Tips Agar Bayi Nyaman Saat Dipijat

Tips Agar Bayi Nyaman Saat Dipijat yang Penting Bunda Ketahui

Tips Agar Bayi Nyaman Saat Dipijat yang Penting Bunda Ketahui – Akhir-akhir ini pijat bayi tengah menjadi tren di kalangan orangtua. Banyak orangtua yang mengajak buah hatinya ke tempat baby spa untuk mendapatkan perawatan ini. Namun, tidak hanya tren semata, namun pijat bayi merupakan perawatan yang memberikan banyak manfaat untuk si kecil. Ada banyak manfaat yang akan si kecil dapatkan.

Adapun manfaat pijat bayi di antaranya yaitu, mengurangi frekuensi menangis, melancarkan sistem pencernaan, mengurangi sembelit dan sakit perut, menambah berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, membantu si kecil tidur lebih nyenyak, memperkuat hubungan orangtua dan bayi, serta lain sebagainya.

Nah, agar si kecil mendapatkan manfaatnya tersebut, tentu proses pijat harus dilakukan dengan baik dan benar. Namun, terkadang di tengah proses pijat si kecil rewel dan menangis, menolak untuk dipijat. Jika seperti itu, si kecil tidak akan mendapatkan manfaatnya dengan optimal. Oleh karena itu, anda harus mengetahui tips agar bayi merasa nyaman saat dipijat. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan.  

Tips Agar Bayi Nyaman Saat Dipijat

Tips Agar Bayi Nyaman Saat Dipijat yang Penting Bunda Ketahui

Apabila si kecil nyaman dan rileks saat dipijat, maka proses pijat akan berlangsung dengan lancar. Yuk simak beberapa tips agar bayi nyaman saat dipijat berikut ini.

Persiapkan Handuk

Menyediakan handuk sebelum memijat si kecil dapat anda lakukan. Handuk akan dapat menyerap minyak yang berlebih pada kulit si kecil. Selain itu, juga akan mencegah si kecil rewel yang disebabkan karena kedinginan. Pastikan pencahayaan pada ruangan dalam keadaan baik, dengan begitu si kecil akan merasa nyaman saat sesi pijat.

Menggunakan Minyak Pijat Khusus Bagi Bayi

Pijat bayi menggunakan minyak. Pastikan minyak yang digunakan untuk memijat bayi memang khusus diperuntukan untuk si kecil. Minyak tidak mengandung wewangian ataupun parfum tambahan.

Beberapa minyak pijat yang bisa dijadikan pilihan di antaranya yaitu minyak bunga matahari, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond atau tea tree oil sebab teksturnya ringan, serta aman bagi bayi.

Tidak disarankan menggunakan losion atau krim dengan kandungan bahan kimia untuk mengatasi masalah kulit pada bayi seperti ruam, eksim, dermatitis dan lain sebagainya.

Memijat Menggunakan atau Tidak Menggunakan Popok

Anda bisa membiarkan si kecil menggunakan atau tidak menggunakan popok saat dipijat. Memijat si kecil tanpa popok akan memastikan anda memijat seluruh tubuh si kecil dengan nyaman.

Ajak Si Kecil Berkomunikasi

Agar si kecil merasa nyaman dan rileks ketika dipijat, pastikan anda mengajaknya berkomunikasi. Ajak si kecil berbicara dan tertawa yang disertai dengan kontak mata. Selain membuat si kecil rileks, juga akan meningkatkan ikatan anda dengan buah hati.

Selain itu, pastikan anda juga memijat si kecil dengan lembut. Jangan menekan terlalu kuat sebab tubuh si kecil masih sensitif dan rapuh. Apabila si kecil tiba-tiba rewel saat diberikan pijatan, sebaiknya anda hentikan proses pijatan.

Itulah beberapa tips agar bayi nyaman dan rileks saat dipijat. Mengingat pijat bayi memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si kecil, anda bisa melakukannya dengan rutin untuk mendapatkan manfaat baiknya tersebut. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment