pijat punggung saat hamil

Pijat Punggung Saat Hamil Agar Tidak Pegal| Manfaat & Teknik

Pijat Punggung Saat Hamil – Punggung menjadi salah satu bagian tubuh yang rentan mengalami pegal ketika sedang hamil. Oleh karena itu, diperlukan sedikit alternatif yang dapat mengurangi rasa nyeri tersebut. Pijat punggung saat hamil memang direkomendasikan untuk Anda yang tengah hamil.

Ibu hamil jangan dipijat, nanti berbahaya!

Pernyataan tersebut memang sangat benar adanya jika dilakukan pada bagian tubuh tertentu yang tidak diperbolehkan untuk melakukan pemijatan. Kalau memang dilakukan pijat pada daerah perut, memang sudah tidak dapat diragukan lagi akan bahwa dan juga dampak buruknya bagi janin di dalam kandungan. Tentunya, tidak semua bagian tubuh dapat dilakukan proses pemijatan.

Melakukan pijat hamil tentunya memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu hamil. Selain itu, manfaat lain dari pemijatan yakni dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dan juga gizi pada janin. Hal ini dikarenakan jika ibu hamil mengalami mual dan muntah pada awal kehamilan tidak tercukupi akan kebutuhan nutrisi pada janin.

Terlepas dari pernyataan atau pertanyaan yang banyak diajukan terutama oleh ibu hamil mengenai aman atau tidaknya pijat saat hamil tergantung dari cara dan aturan yang diterapkan ketika melakukan pemijatan. Jika dilakukan dengan cara yang tepat, pijat hamil justru tidak menimbulkan dampak yang buruk bagi ibu dan juga janin. Seperti pada manfaat dan juga teknik dalam pijat punggung ibu hamil yang akan kami jelaskan pada poin selanjutnya. Baca juga: Kenali Bagian Tubuh Manakah Boleh Dipijat Saat Hamil

Pijat Punggung Saat Hamil

pijat punggung saat hamil

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas bahwa punggung merupakan bagian tubuh yang sangat rentan mengalami rasa pegal. Maka dari itu, diperlukan pijat ibu hamil sebagai sebuah alternatif khusus yang dapat mengurangi rasa sakit dan juga pegal pada punggung saat hamil. PIjat punggung saat hamil tidak hanya dapat melancarkan peredaran darah akan tetapi meringankan rasa sakit dan juga nyeri pada area punggung.

Tentunya, melakukan pijat punggung harus dilakukan dengan teknik yang cukup tepat. Sebelum berniat untuk melakukan pemijatan sebaiknya Anda sudah dalam usia kehamilan menginjak trimester kedua atau setelah 12 minggu. Di bawah usia tersebut tentunya melakukan pijat hamil dapat berdampak buruk pada bagi janin dan juga ibu hamil. Lihat juga: Lakukan Pijat Pinggang Ibu Hamil Saat Merasa Tidak Nyaman

Manfaat Pijat Punggung Saat Hamil                           

Area punggung menjadi bagian tubuh yang penting ketika seorang wanita sedang hamil. Kenapa dianjurkan untuk melakukan pijat punggung saat hamil? Hal ini tentunya pijat memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan juga janin. Beberapa manfaat tersebut, diantaranya:

  1. Meringankan rasa nyeri pada otot
  2. Meredakan rasa pegal-pegal yang sangat mengganggu ibu hamil
  3. Melemaskan otot-otot punggung yang tegang
  4. Menghilangkan rasa nyeri pada punggung yang berkepanjangan
  5. Mengendurkan otot dan urat yang tegang pada area punggung

Manfaat-manfaat tersebut tentunya dapat berakibat baik bagi ibu hamil yang sering mengeluhkan rasa sakit dan juga pegal pada area punggung. Kenapa tidak untuk mengambil beberapa manfaat yang didapatkan dari pijat punggung saat hamil.

