Pijat Bayi Bermanfaat UntukOrangtua

Ternyata Pijat Bayi Bermanfaat Untuk Orangtua

Ternyata Pijat Bayi Bermanfaat Untuk Orangtua – Pijat bayi merupakan salah satu perawatan bayi yang diketahui memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya bagi orang dewasa, bayi juga dapat merasakan manfaat pijat. Tentunya pijat harus dilakukan dengan lembut dan hati-hati. Nah, memijat bayi ternyata tidak hanya mendatangkan manfaat untuk bayi itu sendiri, namun orangtua juga akan mendapatkan manfaatnya. Untuk mengetahui apa saja manfaat pijat untuk bayi dan orangtua, anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Pijat Bayi Bermanfaat UntukOrangtua

Manfaat Pijat Untuk Bayi

Pijat bayi memiliki banyak manfaat untuk si kecil. Lakukan pijat dengan baik dan benar, serta usia si kecil sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya tersebut. Berikut beberapa manfaat pijat untuk bayi.

  • Melancarkan sistem pencernaan. Pijatan yang diberikan pada bayi akan membuat sistem pencernaannya lebih nyaman, serta bergerak dengan lancar. Pada saat si kecil mengalami masalah pada sistem pencernaannya seperti sembelit, perut kembung atau kolik, dengan pijatan si kecil akan merasa lebih nyaman.
  • Membuat si kecil lebih tenang dan nyaman. Pijatan yang diberikan pada bayi akan dapat merangsang sistem saraf pusatnya. Sentuhan fisik terhadap si kecil akan mengirimkan sinyal pada otaknya agar lebih banyak memproduksi endorfin dan serotonin yang merupakan hormon yang akan membuat perasaan menjadi lebih nyaman dan bahagia. Dimana hormon ini juga akan mengurangi nyeri yang si kecil rasakan.
  • Membantu tidur lebih nyenyak. Siklus tidur si kecil akan menjadi teratur setelah dipijat. Jika bayi rutin dipijat maka kadar melatonin yang dimiliki akan lebih tinggi. Saat hari mulai gelap tubuh dengan alami akan memproduksi melatonin. Dimana melatonin ini yang membuat tubuh mengantuk. Jika tidur semakin nyenyak saat malam hari, maka melatonin yang dilepaskan semakin banyak. Pijat bayi juga akan membuat tubuh si kecil merasa nyaman dan rileks sehingga akan lebih mudah tertidur,
  • Selain itu beberapa manfaat pijat bayi lainnya yaitu memperbaiki sistem imun si kecil sehingga ia akan semakin sehat, membantu meredakan rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi dan lain sebagainya.

Manfaat Pijat Bayi Bagi Orangtua

Selain bagi bayi, pijat bayi juga bermanfaat untuk orangtua. Adapun beberapa manfaat memberikan pijatan pada bayi seperti berikut ini.

  • Menurunkan tingkat stres ibu. Stres terkadang ibu rasakan. Bahkan beberapa ibu ada yang mengalami sindrom baby blues yang biasanya banyak dialami oleh ibu yang baru melahirkan. Adapun beberapa hal yang menjadi penyebabnya yaitu perubahan hormon, aktivitas harian dan pola tidur. Nah, pijat bayi ternyata dapat menjadi obatnya. Pasalnya, saat melakukan pijat, efek rileks juga akan dirasakan oleh ibu yang memberikan pijatan.
  • Meningkatkan kedekatan ibu dan bayi. Pijatan yang ibu berikan pada bayi akan mempererat ikatan ibu dan anaknya. Si kecil akan menjadi lebih tenang saat berada di dekat ibunya. Begitupun sebaliknya, ibu akan lebih rileks saat merawat buah hati.
  • Pijat bayi juga akan membantu ibu merasa lebih percaya diri saat mengasuh buah hati.
  • Komunikasi antara orangtua dan bayi akan menjadi meningkat.

Nah, tidak hanya bayi saja yang mendapatkan manfaatnya, ternyata pijatan yang dilakukan oleh ibu juga mendatangkan manfaat untuk ibu. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment