Prenatal Yoga

Seputar Prenatal Yoga yang Harus Ibu Hamil Pahami

Prenatal Yoga – Kehamilan merupakan masa yang menggembirakan untuk ibu hamil. Akan tetapi, selama kehamilan ibu akan mengalami berbagai keluhan dan perubahan tubuh yang bisa berdampak pada kesehatan. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh saat hamil, baik itu kesehatan fisik atau kesehatan mental yaitu dengan melakukan latihan yoga ibu hamil.

Banyak manfaat yang akan ibu dapatkan dengan mengikuti yoga ibu hamil. Dimana yoga ibu hamil ini akan membuat kekuatan, serta fleksibilitas meningkat. Gerakan yoga yang dilakukan dapat melatih pernapasan, membantu proses persalinan menjadi lebih tenang dan lancar. Selain itu masih banyak lagi manfaat yoga ibu hamil yang lainnya.

Prenatal Yoga

Pengertian Prenatal Yoga

Prenatal yoga yaitu yoga yang dikhususkan untuk ibu hamil dan didesain khusus untuk masa kehamilan. Melakukan yoga ibu hamil akan membantu ibu, baik secara fisik maupun mental. Biasanya latihan yoga hamil lebih fokus pada latihan area pinggul, pernapasan, serta pose restorasi dengan tujuan untuk mengembalikan energi saat lelah yang disebabkan karena hormon yang mengalami perubahan. Untuk ibu hamil, jika rutin melakukan latihan yoga akan membantu lebih kuat, aktif di masa kehamilan dan juga bermanfaat untuk janin dalam kandungan.

Kapan Waktu yang Tepat Mengikuti Yoga?

Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat anda melakukan latihan yoga, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena setiap kondisi ibu berbeda-beda. Biasanya dokter menyarankan pada ibu hamil melakukan olahraga saat usia kandungan trimester kedua atau setelah usia kehamilan di atas 12 minggu. Karena di masa ini biasanya morning sickness sudah tidak dirasakan lagi sehingga anda bisa kembali aktif seperti biasanya.

Dimana Ibu Hamil Baiknya Melakukan Prenatal Yoga?

Prenatal yoga bisa dilakukan sendiri di rumah ataupun datang ke tempat khusus prenatal yoga. Akan tetapi, untuk pertama kalinya dianjurkan anda mengikuti prenatal yoga di studio yoga atau mengikuti kelas yoga untuk mengetahui gerakan yoga yang tepat sesuai kondisi kehamilan anda. Kemudian anda bisa melanjutkannya dengan berlatih di rumah sendiri.

Akan tetapi, jika anda sama sekali belum pernah mengikuti yoga, untuk memulai prenatal yoga lebih baik datang ke studio yoga. Anda akan dilatih dan diawasi oleh instruktur yoga khusus ibu hamil. Sedangkan untuk anda yang telah terbiasa melakukan yoga sejak sebelum hamil, beberapa gerakan yoga non prenatal tidak bisa dilakukan ketika hamil. Jika anda khawatir apakah gerakan yoga yang anda lakukan aman atau tidak untuk kehamilan, alangkah lebih baik jika anda mengikuti kelas yoga di studio yoga.

Baca juga : Kapan Ibu Hamil Boleh Pijat?

Melakukan latihan yoga di studio khusus yoga akan memberikan banyak keuntungan untuk anda. Dimana anda bisa bertemu dengan ibu hamil yang lainnya sehingga anda bisa saling bertukar informasi tentang kehamilan.

Berapa Kali Sebaiknya Ibu Hamil Melakukan Yoga ?

Anda bisa berlatih yoga sebanyak 1 hingga 2 kali seminggu di studio yoga. Biasanya durasi dalam setiap sesi yoga yaitu sekitar 60 hingga 75 menit. Sedangkan jika anda melakukan latihan di rumah, anda bisa melakukan latihan setiap hari selama sekitar 30 menit dengan rutin. Atau anda bisa berkonsultasi dengan instruktur prenatal yoga untuk mengetahui seberapa sering anda bisa melakukan latihan yoga di rumah.

Itulah beberapa penjelasan seputar prenatal yoga yang harus dipahami ibu hamil yang ingin ikut yoga. Semoga bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment