pijat tangan saat hamil

Cara Melakukan Pijat Tangan Saat Hamil Yang Wajib Anda Ketahui

Pijat Tangan Saat Hamil – Tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang sering mengalami rasa pegal, tidak terkecuali bagi ibu hamil. Rasa pegal pada tangan tentunya disebabkan oleh aktifitas seseorang yang berlebih. Untuk itu, diperlukan pijat tangan saat hamil yang memang sangat dianjurkan untuk Anda.

Kehamilan memang menjadi hal yang paling dinanti-nanti oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Hal ini tentunya dapat membuat kehidupan pasangan menjadi lebih lengkap. Mengingat kehamilan merupakan moment yang paling membahagiakan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mengeluhkan akan kehamilannya tersebut.

Keluhan yang sering dialami oleh wanita pada umumnya ialah rasa pegal dan juga nyeri pada beberapa bagian tubuh, tidak terkecuali tangan. Tidak hanya wanita hamil yang mengeluhkan akan kondisi tersebut. Setiap manusia pun pastinya memiliki keluhan akan rasa pegal dan juga sakit pada bagian tangan. Untuk itu, diperlukan cara dan juga alternatif seperti pijat yang memang dikhususkan untuk ibu hamil. Baca juga: Pijat Saat Hamil, Apakah Aman? | Ketahui Jawabannya Berikut Ini!

Pijat Tangan Saat Hamil

pijat tangan saat hamil

Tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang memang digunakan oleh setiap orang untuk melakukan aktifitas. Tidak heran jika ibu hamil mengalami rasa nyeri dan juga pegal pada area tangan. Ini merupakan hal yang cukup wajar. Akan tetapi, jika kondisi tersebut dibiarkan, maka akan menjadi masalah yang lebih serius baik bagi ibu. Ia tidak akan menikmati masa-masa kehamilannya dengan bahagia ketika ada rasa sakit yang ia derita.

Untuk menghindari dan juga menghilangkan rasa pegal tersebut, diperlukan sebuah alternatif khusus seperti pijat tangan saat hamil. Pijat tangan dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan juga pegal yang umum diderita oleh ibu hamil. Pijat tangan saat hamil memiliki keuntungan tersendiri bagi ibu hamil sehingga akan lebih membuat ia merasa nyaman serta dapat melakukan aktifitas seperti biasanya. Lihat juga: Bolehkah Pijat Refleksi Saat Hamil? | Amankah Bagi Ibu Hamil?

Pijat tangan pada ibu hamil tentunya dapat dilakukan oleh suami ataupun keluarga terdekat Anda. Akan tetapi, jika dirasa khawatir dan takut adanya kesalahan, pemijatan dapat dilakukan oleh terapis dan juga tenaga profesional yang biasanya terdapat di perawatan ibu hamil dan juga klinik kecantikan. Jika pemijatan dilakukan di rumah, tentunya harus mengikuti aturan dan cara yang tepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Persiapan Sebelum Melakukan Pijat Tangan Saat hamil

Mempersiapkan hal-hal yang harus dilakukan selama melakukan teknik pemijatan memang sangat dianjurkan bagi Anda. Persiapan tersebut tentunya dapat menentukan hasil setelah melakukan pemijatan. Jika kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal tentunya hasil yang akan kita dapat akan maksimal pula. Berikut beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan pemijatan kepada ibu hamil, diantaranya:

1. Minyak esensial

Salah satu perlengkapan yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan pemijatan ialah minyak esensial. Benda ini merupakan hal yang sangat penting selama proses pemijatan. Minyak esensial yang sering dipakai oleh tenaga terapis diantaranya minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak esensial lainnya. Beberapa minyak tersebut tentunya dapat mempermudah seorang tenaga terapis ketika melakukan pemijatan.

Selain itu, minyak esensial yang memiliki aromaterapy dapat memberikan efek tenang kepada ibu hamil. Namun, ada juga minyak esensial yang justru membuat ibu hamil merasa pusing dan juga tidak nyaman. Untuk itu, alangkah baiknya jika memilih minyak esensial yang memang dipilih oleh ibu hamil.

2. Terapis yang profesional

Hal kedua yang harus diperhatikan tentu tidak kalah pentingnya dengan poin pertama yang harus Anda persiapkan. Memilih terapis yang sudah profesional serta berpengalaman menjadi poin utama yang harus Anda persiapkan. Seorang terapis tentunya berhubungan dengan hasil dan juga jasa yang akan ia berikan.

