Pentingnya Pijat Payudara

Mengetahui Pentingnya Pijat Payudara Saat Menyusui

Mengetahui Pentingnya Pijat Payudara Saat Menyusui – Pijat payudara menjadi salah satu aktivitas yang  dapat anda lakukan di masa menyusui. Melakukan pijat payudara akan banyak mendatangkan banyak manfaat penting untuk ibu menyusui. Lantas seberapa penting melakukan pijat payudara saat menyusui? Untuk mengetahui penjelasan pentingnya pijat payudara saat menyusui anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Pentingnya Pijat Payudara

Mengapa Pijat Payudara Penting Dilakukan Ibu Menyusui?

Menyusui merupakan tugas seorang ibu setelah melahirkan buah hatinya. Salah satu aktivitas yang akan mendukung proses menyusui yaitu pijat payudara. Pijat payudara penting dilakukan oleh ibu menyusui. Terutama jika ASI produksinya tidak lancar. Dengan melakukan pijat payudara ada banyak manfaat yang akan didapatkan seperti berikut ini:

Melancarkan Produksi ASI

Saluran produksi ASI sangat bercabang. Terkadang beberapa bagian mengalami sumbatan. Oleh karena itu, ibu membutuhkan pijat payudara agar tidak terdapat ASI yang tersisa. Dengan melakukan pijat payudara akan membantu mengosongkan ASI. Jika kantung-kantung ASI kosong, maka dengan otomatis otak akan terstimulasi untuk kembali memproduksi ASI. Dimana produksi ASI akan sesuai dengan jumlah ASI yang keluar.

Mencegah Mastitis

Mastitis merupakan kondisi dimana jaringan payudara mengalami peradangan. Dimana kondisi ini biasanya terjadi saat masa awal ibu menyusui buah hati. Mastitis dapat terjadi salah satunya disebabkan karena tidak lancarnya aliran ASI. Itu berarti kantung ASI ada banyak yang tersumbar sehingga cairan ASI tertahan di dalamnya. Dimana lama kelamaan akan menyebabkan payudara mengalami pembengkakan.

Oleh karena itu, dibutuhkan pijat payudara agar sisa ASI dapat keluar dengan mudah. Jika payudara anda sudah kencang, maka disarankan untuk memompa ASI. Namun, lakukan terlebih dahulu pijat payudara untuk mengeluarkan seluruh ASI yang ada.

Mencegah Ibu Mengalami Baby Blues

Baby blues merupakan kondisi saat ibu yang baru melahirkan mengalami mood swing, serta perasaan sedih. Dimana jika dibiarkan kondisi ini akan menjadi postpartum depression. Maka dari itu, dukungan dari suami dan keluarga sangat dibutuhkan setelah melahirkan.

Nah, sebagai salah satu cara untuk mencegah atau menghindari risiko baby blues pada ibu yaitu dengan melakukan pijat payudara. Dengan melakukan pijat payudara ibu akan merasa lebih tenang dan nyaman. Ini tentu akan  membuat ibu berpikir bahagia dan positif. Terlebih lagi jika ibu didukung oleh orang-orang yang ada di sekitarnya.

Membuat Puting Ibu Elastis

Tidak semua orang mempunyai puting dengan bentuk yang ideal. Karena kondisi puting, terkadang akan membuat si kecil kesulitan menyusu serta melakukan pelekatan dengan sempurna. Hal ini akan dapat membuat puting ibu luka yang disebabkan karena gesekan gusi si kecil yang kasar.

Semua bentuk puting sebenarnya dapat digunakan untuk menyusui si kecil. Ibu harus menstimulasinya supaya timbul dan menjadi elastis. Dimana salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan pijat payudara.

Artikel menarik lainnya : Manfaat Pijat Nifas Setelah Melahirkan

Itulah beberapa manfaat penting pijat payudara untuk ibu menyusui. Selain beberapa manfaat di atas, pijat payudara yang dilakukan dengan rutin akan dapat mendeteksi masalah kesehatan payudara, salah satunya kanker payudara. Jika rutin melakukannya, maka akan dengan mudah mengetahui adanya benjolan yang tidak biasa pada payudara. Jika hal ini anda rasakan ketika menyusui buah hati, maka anda harus segera melakukan konsultasi pada dokter.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment