Mengenal Nebulizer dan Manfaatnya Untuk Bayi

Mengenal Nebulizer dan Manfaatnya Untuk Bayi

Mengenal Nebulizer dan Manfaatnya Untuk Bayi – Batuk dan pilek pada bayi memang menjadi permasalahan kesehatan yang rentan terjadi. Apalagi menghadapi musim penghujan seperti ini. Penularan flu dan batuk bisa terjadi dengan sangat mudah dan sangat cepat. Akibatnya, si kecil bisa mungkin merasa tidak nyaman. Hidung tersumbat, saluran pernapasan terasa berat dan lain sebagainya.

Mengenal Nebulizer dan Manfaatnya Untuk Bayi

Bila tidak segera ditangani maka biasanya mereka akan mudah menangis dan rewel. Akibatnya, ketika si kecil sudah sering merengek ibu akan dibuat bingung dan panik. Namun sebenarnya, flu dan batuk pada si buah hati dapat diatasi dengan cepat melalui terapi nebulizer atau yang lebih sering disebut dengan nebu. Nah, untuk ibu yang belum terlalu paham apa sih itu nebulizer dan seperti apa manfaatnya untuk si kecil? Tak perlu khawatir simak dibawah ini.

Apa Itu Nebulizer?

Nebulizer adalah alat yang berguna untuk mengencerkan dahak. Melalui alat ini, obat cair akan diubah menjadi uap, lalu dengan menggunakan masker wajah, uap tersebut akan dihirup kedalam saluran pernapasan. Terapi nebu akan dapat bermanfaat untuk mereka yang sedang dalam kondisi batuk dan pilek dengan dahak yang kental.

Selain itu, penderita asma dan penderita gangguan saluran pernapasan lainnya akan dapat terbantu dengan menggunakan terapi yang satu ini. Terutama si kecil yang biasanya belum mampu menahan rasa tidak nyaman yang dihasilkan akibat flu dan batuk yang mereka derita. Selain itu, nebulizer pun pada dasarnya akan lebih mudah digunakan pada anak-anak dan bayi sebab pada usia ini mereka tidak perlu memerlukan koordinasi.

Si kecil hanya perlu duduk dipangkuan ibu atau ayahnya dan dekatkan masker wajah dari nebulizer serta biarkan uapnya terhirup ke bagian pernapasannya. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal terapi nebu perlu dilakukan beberapa kali sampai lendir atau dahak disaluran pernapasan mulai mereda.

Manfaat Nebulizer Untuk Bayi

Nah, setelah membahas apa itu nebulizer selanjutnya kita akan bahas apa saja manfaat yang bisa dirasakan dari penggunaan alat ini untuk bayi yang sedang menghadapi kondisi gangguan saluran pernapasan akibat dahak yang tersendak. Apa saja manfaatnya? Mari simak informasi menariknya dibawah ini hanya untuk anda.

Mengatasi Radang Saluran Pernapasan

Pengobatan gangguan pernapasan melalui terapi nebu merupakan bagian dari terapi inhalasi dimana obat langsung dihirup kebagian saluran pernapasan dalam bentuk uap. Sehingga hal ini akan mampu melebarkan (dilatasi) saluran pernapasan pada bayi.

Pengobatan semacam ini pun akan dapat mengatasi radang pada saluran pernapasan. Yang mana ketika kondisi ini terjadi biasanya bayi akan merasa semakin tersiksa. Sementara terapi nebu terbilang cukup efektif dan tidak menyakitkan. Bahkan bayi bisa lebih nyaman dengan duduk dipangkuan orangtuanya ketika melakukan terapi yang satu ini. Dengan demikian, mereka pun akan terhindar dari menangis histeris.

Mengeluarkan Dahak dengan Lancar

Penderita flu dan batuk biasanya akan kesulitan dalam mengeluarkan dahak. Tersendatnya dahak pada bagian saluran pernapasan biasanya akan dapat menimbulkan mampet atau suara yang serak. Apalagi yang terjadi pada bayi biasanya mereka belum mampu untuk mengeluarkan dahak dengan memencet hidung mereka sambil mengempaskan udara keluar.

Kondisi semacam inilah yang akan mungkin membuat flu dan batuk pada anak-anak dan bayi terasa semakin buruk. Nah, lewat terapi nebu dahak tersebut akan dapat dikeluarkan dengan lebih mudah dan lebih lancar. Tanpa perlu mereka berjuang dengan meniup hidung mereka sendiri.

Mengatasi Asma

Selain flu dan batuk, terapi nebu pun akan dapat bermanfaat dengan sangat baik untuk mereka yang menderita asma. Seperti yang kita ketahui, dampak dari asma akan dapat pengaruh buruk untuk si kecil. Kesulitan bernapas dan rasa menekan pada bagian dada akan mungkin membuat si kecil terlihat kesakitan.

Pada kondisi ini, tak jarang ibu pun akan menjadi panik dan tak karuan. Nah, daripada terus menerus panik dan memperkeruh suasana sebaiknya berikan terapi nebu pada saat gejala asma mulai menyerang si buah hati.

Hanya saja, hal penting yang perlu diperhatikan ketika menggunakan terapi nebu bukanlah sebagai penawar setiap kali si kecil menderita asma. Namun sebaiknya, upayakan agar ibu selalu menghindarkan si kecil dari pemicu asma seperti debu, udara dingin dan lain sebagainya alih-alih membiarkan kondisi ini karena merasa nebu menjadi hal yang dapat diandalkan.

Mengatasi Alergi

Selain beberapa kondisi diatas, terapi dengan menggunakan nebulizer pun terbukti dapat meredakan reaksi dari alergi yang terkait dengan gangguan pernapasan. Beberapa reaksi alergi bisa berupa rasa engap, tersedak dan lain sebagainya.

Nah, penggunaan terapi yang satu ini pun akan dapat bermanfaat untuk si kecil yang menunjukan reaksi alergi berupa gangguan pernapasan. Karena sebagaimana kita ketahui, penggunaan obat pada bayi adalah hal yang perlu dilakukan dengan hati-hati. Tidak sembarang obat akan dapat diberikan pada mereka sebab tubuhnya masih terlalu kecil untuk mencerna bahan kimia yang terkandung dalam obat-obatan sehingga akan dapat berdampak bahaya.

Membantu Meredakan Gejala Sinusitis

Terapi dengan menggunakan nebulizer pun akan dapat membantu mengurangi gejala awal sinusitis pada bayi. Bahkan apabila dilakukan secara rutin maka hal ini akan mampu menangani sinusitis yang masih ringan. Maka dari itu, ketika ibu mendapati si kecil menunjukan gejala sinusitis sebelum kondisi ini berubah menjadi lebih buruk daripada menggunakan obat-obatan yang belum tentu bisa diberikan dengan mudah karena mengingat bayi akan mudah mengamuk. Sebaiknya, pertimbangkan untuk menggunakan terapi yang satu ini.

Aturan Terapi Nebulizer

Untuk menjaga keamanan serta memastikan agar terapi yang satu ini dapat berjalan dengan efektif pada si buah hati. Berikut ini adalah aturan yang perlu diperhatikan dengan baik.

Ikuti Saran Dokter!

Dapat dikatakan bahwa nebulizer adalah terapi yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan penggunaan obat oral pada bayi. Hal ini dikarenakan pengaruh dari terapi uap ini tidak akan mengendap didalam darah sebagaimana konsumsi obat-obatan biasa.

Jadi demikian, efek samping dari obat ini akan sangat kecil. Penggunaan dari nebulizer pun ampuh sama dengan obat oral yang dikonsumsi selama tiga kali dalam satu hari. Bila anda melakukan nebulizer di tempat spa seperti Revina spa maka dosis sudah disesuaikan dengan berat badan bayi. Sebaliknya, bila anda hendak menggunakan sendiri terapi yang satu ini maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar lebih aman.

Nah, demikianlah pengenalan dan manfaat dari terapi nebulizer. Beberapa tempat spa bayi biasanya menyediakan terapi yang satu ini dimana anda bisa dengan mudah mengikutinya. Seperti halnya klinik Revina Baby Spa.

Author Info

Bella

No Comments

Post a Comment