Tentunya, Anda sebagai seorang ibu hamil tidak mau jika memilih terapis yang asal-asalan dengan hasil yang seadanya pula. Untuk itu, Anda harus cermat memilih seorang terapis yang profesional di lingkungan terdekat Anda atau klinik kecantikan yang memang sudah tidak diragukan lagi akan pelayanannya. Pemilihan terapis juga ikut menentukan hasil pemijatan yang akan kita dapatkan.

3. Suasana hati ibu hamil

Mengapa memasukkan suasana ke dalam hal yang perlu dipersiapkan selama pemijatan. Suasana ibu hamil atau mood yang dimiliki oleh ibu hamil ikut menjadi bagian terpenting yang harus Anda persiapkan. Suasana ibu hamil harus sedang dalam keadaan yang cukup baik serta memiliki mood yang bagus pula.

Jangan sampai melakukan pemijatan pada saat keadaan mood Anda tidak stabil. Hal ini justru akan memperparah keadaan dan juga rasa pegal yang diderita oleh ibu hamil. Alangkah baiknya jika melakukan pemijatan pada saat keadaan hati sedang stabil. Namun, ada juga beberapa wanita yang memang memiliki mood yang tidak baik sebelum pijat justru memiliki dampak yang baik setelah melakukan pijat.

4. Waktu pemijatan

Waktu disini tentunya berhubungan dengan kapan baiknya pijat pada ibu hamil dilakukan dan juga berapa sering sebaiknya  dilakukan pemijatan. Waktu terbaik melakukan pijat yaitu ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua atau setelah 12 minggu. Sedangkan seberapa sering dilakukan pemijatan yaitu minimal 1 bulan sekali atau jika diperlukan.

Teknik Pijat Tangan Saat Hamil

Menggunakan teknik yang tepat saat melakukan pijat tangan pada ibu hamil memang sangat direkomendasikan untuk Anda. Untuk itu, memang sangat penting bagi Anda untuk mempelajari dan juga mengetahui teknik-teknik yang memang tepat untuk Anda. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan ketika melakukan pemijatan kepada ibu hamil, diantaranya:

Langkah pertama

Langkah pertama yang harus Anda ketahui ialah mengenai posisi ibu hamil yang benar. Pada posisi tersebut ibu hamil sudah dalam posisi duduk atau berbaring sesuai dengan yang ibu hamil inginkan. Seorang terapis tentunya duduk dibelakang ibu hamil atau berdiri di sebelahnya. Pastikan untuk membuat seorang ibu hamil merasa nyaman ketika sedang dilakukan proses pemijatan.

Langkah kedua

Pijat tangan dapat dilakukan dengan cara menggunakan telapak tangan, lalu dorong telapak tangan dari mulai pergelangan tangan sampai area bahu.

Langkah ketiga

Pada langkah ketiga ini Anda dapat melakukan pemijatan dengan cara menggerakkan telapak tangan dengan gerakan seperti memeras atau memutar dengan menggunakan ibu jari atau telunjuk. Pastikan untuk melakukan gerakan tersebut secara pelan-pelan dan juga lembut.

Langkah keempat

Gerakan seperti meremas dan juga memutar dapat lakukan pada sekitar pergelangan tangan. Sedangkan untuk area jari dapat dilakukan dengan cara menarik secara perlahan dan juga lembut untuk menghilangkan rasa pegal pada area tangan.

Langkah kelima

Pada langkah terakhir, Anda dapat memijat telapak tangan dan juga bagian bawah lengan dengan memberikan tekanan pijatan yang lebih kuat, namun tetap pelan-pelan. Lakukan beberapa langkah pijat tangan saat hamil yang telah kami jelaskan di atas untuk setidaknya 5 kali putaran secara berulang-ulang.

Pijat tangan saat hamil memang sangat bermanfaat bagi ibu hamil, bukan? Untuk itu, jangan ragu untuk melakukan pemijatan pada ibu hamil jika sudah menginjak usia kehamilan pada trimester kedua. Itulah beberapa ha yang wajib Anda ketahui mengenai pijat tangan saat hamil, teknik-teknik pijat, dan juga persiapan yang harus dilakukan. Semoga bermanfaat!

Author Info

Nina

No Comments

Post a Comment