Perlangkapan Bayi Berenang yang Harus Dibawa Saat Mengajak Bayi Berenang

Berenang memiliki manfaat yang bagus untuk bayi. Manfaat berenang akan melatih keberanian si kecil, mengasah kemandirian, membantu pertumbuhan otot dan tentunya akan mempererat hubungan dengan orangtua. Selain itu, berenang juga akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Jika anda ingin mengajak bayi berenang, maka ajaklah ke tempat baby spa atau tempat khusus untuk berenang bayi agar aman dan nyaman untuk si kecil. Sebelum berenang juga anda harus menyiapkan beberapa perlengkapan yang harus dibawa. Apa saja perlengkapan berenang bayi yang harus di bawa? Untuk mengetahuinya simak di bawah ini.

Perlangkapan Bayi Berenang yang Harus Dibawa Saat Mengajak Bayi Berenang

Jika anda memutuskan mengajak si kecil berenang, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan, termasuk perlengkapannya. Nah, ketahui perlengkapan bayi berenang yang harus di bawa berikut ini.

Baju Berenang

Perlengkapan wajib yang harus dibawa ketika mengajak bayi berenang yang pertama yaitu baju renang. Walaupun mungkin sudah disediakan di tempat baby spa atau tempat berenang, namun alangkah lebih baik jika anda membawanya sendiri. Ada banyak model baju berenang bayi yang ada di pasaran. Namun, anda jangan hanya tergoda dengan modelnya yang bagus saja, pastikan anda memilih baju berenang  bayi yang nyaman. Pastikan ukurannya pas untuk si kecil, jangan terlalu kekecilan ataupun kebesaran. Anak usia di bawah 1 tahun pertumbuhannya cenderung cepat. Maka sebaiknya anda menyesuaikan ukuran baju renang anak dengan pertumbuhannya.

Pelampung

Pelampung juga biasanya sudah disediakan di tempat spa bayi. Namun, jika anda ingin membawanya sendiri tidak masalah. Pastikan anda memilih pelampung yang aman untuk si kecil. Gunakan pelampung sesuai dengan usia si kecil. Untuk bayi sebaiknya gunakan pelampung yang dipasang pada leher.

Popok Antiair

Ketika si kecil berenang, anda bisa memakaikan popok antiair pada si kecil. Popok antiair ini dibuat khusus dengan bahan yang tahan air, sehingga walaupun terkena air tetap kering dan ketika dipakai dalam air tidak akan mengembang.

Popok antiair juga dapat menampung air pipis bayi, serta pupnya. Anda sebaiknya memilih popok renang dari bahan yang berkualitas sehingga bisa anda cuci dan digunakan beberapa kali.

Alat Mandi

Peralatan selanjutnya yang harus anda bawa yaitu peralatan mandi. Setelah si kecil berenang, maka ia harus segera dimandikan. Ketika memandikan si kecil pastikan anda mencuci kepala dan rambutnya. Bilas tubuh si kecil sampai benar-benar bersih. Setelah mandi, anda bisa memakaikan si kecil minyak telon supaya tubuhnya tetap hangat.

Baca juga : Waktu yang Tepat Mengajak Bayi Baby Spa

Baju Ganti

Anda juga harus membawa baju ganti untuk si kecil. Alangkah lebih baik jika anda membawa baju dan celana panjang, sekaligus kaos kakinya. Setelah berenang anda bisa memakaikan baju tersebut agar si kecil tidak merasa kedinginan. Selain itu, sebaiknya bawa juga diapers sebagai cadangan.

Makanan Ringan

Setelah berenang si kecil akan merasa lapar karena berenang akan menghabiskan energi yang cukup banyak. Oleh karena itu, anda bisa membawa makanan ringan untuk bayi jika si kecil sudah diberikan makanan pendamping ASI.

Itulah beberapa perlengkapan bayi berenang yang harus anda bawa ketika mengajak si kecil ke tempat berenang agar nyaman. Semoga bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment