Lebih Dalam Memahami Manfaat Spa Bayi

Lebih Dalam Memahami Manfaat Spa Bayi

Lebih Dalam Memahami Manfaat Spa Bayi – Belakangan spa bayi atau yang lebih keren dikenal dengan baby spa menjadi fenomena perawatan bayi yang begitu populer. Tak heran, ketenaran ini membuat banyak orangtua berlomba-lomba untuk mendapatkan tempat spa yang nyaman untuk buah hatinya. Nah, sebelum mendaftar ke tempat spa bayi terlebih dahulu mari kita pahami manfaat dari spa bayi.

Spa bayi merupakan salah say bentuk perawatan tubuh dengan menggunakan air sebagai media utamanya. Perawatan semacam ini tergolong aman dilakukan untuk bayi berusia sekitar 3 sampai dengan 6 bulan.

Menurut seorang pakar kesehatan anak mengungkapkan bahwa spa bayi merupakan media komunikasi non verbal yang bisa dilakukan oleh seorang ibu. Selain itu, manfaat dari spa bayi pun akan sangat baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil dengan lebih baik.

Dalam melakukan komunikasi non verbal tersebut antara ibu dan bayinya. Maka anda perlu memahami satu hal yakni bahwa spa yang dilakukan pada bayi akan tentu berbeda dengan spa pada orang dewasa.

Sementara itu, pemijatan yang dilakukan pada bayi hanyalah pemijatan yang lembut dan tidak ada tekanan yang terlalu besar. Dengan demikian, anda hanya memberikan sentuhan lembut yang akan membuat si kecil merasa lebih nyaman.

Lebih Dalam Memahami Manfaat Spa Bayi

Lebih Dalam Memahami Manfaat Spa Bayi

Nah, untuk memahami lebih dalam apa saja manfaat spa bayi untuk si kecil. Maka mari kita simak beberapa informasinya dibawah ini.

Melancarkan Peredaran Darah

Sama halnya dengan orang dewasa yang seringkali merasakan tubuh yang tegang dan tidak nyaman. Pada bayi mereka pun akan mungkin mengalami kondisi yang sama. Meski tidak banyak bergerak dan tidak ada aktivitas yang cukup berarti yang dilakukan oleh seorang bayi.

Akan tetapi, rasa pegal dan tubuh yang terasa tidak nyaman akan mungkin dialami oleh para bayi. Sementara itu, pijatan bayi pada spa bayi akan memberikan sensasi yang nyaman untuk tubuh mungil mereka. Hal ini dikarenakan pijatan pada tubuh bayi meski dengan tekanan yang lembut akan mampu melancarkan peredaran darah didalam tubuhnya dengan lebih baik.

Sehingga si kecil akan dapat merasa lebih nyaman. Selain itu, pijatan lembut yang diberikan pada si kecil pun akan mempengaruhi kesehatan sistem kardiovaskulernya. Terutama pada bagian organ jantung si buah hati.

Selain itu, lancarnya peredaran darah dalam tubuh si kecil akan dapat mendukung dan membuat pertumbuhan pada usianya menjadi lebih pesat, Hal ini pun akan sangat berpengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh si kecil.

Selain itu, terjaganya sistem metabolisme dengan lebih akan membuat sistem daya tahan tubuhnya menjadi lebih kuat. Dengan demikian, si kecil pun akan lebih kebal terhadap serangan bakteri yang mungkin membuatnya sakit.

Memberikan Efek Relaksasi

Pijatan yang lembut dan relaksasi di tempat spa bayi akan tentu sama manfaatnya dengan yang dirasakan oleh orang dewasa. Hal ini akan mungkin membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan terasa lebih rileks. Begitupula yang dirasakan oleh bayi sewaktu mengikuti kelas spa bayi.

Tentunya hal ini berasal dari pijatan lembut yang membuat tubuh si kecil menjadi lebih rileks dan tenang. Hal ini pulalah yang akan dapat menentukan kecerian si kecil pada usianya.

Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa anak-anak yang terbiasa mendapatkan pijatan seperti di spa bayi. Menunjukan energi yang lebih positif. Anak-anak pun menjadi lebih ceria dan mereka pun menjadi lebih aktif secara fisik.

Selain itu, anak-anak pun menjadi lebih mandiri karena energi mereka yang terjaga dengan baik. Jadi demikian, untuk ibu yang ingin menunjang masa kecil si kecil dengan tubuhnya yang sehat dan bugar. Maka memberikan pengalaman spa bayi pada si kecil akan sangat bermanfaat untuk tubuhnya.

Menambah Nafsu Makan

Selain membuat si kecil menjadi lebih ceria. Manfaat lain yang akan bisa didapatkan si buah hati dari mengikuti kelas spa bayi adalah nafsu makannya yang semakin meningkat. Apalagi pada usia bayi tentu semua orangtua memahami bahwa pada usia ini mereka tengah membutuhkan banyak asupan gizi dan nutrisi.

Nafsu makan yang terkendala atau terhalang bisa mungkin membuat asupan gizinya menjadi sulit terpenuhi. Banyak anak-anak pada usia ini memang mengalami kesulitan makan dan bahkan nafsu makan tidak sebesar yang diharapkan.

Meski orangtua sudah berusaha dengan susah payah menyajikan aneka ragam makanan untuk diberikan pada si kecil. Namun ketika nafsu makan si kecil amat sedikit maka mungkin makanan yang disediakan menjadi sia-sia.

Namun dengan menyertakan si buah hati pada kelas spa bayi. Maka manfaatnya akan sangat baik untuk dapat menunjang nafsu makan si kecil dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan pijatan pada spa bayi akan memperlancar pencernaan si kecil. Dengan demikian, hal ini pun akan senantiasa meningkatkan nafsu makannya dengan baik.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Proses pemijatan di spa bayi kan membantu menstimulasi otot tubuh bayi menjadi lebih lentur dan sehat. Sehingga hal ini akan dapat menjauhkan mereka dari resiko kejang dan pegal-pegal yang cukup mengganggu. Tubuh yang seperti ini akan tentu memberikan rasa nyaman pada buah hati anda.

Hal inilah yang akan dapat menunjang waktu tidurnya dimalam hari. Karena tubuhnya yang rileks maka tidak ada alasan untuk si kecil menjadi rewel karena tubuhnya yang terasa tegang.

Dengan begini jam malam si kecil pun menjadi lebih menyenangkan. Tidurnya di malam hari pun akan tentu terasa lebih nyaman dan nyenyak. Sehingga bunda tidak akan lagi menjumpai anak yang rewel di malam hari dan susah tidur.

Selain itu, kualitas tidur yang terjaga baik pada si kecil akan tentu baik untuk mendukung tumbuh kembangnya secara fisik. Untuk itulah, hal ini akan sangat bermanfaat baik untuk buah hati anda. Jadi demikian, kini melihat banyaknya manfaat dari spa bayi maka bunda bisa memutuskan kapan untuk mendaftarkan si kecil ke tempat spa bayi pilihan anda.

Meningkatkan Daya Tanggap Bayi

Sentuhan dan pijatan yang diberikan pada rangkaian spa bayi memberikan pengaruh yang cukup baik untuk tubuh si kecil. Pijatan tersebut akan menstimulasi kemampuan motorik pada tubuh bayi dengan lebih baik. Hal inilah yang akan membuat bayi lebih cepat berkembang dan ia pun memiliki respon yang cepat tanggap. Dampak positifnya bayi akan semakin cerdas dan tidak mudah menangis.

Kemampuan eksplorasi dan rasa ingin tahu yang besar pada seorang bayi. Akan semakin membuatnya aktif, namun demikian ia pun akan tetap merasa ceria dengan lingkungan bermainnya. Karena tubuhnya yang rileks dan terasa nyaman akan tentu membuat hari-hari si kecil semakin bahagia.

Di usianya ia pun memiliki kecerdasan diatas bayi seusianya. Selain lebih aktif ia pun akan cenderung senang berinteraksi dengan hal-hal yang baru. Semua ini dikarenakan gerak motorik dan kemampuannya yang cenderung lebih cepat tanggap.

Ibu pun akan senang membawa si kecil dan berinteraksi dengan banyak orang. Si kecil pun akan senantiasa menjadi pusat perhatian karena tingkahnya yang lucu dalam merespon berbagai hal.

Memperbaiki Sistem Pernapasan Bayi

Perawatan baby sap yang dilakukan secara teratur akan sangat berguna untuk menjaga kesehatan bayi. Dalam waktu yang sama, hal ini pun akan dapat menjaga kesehatan pernapasan si kecil dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan pijatan lembut akan senantiasa membuat si kecil menjadi lebih rileks. Sehingga kondisi ini akan pula membuat denyut jantung si buah hati menjadi lebih baik dan napasnya pun menjadi lebih teratur.

Selain itu, kegiatan berenang pada spa bayi pun akan pula memberikan pengalaman baru untuk si kecil. Oleh karenanya adanya aturan tenggang usia yang memungkinkan si bayi siap atau belumnya mendapatkan spa bayi.

Dikarenakan pada masa ini bayi yang sudah mampu diajak ke spa bayi akan bisa mendapatkan pengalaman berharga ini.

Bayi dengan usia 3 bulan ke atas sudah mampu berinteraksi dengan air. Pada usia ini mereka pun sudah memiliki gerakan refleks untuk menahan nafas didalam air. Hal inilah yang akan melatih sistem pernapasannya dengan lebih baik. Sehingga ia pun menjadi lebih sehat.

Membuat Bayi Menjadi Lebih Aktif

Tahukah bunda bahwa perkembangan si kecil akan lebih cepat meningkat dengan perawatan baby spa. Hal ini dikarenakan di tempat ini kemampuan motorik si kecil akan dilatih dengan lebih baik. Selain itu, kemampuan si kecil untuk menyeimbangkan tubuhnya pada saat berenang dengan tekanan air. Pun menjadi hal penting dan pengalaman berharga untuk menstimulasi gerak motoriknya.

Dimana tentunya pengalaman dan pelatihan semacam ini tidak didapatkan di sembarang tempat. Termasuk mereka para bayi yang tidak diberikan pijatan atau diberikan pengalaman untuk merasa spa bayi.

Jadi demikian, mereka para bayi yang mendapatkan perawatan spa bayi akan cenderung lebih aktif dalam bergerak. Sehingga kemampuan mereka untuk merangkak dan berjalan pun akan berkembang dengan lebih pesat.

Hal ini tentu sekaligus menjadi bonus yang baik untuk para ibu dalam mendukung tumbuh kembang si kecil secara fisik. Dengan begini ibu pun mendukung si kecil untuk menjadi lebih unggul dibandingkan dengan anak-anak seusianya.

Bukan hanya itu, aktifnya pergerakan si buah hati juga terjadi sebab tubuhnya yang rileks dan terasa nyaman. Hal inilah yang membuat aktivitas mereka terasa lebih menyenangkan dan penuh dengan keceriaan.

Mempercepat Pertumbuhan Tulang

Latihan terapung didalam air dan teknik pemijatan yang dilakukan didalam rangkaian spa bayi. Akan senantiasa meningkatkan kepadatan tulang bayi. Hal ini pun akan pula mempercepat tumbuh kembang bayi dengan lebih baik.

Apalagi pada baby spa biasanya mereka lebih memfokuskan latihan tulang dan otot sehingga mereka selalu sehat. Dengan demikian, tak heran bila si kecil yang mendapatkan pengalaman mengikuti kelas spa bayi akan dapat bergerak lebih aktif.

Selain itu, lewat keaktifannya ini bunda pun tak perlu khawatir si kecil tidak mampu menyesuaikan dirinya. Karena selain tulangnya yang menjadi lebih kuat fisik si kecil pun sudah menjadi lebih kuat dibandingkan dengan anak-anak lainnya.

Mencegah Timbulnya Stress

Sama halnya dengan orang dewasa yang menjadi spa sebagai pengalihan untuk menghilangkan penat dan kejenuhan. Spa pada bayi pun memiliki efek yang serupa dan bermanfaat. Pijatan dan sentuhan yang diberikan pada saat spa bayi akan dapat memberikan relaksasi yang membuat tubuh bayi menjadi lebih nyaman.

Selain peredaran darah yang menjadi lebih lancar. Otot-otot yang menegang pada tubuh bayi pun akan diperbaiki dengan baik. Sehingga menjadi lebih lentur dan mampu memberikan efek yang lebih nyaman untuk si kecil.

Sebaliknya, tubuh yang kaku dan otot yang ditegang ditambah dengan banyaknya aktivitas fisik. Seringkali membuat tubuh lelah dan ketika kelelahan menumpuk hormon didalam tubuh seringkali tidak menentu. Ini pula yang terjadi dengan si kecil dimana pada saat kelelahan stress akan mudah mereka alami.

Stress pada bayi akan lebih sulit dikenali dibandingkan stress pada orang dewasa. Sebab pada masa ini bayi belum mampu untuk mengungkapkan kesakitan dan ketidak nyamanan yang terjadi dalam tubuhnya.

Yang ada mungkin mereka hanya rewel dan merengek dimana kondisi ini bisa mungkin membuat bunda pun panik. Namun dengan spa bayi atau pijatan bayi yang mampu merelaksasi tubuh si kecil. Maka stress akan mudah untuk dihindarkan dan diredakan dengan baik. Sehingga si kecil menjadi lebih bahagia dan ceria.

Meningkatkan Kesehatan Kulit Bayi

Air merupakan salah satu sahabat manusia. Manusia mandi dengan menggunakan air untuk membilas kotoran dan kuman dari tubuhnya. Selain itu, air pun memiliki kandungan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Dengan melakukan spa bayi maka tentu saja manfaat baik dari air akan sangat baik untuk si buah hati. Hal ini akan dapat membantu menutrisi kulit si kecil. Akibatnya kulit si kecil menjadi lebih halus, lembut dan lebih kenyal.

Selain itu, terjaganya kebutuhan air didalam tubuh si kecil akan dapat menghindarkan si kecil dari kulit yang kering. Karena dengan begini kelembapan kulit si kecil senantiasa terjaga dengan baik.

Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Bayi

Manfaat selanjutnya yang akan didapatkan si kecil dari mengikuti kelas spa bayi adalah interaksi sosial pada bayi. Pada kelas spa bayi biasanya dilakukan di tempat tertentu. Seperti misalkan pada kelas baby swim. Pada beberapa tempat spa bayi akan berenang dengan beberapa bayi lainnya di tempat yang sama.

Dimana hal ini akan tentu mempertemukan si kecil dengan banyak teman di usianya. Hal ini pun akan secara otomatis membuat si kecil mampu meningkatkan interaksi sosial dengan bayi-bayi lainnya.

Tahukah bunda manfaat dari semakin besarnya interaksi sosial pada saat si kecil masih bayi adalah akan mampu membuat si kecil merasa lebih percaya diri. Sehingga ia pun akan dapat berbaur ketika mereka masuk ke lingkungan yang baru.

Ketika anak diajarkan sejak kecil di lingkungan yang baru dengan banyak orang didalamnya. Maka ini akan menjadi media yang baik untuk melatih si buah hati untuk tidak menjadi anak yang pemalu atau anak yang murung.

Memperkenalkan Bayi dengan Dunia Luar

Membawa serta si kecil ke tempat spa sama artinya dengan memperkenalkannya dengan dunia luar. Jarak antara tempat spa yang lumayan akan senantiasa menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk buah hati anda.

Dengan demikian, pemandangan dan tempat eksplorasi bagi buah hati tidak terbatas di rumah saja. Hal ini akan pula menjadi media yang baik untuk si kecil mengenali tempat baru dengan pemandangan yang baru.

Author Info

Bella

No Comments

Post a Comment