teknik pijat ibu hamil

Teknik Pijat Ibu Hamil Yang Tepat Untuk Anda Lakukan

Suatu kehamilan harusnya tidak menjadi beban yang berat bagi ibu hamil. Tentu, kehamilan menjadi salah satu yang paling diidam-idamkan oleh setiap wanita. Untuk itu, Anda tidak boleh merasa terbebani dengan anugerah yang datang kepada Anda berupa kehamilan. Anda harus bersyukur atas kehamilan yang Anda dapatkan karena terdapat sebagian besar pasangan belum mendapatkan kehamilan tersebut.

Faktanya, seiring bertambahnya usia kehamilan, pertumbuhan janin pun akan semakin besar sehingga kondisi ini menyebabkan seorang ibu hamil merasa tidak nyaman. Terlebih ukuran perut dan juga payudara yang semakin membesar, maka akan memberikan tekanan yang cukup berat bagi seorang ibu hamil.

Kondisi membesarnya perut dan juga payudara menjadi hal yang tidak bisa dihindari bagi setiap ibu hamil. Postur tubuh ibu yang mulai berubah secara keseluruhan, tentu akan menyebabkan rasa sakit pada setiap anggota tubuh. Tidak jarang ibu yang mengalami susah tidur, cepat lelah, sesak nafas dan juga pegal-pegal. Baca juga: Manfaat Pijat Ibu Hamil Yang Ternyata Sangat Aman Untuk Dilakukan

Pijat Ibu Hamil

teknik pijat ibu hamil

Tentunya, hal ini sangat wajar jika ibu hamil ingin mendapatkan suatu perawatan dan juga teknik untuk meringankan rasa sakit yang ia derita. Kini, terdapat alternatif yang dapat Anda lakukan untuk menghindari diri dari nyeri dan juga pegal yang dirasakan oleh ibu hamil. Teknik pijat menjadi pilihan utama yang dipilih oleh para ibu hamil dalam mengurangi rasa sakit dan juga memelihara fisik ibu hamil.

Akan tetapi, masih banyak ibu hamil yang belum mengetahui manfaat yang dapat Anda peroleh dari teknik pijatan tersebut. Mereka mengira bahwa melakukan pijat ibu hamil menjadi hal yang tabu dan juga khawatir akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bagi ibu dan juga bayi.

Namun, satu hal yang harus Anda tahu bahwa pijat ibu hamil memiliki manfaat yang cukup signifikan terutama bagi ibu. Teknik pijat yang dilakukan tentunya membawa dampak yang positif bagi ibu hamil dalam mengurangi rasa nyeri dan juga rasa pegal yang timbul pada beberapa anggota tubuh lainnya. Hal ini tentunya menjadi salah satu yang harus Anda pertimbangkan untuk memasukkan pijat ke dalam salah satu perawatan tubuh ketika Anda sedang hamil.

Alasan Mengapa Pijat Ibu Hamil Diperlukan

Ketika kita sudah mengenal terlebih dahulu seputar pijat ibu hamil. Tentunya, Anda akan mempertanyakan alasan mengapa ibu hamil harus melakukan pijat. Alasan ini tentunya didasari oleh rasa tidak nyaman yang timbul pada ibu hamil dari masa kehamilan sampai persalinan.

Salah satu alasan mengapa ibu hamil harus melakukan pijat supaya ibu hamil dapat merasakan kenyaman dan juga menikmati masa-masa kehamilannya.

Seperti yang kita tahu bahwa pijat bisa melenturkan otot-otot yang tegang dan juga kaku dikarenakan kurangnya asupan oksigen dan juga tekanan pada perut ibu hamil yang semakin membesar. Kondisi ini pada umumnya dirasakan oleh ibu hamil ketika memasuki usia kehamilan sembilan bulan sehingga sangat penting bagi Anda untuk melakukan teknik pijat ibu hamil. Tujuan lain dari teknik pijat ibu hamil  agar ibu hamil dapat menyiapkan mental saat memasuki waktu persalinan.

Hal Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Melakukan Pijat Ibu Hamil

Meskipun teknik pijat ibu hamil memiliki manfaat yang cukup signifikan bagi ibu hamil. Akan tetapi, ada berbagai pertimbangan yang harus dilakukan bagi setiap ibu hamil sebelum memutuskan untuk melakukan teknik pijat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum ibu hamil melakukan pijat, diantaranya:

  1. Konsultasikan pada dokter spesialis kandungan terlebih dahulu, terlebih jika ibu hamil memiliki kehamilan yang beresiko.
  2. Jika melakukan pijat ibu hamil di klinik, pastikan Anda memilih klinik atau pusat perawatan tubuh yang terpercaya.
  3. Pilih suasana yang cukup mendukung untuk melakukan pijat pada ibu hamil, jangan sedang emosi atau tidak enak hati
  4. Hindari untuk melakukan pijatan di daerah perut karena akan akan memicu ruptur uteri dan juga keguguran
  5. Jangan terlalu sering menekan pada satu titik pada bagian tubuh karena akan mengakibatkan pembuluh darah pecah.
  6. Pilih minyak esensial yang paling aman bagi ibu hamil dengan aroma yang tidak terlalu kuat. Sebaiknya hirup terlebih dahulu apakah ibu hamil merasa nyaman dengan aroma minyak esensial yang telah dipilihnya dan apakah tidak merasa mual ataupun muntah ketika menghirupnya.
  7. Jika melakukan teknik pijat dirumah sebaiknya Anda menggunakan bantal untuk menyangga kaki, perut dan juga payudara ketika dalam posisi berbaring.
  8. Ketika dilakukan pijat oleh suami, sebaiknya suami juga memilih posisi yang nyaman agar tidak merasa pegal-pegal.
  9. Sebaiknya lakukan pijatan pada trimester kedua meskipun pada trimester pertama pun sudah dapat dilakukan. Namun, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pijatan pada ibu hamil.

Teknik Pijat Ibu Hamil

teknik pijat ibu hamil

Sebelum melakukan teknik pijat ibu hamil, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan diantaranya:

  1. Mental
  2. Musik Lembut
  3. Baby Oil/ Coconut Oil
  4. Rasa bangga pada kehamilan.

Poin-poin di atas tentu menjadi hal-hal yang harus dipertimbangkan. Kenapa memasukkan rasa bangga ke dalam hal yang harus dipersiapkan. Hal ini tentunya akan membuat Anda merasa percaya diri dan juga bangga akan kehamilan Anda sehingga Anda akan menikmati selama proses pijat.

Pada umumnya, ibu hamil merasakan sakit pada bagian pinggang dan juga punggung karena merasa terbebani dengan tubuh pada bagian depan. Teknik pijat ibu hamil tentunya harus menyangkut keseimbangan otot tulang belakang pada ibu hamil agar ibu hamil tidak merasakan beban yang berlebih pada bagian depan perut.

Berikut ini beberapa teknik pijat yang biasanya dilakukan oleh tenaga profesional di pusat perawatan tubuh atau klinik:

Teknik Pertama

Pada teknik pertama ini seorang tenaga profesional akan melakukan pijatan pada bagian punggung bawah sampai tulang belikat. Faktanya bahwa punggung bagian bawah selalu menerima beban yang terbilang cukup berat selama proses kehamilan. Punggung tentu menahan bebat berat janin di dalam kandungan.

Teknik pijat ibu hamil pada bagian punggung bawah tentunya akan mengurangi rasa sakit dan juga nyeri terutama pada bagian tulang belikat. Teknik pijat ibu hamil meliputi beberapa langkah berikut ini:

  1. Atur posisi ibu hamil senyaman mungkin dan membelakangi tenaga profesional tersebut.
  2. Posisikan kedua jari pada masing-masing tulang belakang.
  3. Mulailah melakukan pijatan pada area punggung secara bergantian. Mulai dari atas ke bawah dan juga dari bawah ke atas pada sepanjang tulang belikat.
  4. Lalu, mulailah melakukan pijatan dari atas tulang belakang sampai ke bawah hingga ke arah tulang belikat.
  5. Ulangi gerakan tersebut sampai tiga kali putaran.

Teknik Kedua

Teknik ini hampir sama dengan teknik yang pertama yaitu memijat punggung belakang sebagai sasarannya. Akan tetapi, terdapat perbedaan dalam cara dan teknik memijatnya, seperti pada langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Ibu hamil harus dalam posisi terbaring menghadap ke arah kanan. Pada umumnya, ibu hamil lebih merasa nyaman akan posisi ini.
  2. Anda harus menemukan posisi yang tepat pada tulang belakang tepat di daerah tengah punggung ibu hamil.
  3. Lalu, letakkan ibu jari pada posisi tangan datar di bawah garis tulang punggung, namun jangan terlalu jauh dalam meletakkan kedua ibu jari.
  4. Pada teknik ini sebaiknya ibu hamil mengeluarkan nafas panjang dan sedikit menekan tubuhnya pada bagian belakang sampai posisi tulang belakang sedikit menjauh dari tempat tidur.
  5. Lakukan gerakan tersebut sambil menarik nafas yang panjang dan membuangnya sampai tiga atau empat kali putaran. Ketika ibu hamil menarik nafas, lepaskan tekanan tersebut dengan pelan-pelan dan lembut sampai pada posisi semula.
  6. Setelah gerakan di atas dilakukan, Anda dapat memindahkan ibu jari pada arah yang lebih rendah, kemudian ulangi langkah-langkah yang sudah kami sebutkan di atas sebanyak 4 kali putaran.
  7. Langkah berikutnya masih dalam posisi yang sama yaitu taruh ibu jari pada pinggang belakang tepat pada tulang belakang yang masih teraba.
  8. Kemudian, posisikan ibu jari pada masing-masing sisi tulang belakang. Setelah itu dorong beban Anda ke tangan sambil menekan ibu jari secara bertahap pada area tersebut.
  9. Setelah itu, lepaskan secara perlahan dengan menggunakan teknik yang sama. Lalu, pindahkan ibu jari pada bagian bawah tulang belakang.
  10. Langkah terakhir, arahkan kedua jari ke arah tulang ekor secara perlahan sambil memijat dengan tekanan yang sama. Hal ini bertujuan untuk merileksasi otot pada bagian punggung sehingga lebih rileks dan nyaman.

Teknik Ketiga

Teknik ketiga ini sangat efektif untuk melenturkan dan merileksasi otot-otot yang kaku. Dalam melakukan teknik ini tentunya menggunakan ibu jari sebagai medianya. Ibu jari di sini tentu memiliki tekanan yang cukup kuat untuk menekan otot-otot yang kaku, akan tetapi jangan terlalu keras karena kulit ibu hamil sangat sensitif sehingga menyebabkan rasa perih pada kulit ibu hamil. Teknik ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, posisikan ibu jari pada kedua sisi tulang belakang kemudian mulailah melakukan pemijatan pada bagian bawah punggung.
  2. Lalu, tekan ibu jari disertai dengan gerakan yang melingkar pada bagian atas di sepanjang sisi bagian tulang belakang. Lakukan kedua langkah tersebut sekaligus.
  3. Kemudian, posisikan kedua telapak tangan di kedua sisi bahu ibu hamil, lalu usap dengan gerakan memutar mulai dari arah bawah sampai bagian pinggang. Ulangi gerakan tersebut paling tiga dua sampai tiga kali.

Dengan melakukan teknik ini tentunya ibu hamil akan merasa lebih rileks dan juga nyaman untuk menikmati masa-masa kehamilannya.

Teknik Pijat Ibu Hamil Oleh Suami

Selain area punggung, bagian tubuh lain juga dapat dilakukan teknik pijat ibu hamil. Hal ini dikarenakan seorang ibu hamil tidak hanya merasa lelah dan juga pegal pada bagian punggung, akan tetapi akan merasa pegal pada bagian tubuh yang lainnya. Berikut ini kami sajikan beberapa bagian tubuh lain yang dapat dilakukan teknik pemijatan, diantaranya;

Area Kepala

Tentunya, tidak dapat dipungkiri bahwa seorang wanita yang hamil akan lebih sering merasakan sakit kepala dan juga pusing. Untuk itu, memang sangat penting dilakukan suatu teknik pijat khusus untuk area kepala. Manfaat yang didapat dari teknik pijat ibu hamil area kepala yakni dapat membuat hamil lebih rileks dan juga meningkatkan bonding antara istri dan juga suami serta janin yang sedang di kandungnya. Beberapa teknik yang dapat Anda lakukan, diantaranya:

  1. Posisi ibu hamil duduk dan suami berdiri di belakangnya, lalu istri menyandarkan kepalanya ke perut Anda.
  2. Kemudian, pijat bagian ujung dengan gerakan memutar dan sedikit menekan dengan menggunakan keempat jari. Lakukan gerakan ini pada area perbatasan rambut dan juga kepala ibu hamil.

Area Panggul

Selain area kepala, area panggul juga sangat dianjurkan untuk melakukan pijatan. Manfaat pijat ibu hamil pada area panggul dapat merileksasi dan juga menyamankan otot-otot pada daerah perut bagian belakang dari bekerja terlalu ekstra selama proses pertumbuhan janin di dalam kandungan. Langkah-langkah yang dapat  Anda lakukan dalam melakukan pijatan pada ibu hamil di area panggul, diantaranya:

  1. Ibu hamil harus tidur dengan posisi menyamping dan Anda berdiri di belakangnya.
  2. Lalu, gerakan memijat punggung, akan tetapi pada arah yang sebaliknya mulai dari punggung bagian atas sampai ke arah bokong.
  3. Ingat bahwa seorang suami tidak harus menyentuh istri dengan tekanan yang sangat berlebihan.
  4. Lakukan gerakan yang memutar sampai mengelilingi bokong kemudian kembali ke punggung untuk mengikuti bentuk tubuh ibu hamil.

Area Tangan

Tentunya, tidak sedikit ibu hamil yang mengalami rasa pegal pada area tangan. Hal ini memang sangat wajar karena otot-otot pada ibu hamil dapat dibilang tidak lancar. Teknik pijat ibu hamil dapat membantu janin beradaptasi dengan mudah baik secara fisik maupun sosial sebelum ia dilahirkan. Hal ini tentu dapat mengurangi mati rasa atau kesemutan dan juga melancarkan peredaran darah. Beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan ketika melakukan teknik pijat pada area tangan, diantaranya:

  1. Ibu hamil dapat duduk di atas sofa, lalu ia dapat meluruskan tangannya
  2. Lakukan gerakan dengan cara mengusap mulai dari area tangan bagian atas sampai tangan bagian bawah
  3. Kemudian, pijat bagian punggung tangan dengan cara menekan mulai dari depan sampai belakang.
  4. Lakukan gerakan di atas pada telapak tangan juga. Setidaknya, lakukan gerakan ini sebanyak dua sampai tiga kali.

Area Kaki

Tidak hanya tangan, pegal pada kaki juga dapat dirasakan oleh setiap wanita pada saat proses kehamilan. Tidak dapat dipungkiri bahwa kaki menopang beban berat dari dalam kandungan sehingga ibu hamil akan merasa tidak nyaman ketika merasakan hal ini.

Manfaat yang diperoleh dari melakukan teknik pijat pada area kaki diantaranya dapat mengurangi kram pada kaki, bengkak serta pegal-pegal. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan ketika melakukan teknik pijat pada ibu hamil, diantaranya:

  1. Ibu hamil duduk di atas karpet atau lantai dengan duduk bersila atau juga dapat dilakukan pada sofa yang panjang.
  2. Pegang tumit kaki ibu hamil dengan menggunakan tangan kiri sedangkan tangan kanan dapat memijat bagian tengah betis dengan cara memutar-mutar sedikit agak menekan.
  3. Lakukan gerakan ini sebanyak dua kali putaran.

Teknik  pijat ibu hamil memang sangat diperlukan bagi wanita yang tengah hamil dan sering merasakan pegal dan juga nyeri pada bagian tubuh tertentu. Teknik pijat ibu hamil tentu dapat Anda lakukan dirumah dengan suami atau menggunakan tenaga profesional di klinik atau pusat perawatan ibu hamil. Semoga bermanfaat!

Author Info

Nina

No Comments

Post a Comment