Sebetulnya Baby Spa Untuk Bayi Berapa Bulan?

Sebetulnya Baby Spa Untuk Bayi Berapa Bulan?

Sebetulnya Baby Spa Untuk Bayi Berapa Bulan? – Untuk masyarakat urban yang tinggal di perkotaan, baby spa atau spa bayi mungkin menjadi hal yang tidak lagi asing di telinga. Metode perawatan bayi ini tengah begitu populer dan banyak dicari oleh orangtua yang ingin memanjakan buah hatinya dengan baik. Dan bahkan mungkin saat ini anda tengah tertarik untuk mendaftarkan si kecil ke baby spa. Akan tetapi, satu pertanyaan yang masih mengganjal dalam hari adalah sebetulnya baby spa untuk bayi berapa bulan? Jawabannya bisa disimak dibawah ini.

Pertanyaan mengenai usia kapan waktu yang tepat membawa si buah hati ke baby spa menjadi pertanyaan yang banyak ditanyakan. Betapa tidak, popularitas baby spa saat ini tengah begitu naik daun. Sehingga banyak pula orangtua yang tertarik untuk dapat membawa serta buah hati mereka ke tempat perawatan bayi ini.

Hal ini semata dilakukan demi memberikan kenyamanan pada si kecil untuk bisa merasakan perawatan yang nyaman. Mengetahui manfaatnya yang amat baik, tentunya tidak sedikit orangtua yang ingin tahu sebetulnya baby spa untuk bayi berapa bulan sih? Selengkapnya kita bahas dibawah ini. Baca juga: Lebih Dalam Memahami Manfaat Spa Bayi

Sebetulnya Baby Spa Untuk Bayi Berapa Bulan?

Sebetulnya Baby Spa Untuk Bayi Berapa Bulan?

Membawa si kecil ke tempat spa bayi memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Karena tentunya ada takaran dan standar usia tertentu yang memungkinkan si kecil bisa di daftarkan ke tempat spa atau belum.

Hal ini semata dilakukan demi menunjang agar kegiatan spa yang dilakukan bermanfaat baik untuk kesehatannya. Adapun usia si kecil dapat mulai di daftarkan ke tempat spa bayi adalah pada usia 3 sampai dengan 6 bulan.

Alasan Ketentuan Usia Bayi Siap Melakukan Spa Bayi

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada usianya saat ini lehernya sudah lebih kuat. Dan ia pun sudah mampu menegakkan lehernya dengan lebih baik.

Selain itu, pada usia ini si kecil pun sudah memiliki refleks untuk berenang dengan baik. Bahkan ketika tubuhnya masuk kedalam air ia mulai memiliki refleks untuk menutup matanya dan menahan nafasnya. Sehingga air tidak akan masuk kebagian saluran pernapasannya dan melukai dirinya.

Sementara itu, untuk refleksi berenang tubuhnya akan mulai aktif pada usianya ke 6 bulan. Pada masa ini ia akan secara otomatis menggerak-gerakan tangan dan kakinya pada saat tubuhnya masuk kedalam air. Hal seperti ini akan tentu baik untuk menstimulasi gerak motorik tangan dan kakinya dengan lebih baik.

Selain itu, kemampuan dalam menyeimbangkan diri didalam air pun akan penting untuk dipelajari oleh si buah hati. Perlu diketahui selama berenang, tekanan air didalam air yang cukup kuat untuk tubuh mungil si buah hati. Akan mungkin menjadi masalah yang besar pada saat usianya belum cukup kuat menahan tekanan selama didalam air.

Sebaliknya, bayi yang berusia 6 bulan sudah mampu menyeimbangkan tubuhnya dengan tekanan didalam air. Oleh karenanya, sebagai upaya penyeimbangan ini ia pun akan berusaha untuk menggerak-gerakan tangan dan kakinya.

Membawa si kecil ke tempat spa bayi pada usianya yang sudah cukup siap pun akan tentu memberikan manfaat yang amat sangat baik. Karena demikian, tubuhnya akan dapat dilatih lewat stimulasi yang baik dalam memperlancar pergerakan motoriknya.

Mengetahui Manfaat Baby Spa

Nah, setelah mengetahui kapan sebetulnya usia yang tepat membawa si kecil ke baby spa. Kini kita akan kenali apa saja manfaat dari perawatan bayi yang satu ini untuk si kecil. Untuk lebih jelasnya lagi mari simak dibawah ini.

Menghindarkan Ketakutan Air

Spa bayi adalah metode perawatan bayi dengan media air dimana baby swim terlibat sebagai satu rangkaian baby spa didalamnya. Umumnya beberapa bayi akan menangis dan rewel pada saat bersentuhan dengan air. Namun demikian, beberapa bayi akan bereaksi biasa saja.

Bahkan beberapa bayi akan terlihat ketakutan atau bahkan kaget dengan kondisi ini. Bila kondisi ini dibiarkan begitu saja maka mungkin hal ini akan berubah menjadi phobia atau ketakutan yang besar terhadap si kecil.

Tak heran pada saat mereka tumbuh menjadi lebih besar. Sebagian anak akan cenderung malas mandi atau bahkan tidak sedikit yang menolak dengan keras untuk tidak masuk ke kamar mandi.

Namun dengan mendaftarkan mereka ke kelas spa maka hal ini akan dapat menjadi media yang baik untuk menghindarkan si kecil dari ketakutan air. Perlahan namun pasti karena kelas spa yang dilakukan secara teratur maka ketakutan terhadap air akan secara perlahan menghilang dan sirna.

Melatih Otot-Otot Si Kecil

Pijatan, sentuhan dan berenang didalam air akan menjadi media yang baik untuk si kecil. Selain akan memberikan stimulasi untuk gerakan motoriknya. Hal ini pun akan dapat melatih otot-otot si kecil dengan lebih baik. Sehingga tubuhnya menjadi lebih lentur dan ototnya menjadi lebih kuat.

Untuknyalah, melihat pentingnya manfaat yang satu ini maka bunda dan orangtua akan senantiasa dapat membawa buah hati anda ke tempat spa.

Membuat Tubuh Si Kecil Lebih Rileks

Sama halnya dengan yang dirasakan oleh orang dewasa. Spa pada bayi akan senantiasa membuat tubuh bayi menjadi lebih rileks. Hal ini dikarenakan pijatan yang diberikan pada saat spa akan senantiasa melenturkan otot-otot tubuh bayi dengan lebih baik.

Dampaknya mereka akan senantiasa merasa lebih nyaman dan tenang. Ketika tubuhnya tenang dan lebih rileks si kecil pun akan menjadi lebih bahagia dan ceria. Ia pun akan terhindar dari rewel dan mudah menangis.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Sama halnya dengan poin diatas bahwa efek dari baby spa akan senantiasa membuat tubuh bayi lebih rileks. Hal ini pun mampu melenturkan otot yang tegang dan tubuh yang terasa tidak nyaman.

Untuknyalah, si kecil akan merasa lebih santai dan nyaman dengan tubuhnya setelah di pijat. Hal inilah yang akan memberikan ia kualitas tidur yang lebih baik. Dengan begini maka si kecil akan dapat tidur dengan lebih nyenyak. Terutama pada malam hari yang membuat mereka tidak mudah terbangun.

Membantu Peningkatan Keseimbangan Serta Koordinasi

Sewaktu tubuh si kecil dimasukkan kedalam air pada saat baby swim. Maka akan secara otomatis tubuh si kecil merespon untuk mulai mencari keseimbangannya. Bagaimanapun ia nantinya akan belajar bagaimana caranya mengambang didalam air. Hal ini akan tentu meningkatkan keseimbangan tubuhnya dengan tekanan yang cukup besar didalam air.

Selain itu, hal ini pun senantiasa membantu koordinasi tubuhnya dengan lebih baik. Dampaknya tumbuh kembang fisik si buah hati akan semakin pesat dan lebih baik dibandingkan dengan anak-anak seusianya.

Demikianlah beberapa manfaat yang dapat kami sampaikan dari mengikuti kelas baby spa atau spa bayi. Melihat banyaknya manfaat dan mengetahui kapan usia yang pas membawa si kecil ke tempat spa bayi akan membantu ibu memutuskan kapan seharusnya membawa si kecil.

Author Info

Bella

No Comments

Post a Comment