Teknik Pijat Punggung Saat Hamil

Ketika melakukan pijat punggung saat hamil, tentunya dibutuhkan beberapa teknik yang tepat untuk melakukan pijat punggung saat hamil. Dalam melakukan pijat punggung saat hamil, ada beberapa teknik yang perlu dilakukan oleh ibu hamil, diantaranya:

  1. Posisi ibu hamil dalam keadaan duduk di atas kursi dengan sandaran pada punggungnya, namun tanpa sandaran tangan. Posisikan ibu hamil dengan cara bersandar pada punggung kursi tersebut. Anda dapat menambahkan ganjalan bantal pada area tubuh agar lebih nyaman ketika sedang dipijat. Dengan begitu ibu hamil dapat bersandar pada bagian sandaran kursinya.
  2. Pijatan dapat dilakukan pada bagian tulang belakang dari bagian atas hingga ke bagian bawah dengan menggunakan kedua jari. Lakukan penekanan pada bagian tersebut secara perlahan. ketika pemijatan sudah mencapai bagian panggul, Anda dapat menggunakan tumit telapak tangan dengan gerakan yang lembut di kedua sisi panggul.
  3. Pada posisi di atas, Anda juga dapat memijat dengan menggunakan ujung jari kedua telapak tangan dan juga jempol tangan. Anda dapat melakukan pijatan sampai seorang ibu hamil merasakan kenyamanan. Ada alternatif yang dapat digunakan jika tangan ibu hamil merasa sangat lelah dengan cara bantuan bola tenis yang dibungkus dengan kaos kaki.
  4. Anda dapat melakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang sampai ibu hamil merasa nyaman.

Cara Menghilangkan Nyeri Punggung Saat Hamil

Selain pijat punggung saat hamil, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa nyeri dan juga pegal pada area punggung. Kondisi ini tentu tidak dapat dihindari, mengingat kehamilan dan juga ukuran janin yang semakin membesar. Rasa nyeri pada punggung disebabkan oleh hormon relaxin yang dapat mengendurkan otot-otot pada area punggung.

Untuk itu, diperlukan beberapa cara yang dapat menghindarkan diri dari rasa sakit punggung yang kerap menyerang ibu hamil. Beberapa tips di bawah ini barangkali dapat membantu Anda dalam menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada area punggung dengan cara sebagai berikut:

1. Gunakan bantal sebagai penyangga

Menjaga tubuh dari rasa nyeri dan juga pegal pada ibu hamil tentunya menjadi sebuah keharusan. Bantal penyangga dapat digunakan oleh ibu hamil ketika sedang tidur sehingga dapat membuat tidur lebih efektif dan juga berkualitas. Anda dapat menekuk lutut, lalu selipkan ke bantal diantara paha dan juga pinggul agar tetap seimbang.

2. Latihan panggul

Latihan ini memang tidak sulit, akan tetapi Anda harus berhati-hati ketika melakukan latihan ini. Anda dalam posisi merangkak, lalu ayunkan  panggul ke depan dan juga ke belakang dengan pelan-pelan. Ketika dalam posisi tersebut, Anda dapat mendongkakkan kepala ke atas sambil menghirup nafas. Lakukan gerakan ini setidaknya 5 hitungan.

3. Berenang

Siapa sangka bahwa dengan berenang dapat menghilangkan rasa nyeri dan juga pegal pada ibu hamil. Gerakan mengayun ketika sedang berenang tentunya dipercaya dapat mengurangi tekanan di tulang belakang sehingga dapat memperkuat otot kaki, lengan dan juga punggung. Tentunya, ketika berada di kolam, tubuh wanita hamil tidak seberat ketika berada diluar air. Untuk itu, sangat mudah bagi Anda untuk mengurangi rasa nyeri dan juga pegal pada punggung.

4. Trunk twist

Anda dapat melakukan gerakan ini pada saat usia kehamilan Anda memasuki trimester kedua. Anda dapat duduk bersila dilantai dengan posisi punggung yang tegak serta letakkan tangan kiri di belakang tubuh dan juga tangan kanan di lutut sebelah kiri. Lakukan dengan cara memutar tubuh, dada kiri dan juga pundak secara perlahan. Anda dapat menahan 5 hitungan dan ulangi gerakan tersebut selama 3 kali.

Tips dan juga cara tersebut memang sangat dipercaya dapat meringankan rasa sakit dan juga pegal pada area punggung. Pastikan untuk melakukan pijat punggung saat hamil dan juga cara lainnya secara hati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!

Author Info

Nina

No Comments

Post a Comment