Pijat Bayi Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Fakta Pijat Bayi Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Fakta Pijat Bayi Membantu Tidur Lebih Nyenyak  – Dibandingkan dengan orang dewasa, bayi hingga remaja memerlukan waktu tidur yang lebih lama. Ini dibutuhkan untuk mendukung perkembangan mental maupun fisiknya. Hanya saja, terkadang gangguan tidur dialami oleh si kecil, mulai dari sulit tidur, rewel dan mudah terbangun. Namun  setelah digendong selama beberapa saat, ia kembali tenang dan tertidur lagi.

Baca juga : Perhatikan Beberapa Hal Ini Saat Memijat Bayi

Nah, untuk membantu membuat tidur si kecil lebih nyenyak dan mencegah rewel, pijat bayi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan. Jika si kecil tidur nyenyak, anda juga tentunya dapat beristirahat dengan nyaman. Selain itu, pijatan juga akan memberikan manfaat lainnya untuk si kecil.  Anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

Pijat Bayi Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Pijatan Akan Menstimulasi Saraf Pusat

Memberikan pijatan pada bayi diketahui akan menstimulasi sistem saraf pusat, efeknya otak si kecil akan dapat memproduksi serotonin yang lebih banyak yang akan membuat si kecil merasa nyaman dan membantu menurunkan hormon kortisol, yaitu hormon yang akan dikeluarkan ketika si kecil sedang stres. Kondisi ini lalu akan menjadikan napas, serta detak jantung si kecil lambat, efeknya si kecil akan merasa rileks.

Berdasarkan penelitian menunjukan, bahwa pijat bayi diketahui akan membantunya mendapatkan tidur nyenyak, serta mencegah si kecil rewel dan menangis dengan berlebihan. Selain itu, pijat bayi juga akan membantu meringankan sembelit dan sakit perut. Bahkan pijat bayi diketahui dapat membuat kemampuan bayi dalam melawan kuman berbahaya meningkat. Walaupun begitu, hal ini dibutuhkan penelitian lanjutan.

Tidak hanya bermanfaat secara fisik saja, namun pijat juga akan bermanfaat untuk perkembangan emosional si kecil, serta hubungan orangtua dan anak lebih kuat. Gerakan dan sentuhan lembut yang anda berikan pada si kecil menjadi salah satu komunikasi antara orangtua dan si kecil.

Ketika melakukan pijat, minyak biasanya digunakan. Minyak untuk pijat bayi ini akan membuat si kecil menjadi lebih tenang. Selain itu, juga mempermudah proses memijat pada si kecil. Nah, ketika anda memijat si kecil, anda bisa mengucapkan kalimat lembut dengan menatap matanya.

Meskipun pijat memiliki banyak manfaat untuk si kecil, namun tidak disarankan anda memijat si kecil dalam beberapa kondisi seperti berikut:

  • Ketika si kecil sedang lapar
  • Saat perut si kecil merasa kenyang
  • Setelah selesai makan
  • Terlalu dekat dengan waktu tidur karena akan membuatnya rewel

Waktu tepat memijat bayi yaitu di antara waktu makan, serta si kecil tidak mengantuk. Pada waktu tersebut si kecil dapat dengan baik berinteraksi. Tidak hanya pada waktu itu saja, namun si kecil juga bisa dipijat setelah ia selesai mandi.

Manfaat Menakjubkan Pijat Untuk Bayi Prematur

Pijatan dengan menggunakan baby oil pada bayi yang lahir prematur diketahui dapat membantu meningkatkan berat badannya. Pasalnya, stimulasi yang berasal dari  pijatan  akan mencapai saraf penghubung antara otak dan perut, efeknya proses pencernaan si kecil akan menjadi optimal.

Selain itu, pijatan juga akan membuat detak  jantung si kecil menjadi lebih stabil. Begitupun dengan aktivitas otaknya akan menjadi lebih stabil. Juga akan membuat kepadatan tulang meningkat pada bayi yang lahir prematur.

Pada penelitian lain menunjukan bahwa pijat bayi prematur yang dilakukan oleh orangtua sendiri atau terapis profesional sama-sama efektif. Efek positifnya akan lebih terlihat apabila memakai minyak.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment