pijat pinggang ibu hamil

Lakukan Pijat Pinggang Ibu Hamil Saat Merasa Tidak Nyaman

Pijat Pinggang Ibu hamil – Pijat memang menjadi alternatif yang tepat bagi Anda yang tengah hamil. Rasa sakit yang timbul dalam proses kehamilan memang sangat wajar dialami. Untuk itu, diperlukan cara khusus untuk mengurangi rasa sakit dan juga pegal dengan cara pijat ibu hamil. Berikut kami bagikan beberapa cara menghilangkan sakit pinggang dengan pijat.

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh wanita hamil ialah rasa nyeri dan juga pegal yang cukup berlebih. Kondisi ini sering dialami oleh ibu hamil sejak ia memasuki trimester ketiga yaitu antara usia kehamilan 7-9 bulan. Hal ini memang wajar terjadi karena pasca memasuki usia kehamilan tersebut, beban berat kandungan menjadi lebih besar.

Rasa nyeri pada pinggang menjadi hal yang biasa dialami mengingat hormon estrogen  dan relaksin yang terus meningkat. Hal ini menyebabkan sendi-sendi tubuh dan juga jaringan otot menjadi lentur dan juga lunak. Tidak jarang ibu hamil yang merasakan sakit pinggang yang begitu hebat sampai mereka tidak bisa berjalan sama sekali. Baca juga: Mengetahui Cara Agar ASI Keluar Banyak Dengan Teknik Pijat

Pijat Pinggang Ibu Hamil

pijat pinggang ibu hamil

Baik jaman dulu ataupun sekarang, pastinya ibu hamil sering mengalami keluhan baik fisik ataupun emosi. Ibu hamil sering melakukan sebuah perawatan dan juga alternatif yang dapat menghindarkan diri dari rasa sakit. Tentunya, hal ini menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi seorang ibu hamil.

Alternatif yang harus diambil bagi ibu hamil tentunya menjadi PR besar baginya, karena haus mempertimbangkan berbagai hal terutama bagi kehamilannya. Sebagai alternatif yang sering ibu hamil lakukan ialah dengan pijat pada bagian tubuh ibu hamil. Bagian tubuh tersebut tentunya menjadi titik-titik masalah yang dihadapi bagi ibu hamil seperti pinggang, kaki, tangan dan juga punggung. Lihat juga: Bagian Tubuh Yang Tidak Boleh Dipijat Saat Hamil

Alasan Pijat pinggang Ibu Hamil

Tidak jarang orang hamil yang merasakan nyeri ataupun pegal-pegal pada bagian tubuhnya. Pijat yang dilakukan bagi ibu hamil tentunya harus memperhatikan berbagai hal diantaranya jangan sekali-kali memijat bagian perut. Bagian tubuh yang rentan dirasakan oleh ibu hamil pada umumnya ialah pinggang. Bagian ini memang sangat sering dialami karena pinggang menyangga janin di dalam kandungan yang semakin membesar.

Massage ataupun pijat tentu menjadi media pengobatan yang sering dilakukan oleh ibu hamil sejak zaman dulu. Pijat ibu hamil juga dilakukan untuk memperbaiki kesehatan tubuh, merileksasi anggota tubuh yang egal, mengurangi stres dan juga melemaskan ketegangan pada otot-otot.

Berbagai riset dan juga penelitian telah membuktikan bahwa pengobatan ini menjadi cara dan juga treatment yang sangat baik untuk melakukan perawatan pada saat belum melahirkan. Hal ini dilakukan tentu dengan cara yang benar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sebuah penelitian menyatakan bahwa massage therapy dapat mengurangi rasa gelisah dan juga rasa stres dalam mempersiapkan mental menjelang persalinan.

Perawatan dan juga pijat pada ibu hamil dapat dilakukan dengan cara tradisional dan juga cara yang modern. Perawatan ini tentu membantu ibu hamil dalam memperbaiki sirkulasi darah dan juga mengatasi ketegangan otot. Tekanan lembut yang dihasilkan pada saat pijat memang dapat memperlancar peredaran darah dan grup otot di dalam tubuh.

Pijat pada ibu hamil memang sangat dianjurkan karena hal ini dapat membantu kegelisahan pada ibu hamil. Hal ini berhubungan dengan perubahan sirkulasi hormon dan juga sistem skeletal pada tubuh. Sebuah studi selama 10 tahun menyatakan bahwa hormon yang berhubungan dengan stres dan juga rileksasi dapat memperbaiki kesehatan pada ibu hamil. Perubahan hormon pada ibu hamil juga dapat mengurangi keluhan dan juga kesulitan pada saat kelahiran  seperti berat bayi lahir rendah dan juga kelahiran bagi prematur.

Persyaratan Pijat Ibu Hamil

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap ibu hamil ketika akan melakukan pijat ibu hamil. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi dalam pijat ibu hamil, diantaranya:

Langkah Pertama

Seorang ibu hamil yang tidak mengalami kehamilan bermasalah. Jika ibu hamil sedang mengalami kehamilan bermasalah, tidak tepat rasanya jika seorang ibu hamil melakukan pijat karena hal ini akan mempengaruhi janin seperti kontraksi atau janin yang terlilit oleh tali pusar.

Langkah Kedua

Pijat pada ibu hamil dapat dilakukan pada saat usia kehamilan mulai memasuki usia 4 bulan atau pada trimester kedua. Pada usia kehamilan ini, seorang ibu hamil sudah mulai merasa capek dan juga letih akibat beban berat yang sedang ibu hamil rasakan.

Langkah Ketiga

Pijat hamil sebaiknya dilakukan oleh terapis atau masseur yang sudah profesional dalam melakukan pijat ibu hamil. Jika tidak dilakukan dengan cara yang profesional, maka akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Langkah Keempat

Lakukan pijatan pada daerah atau bagian tubuh tertentu yang memang sering dirasakan pegal dan juga nyeri seperti kaki, leher, punggung, leher, tangan dan pinggul.

Langkah Kelima

Ibu hamil sebaiknya melakukan pijatan tanpa membahayakan kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan.

Langkah Keenam

Anda harus memilih pemijat yang memang ahli dalam bidang tertentu. Hindari untuk menggunakan dukun beranak karena akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman ketika sedang melakukan pijatan. Biasanya seorang dukun beranak melakukan pijatan secara sembarang dan tidak mengetahui pengetahuan akan hal yang harus dilakukan dan juga tidak boleh dilakukan selama pijat kehamilan.

Langkah Ketujuh

Anda tentu harus mengatakan jika terjadi adanya ketidaknyamanan selama proses pijat. Hal ini dapat menimbulkan kontraksi dan juga pergerakan janin yang tidak tepat.

Langkah Kedelapan

Ketika sedang hamil sebaiknya Anda menghindari diri dari tidur setengah duduk karena hal ini akan memperparah rasa sakit pada pinggang.

Langkah Kesembilan

Lakukan pijat ibu hamil secara rutin untuk mencegah dan mengurangi rasa sakit datang kembali. Anda juga dapat mengonsumsi obat analgesik yang memang aman bagi ibu hamil.

Langkah Kesepuluh

Pemijatan dapat dilakukan dengan menggunakan minyak baik coconut oil ataupun olive oil. Membalur minyak pada kuit tentu akan membuat pemijat dengan mudah untuk memijat Anda. Gunakan minyak yang memang tidak menimbulkan bau yang sangat menyengat karena dapat membuat rasa yang tidak nyaman dan akan membuat Anda sedikit pusing.

Itulah beberapa persyaratan yang dapat Anda pertimbangkan ketika hendak melakukan pijat pada saat sedang hamil. Pijat pinggang memang sangat diperlukan bagi ibu hamil, terlebih bagi mereka yang rentan mengalami rasa nyeri dan juga pegal pada area pinggang. Rasa pegal dan juga nyeri tentu dapat membuat Anda merasa tidak nyaman ketika melakukan apapun. Terlebih lagi, Anda tidak akan menikmati masa-masa selama proses kehamilan yang seharusnya menjadi hal yang membahagiakan bagi Anda.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam pijat pinggang ibu hamil. Mulai dari hal-hal yang perlu kita ketahui seputar pijat pinggang ibu hamil dan juga persyaratan yang perlu Anda ketahui ketika hendak melakukan pijat pinggang ibu hami. Semoga bermanfaat!

Author Info

Nina

No Comments

Post a Comment