Hal yang Harus Dihindari Saat Pijat Bayi

Penting Diketahui, Inilah Hal yang Harus Dihindari Saat Pijat Bayi

Hal yang Harus Dihindari Saat Pijat Bayi– Saat ini perawatan baby spa tengah populer. Salah satu rangkaian dari baby spa yaitu pijat bayi. Pijat bayi dilakukan dengan memberikan sentuhan-sentuhan lembut pada bagian tubuh si kecil. Tentunya perawatan pijat bayi ini memiliki beragam manfaat yang akan membantu tumbuh kembang si kecil.

Adapun beberapa manfaat pijat bayi di antaranya yaitu melancarkan sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi, memperbaiki kualitas tidur si kecil, melancarkan aliran darah dan lain sebagainya.

Pijat bayi tentu harus dilakukan dengan tepat. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dan dihindari saat memijat bayi. Adapun beberapa hal yang harus dihindari saat memijat bayi seperti berikut ini.

Hal yang Harus Dihindari Saat Pijat Bayi

Hal yang Harus Dihindari Saat Pijat Bayi

Agar manfaat pijat bayi yang didapatkan si kecil optimal, maka anda harus melakukan pijat dengan baik dan benar. Ada beberapa hal yang harus dihindari seperti berikut ini.

  • Hindari memijat si kecil setelah minum atau makan.
  • Ketika si kecil tidur, jangan sengaja dibangunkan untuk dilakukan pijat. Karena hal ini akan membuat si kecil rewel dan tidak nyaman saat dipijat.
  • Hindari memijat bayi saat kondisinya sakit atau tidak fit. Perlu anda ketahui, pijat sifatnya stimulasi. Bukan untuk menyembuhkan bayi yang sedang sakit.
  • Hindari memijat si kecil dengan kondisi kuku panjang.
  • Hindari menggunakan perhiasan saat memijat buah hati.

Baca juga : Tips Agar Bayi Nyaman Saat Dipijat yang Penting Bunda Ketahui

Sementara itu, ada beberapa hal yang perlu anda siapkan sebelum memijat buah hati. Untuk mengetahuinya anda bisa simak di bawah ini.

  • Siapkan alas pijat yang lembut, empuk dan rata agar si kecil merasa nyaman.
  • Pastikan pijat bayi dilakukan di dalam ruangan yang hangat supaya si kecil tetap nyaman dan tidak masuk angin. Karena saat pijat biasanya pakaian si kecil akan dibuka.
  • Pastikan si kecil posisinya nyaman saat dipijat.
  • Saat memijat si kecil, sentuhan dan tekanan yang diberikan harus ringan dan lembut.
  • Agar si kecil semakin rileks, anda bisa memutar musik atau lagu.
  • Agar proses pijat lebih mudah, gunakan minyak pijat yang aman dan khusus untuk bayi. Anda harus mengetahui tips memilih minyak pijat bayi. Karena beberapa minyak pijat mungkin tidak cocok untuk buah hati.
  • Apabila pijat sudah selesai dilakukan, anda harus menyeka bayi dengan menggunakan air.

Saat memijat buah hati, disarankan untuk memijat area wajah terlebih dahulu supaya si kecil rileks dan menikmati sesi pijat. Apabila si kecil sudah menikmati sesi pijat, maka memberikan pijatan di bagian lainnya akan lebih mudah. Anda juga sebaiknya selalu menstimulasi panca indera si kecil yang lainnya. Misalkan memijat bayi sambil bernyanyi untuk menstimulasi pendengarannya. Tersenyum pada si kecil sambil menjaga kontak mata. Dimana hal ini penting agar ikatan antara ibu dan bayi kuat. Pastikan proses pijat dilakukan disaat waktu yang menyenangkan.

Nah, itulah beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat memijat buah hati. Selain itu, agar pijat bayi berjalan lancar anda juga sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang harus disiapkan seperti di atas. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment