Tips Aman dan Nyaman Melakukan Yoga Hamil

Tips Aman dan Nyaman Melakukan Yoga Hamil

Tips Aman dan Nyaman Melakukan Yoga Hamil – Prenatal yoga bukan hanya tren semata, namun  memilki manfaat yang bagus bagi ibu hamil dan janin yang dikandung. Nah, untuk anda yang ingin mengikuti kelas prenatal yoga, ketahui terlebih dahulu beberapa tips aman dan nyaman melakukan yoga hamil seperti berikut ini.

Tips Aman dan Nyaman Melakukan Yoga Hamil

Prenatal yoga secara umum aman dilakukan oleh ibu hamil. Jika kondisi kehamilan ibu sehat, maka melakukan yoga relatif aman. Tentunya kegiatan ini akan aman dilakukan pada waktu yang tepat, gerakan yang aman dan frekuensinya seimbang. Jika anda melakukan yoga hamil dengan mengikuti panduan yang tepat, maka kegiatan ini aman serta mendatangkan manfaat yang bagus bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Nah, berikut ini tips aman melakukan yoga hamil yang bisa anda simak.

Sebelum melakukan yoga hamil, alangkah lebih baik jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan anda untuk memastikan kapan waktu yang tepat  bisa melakukan yoga hamil.

  • Hindari melakukan gerakan yoga yang tidak dianjurkan atau tidak aman untuk ibu hamil.
  • Anda harus memperbanyak minum air putih.
  • Istirahat dengan cukup.
  • Lakukan yoga dengan kondisi perut yang terisi. Namun, hindari melakukan yoga ketika baru selesai makan.
  • Kelas yoga yang anda ikuti pastikan didampingi oleh instruktur prenatal yoga bersertifikat.
  • Apabila anda mencoba melakukan yoga di rumah, pastikan anda melakukan gerakan yang sudah terbukti aman bagi ibu hamil.
  • Pastikan anda melakukan yoga di tempat tenang.
  • Hindari melakukan yoga hamil pada suhu panas.
  • Anda harus melakukan gerakan yoga dengan hati-hati.
  • Hindari melakukan yoga berlebihan.
  • Jika anda merasakan tanda ketidaknyamanan, sebaiknya jangan dipaksakan. Anda harus segera berhenti melakukan yoga.

Adapun beberapa tanda sebaiknya yoga hamil dihentikan yaitu, sesak napas, nyeri dada, sakit kepala atau pusing, mual, sakit perut, muntah, keluar bercak dari vagina, merasa  ingin pingsan, tubuh menggigil atau kontraksi. Jika anda mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan pada dokter kandungan.

Manfaat Yoga Hamil

Prenatal yoga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat prenatal yoga yang akan anda dapatkan.

  • Melakukan prenatal yoga akan meningkatkan ikatan anda dan bayi dalam kandungan.
  • Prenatal yoga akan membantu menjaga agar suasana hati tetap baik. Seperti yang kita ketahui, saat hamil ibu hamil akan mengalami perubahan hormon yang membuat suasana hati menjadi buruk.  Apabila mood anda positif maka akan berdampak terhadap karakter si kecil nanti.
  • Manfaat lainnya melakukan yoga hamil yaitu dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Jika ibu hamil memiliki kualitas tidur yang baik, maka ibu hamil akan mempunyai kondisi kehamilan lebih baik.
  • Prenatal yoga juga dapat membantu meringankan beberapa keluhan yang dialami saat hamil seperti gangguan tidur, nyeri, sakit kepala, mual, gelisah dan lain sebagainya.
  • Selain itu, prenatal juga diketahui dapat membantu menurunkan komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional, kelahiran prematur, pre-eklampsia dan lain sebagainya.
  • Prenatal yoga akan membantu pernapasan ketika melahirkan, merilekskan pikiran, menguatkan otot ketika mengejan, melenturkan otot-otot pada jalan lahir dan lain sebagainya.

Nah, itulah tips aman dan nyaman melakukan prenatal yoga serta beberapa manfaat prenatal yoga. Semoga bermanfaat.

Author Info

Kris Santi Handayani

No Comments

Post a Comment