi

Saat masa kehamilan anda mungkin cenderung merasa khawatir dan cemas. Selain membuat anda tidak nyaman dan was-was, rasa khawatir dan cemas ini akan dapat membuat anda sulit tidur. Bahkan, memasuki usia kehamilan trimester ketiga, sulit memilih posisi tidur dapat menyebabkan anda sulit tidur atau insomnia.

Melakukan latihan yoga dengan rutin dapat membantu anda menjadi lebih rileks dan tenang saat anda merasa cemas.

Sosialisasi dengan Ibu Hamil yang Berkunjung

Ketika anda mengikuti kelas yoga, anda bisa bersosialisasi bersama dengan ibu hamil yang lainnya. Selain bertukar informasi tentang kehamilan, anda juga dapat bertukar informasi seputar tempat persalinan dan lain sebagainya.

Menjalin Ikatan dengan Bayi dalam Kandungan

Ketika anda melakukan yoga saat hamil, terdapat banyak gerakan yang dapat membuat si kecil merasa nyaman. Selain itu, instruktur juga biasanya mengajarkan bagaimana cara berkomunikasi dengan buah hati. Misalkan mengusap perut sebelum anda memulai latihan yoga.

Lihat juga : Manfaat Pijat Ibu Hamil

Itulah beberapa manfaat prenatal yoga untuk ibu hamil. Ketika melakukan yoga anda harus didampingi oleh instruktur.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment