Manfaat Baik Pijat Prenatal Bagi Ibu Hamil

Tips Atasi Stress Pada Ibu Hamil dengan Lakukan Relaksasi Berikut

Tips Atasi Stress Pada Ibu Hamil dengan Lakukan Relaksasi Berikut – Stress pada ibu hamil akan dapat menyebabkan bahaya baik untuk kesehatan si ibu maupun janin yang ada dalam kandungannya. Sebab itu, ibu hamil perlu mengupayakan segala hal untuk mengatasi masalah yang satu ini.

Perubahan tubuh dan emosi yang signifikan pada ibu hamil, terutama pada trimester pertama kehamilannya tak jarang membuat ibu hamil ‘terkejut’ dengan perubahan ini. Mual muntah dan tubuh yang lemas serta kehilangan nafsu makan bisa mungkin membuat ibu hamil stress dengan kondisi ini. Sementara pada ibu hamil yang sudah masuk ke trimester akhir, stress bisa mungkin didapatkan akibat ketakutan menjelang persalinan. Baca juga: Manfaat Baik Pijat Prenatal Bagi Ibu Hamil

Akan tetapi, apapun pemicunya sebaiknya stress yang terjadi pada ibu hamil tidak dibiarkan berlarut-larut begitu saja. Karena stres akan menyebabkan bahaya, baik pada ibu hamil maupun pada bayi yang dikandungnya.

Tips Atasi Stress Pada Ibu Hamil dengan Lakukan Relaksasi Berikut

Untuk itulah, guna mengatasi stress yang terjadi pada ibu hamil beberapa relaksasi di bawah ini termasuk relaksasi spa kehamilan dan beberapa hal lainnya akan dapat anda simak.

Buat Perubahan Gaya Hidup

Sebisa mungkin ibu hamil sebaiknya tidak mengalami tekanan secara fisik maupun mental dari urusan pekerjaannya. Untuknya, ketika anda mendapati anda sedang hamil dan mulai mengalami keluhan pada trimester pertama maka sebaiknya lakukan perubahan pada gaya hidup sehari-hari anda.

Karena keluhan kehamilan yang dialami biasanya memberikan pengaruh yang cukup besar dan berat. Apalagi mual dan muntah yang dirasakan akan mungkin membuat aktivitas yang dijalani terasa semakin berat.

Maka dari itu, segera buat jadwal dan daftar yang perlu dirubah dalam rutinitas harian anda. Bila memungkinkan anda bisa meminta cuti dari pekerjaan anda. Biasanya pada waktu ini, anda hanya perlu mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Tidur adalah salah satu cara beristirahat paling baik. Selain tubuh menjadi lebih rileks, mual dan muntah yang dialami pun akan sedikit teralihkan pada saat anda tertidur.

Jangan Terlalu Banyak Dipikirkan

Memang tidak dipungkiri bahwa kehamilan dan persalinan akan menjadi hal yang cukup menegangkan untuk seorang wanita, apalagi mereka yang untuk pertama kalinya menjalani kehamilan. Hal ini bisa mungkin membawa ketakutan yang besar.

Terutama ketika terjadi perubahan dalam tubuhnya. Kurangnya pengalaman dan ilmu pengetahuan, tak jarang membuat seorang ibu hamil baru mengalami banyak kekhawatiran.

Akan tetapi, hal penting yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya jangan pernah menerka-nerka keluhan yang anda rasakan.

Segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosa yang jelas dari apa yang anda rasakan. Selain itu, hindari berkonsultasi pada seseorang yang memang memiliki sifat dengan segudang ketakutan yang sama. Sebab hal ini bukanlah solusi yang baik. Alih-alih mendapatkan informasi yang akurat.

Anda mungkin akan semakin ketakutan dengan apa yang anda dapatkan. Maka dari itu, tidak cukup mendapatkan informasi kehamilan dari satu sumber saja.

Ketika anda curhat dengan rasa keingin tahuan anda maka temukan berbagai sumber. Dari sana anda akan bisa mendapatkan banyak pengetahuan yang berharga.

Olahraga dengan Rutin

Olahraga yang dilakukan secara rutin terbukti mampu merangsang hormon di dalam tubuh seseorang menjadi lebih bahagia. Selain itu, olahraga pun terbukti mampu menghilangkan penat yang sedang dirasakan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk tetap menjaga olahraga meski ketika anda hamil.

Karena selain untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga pun akan mampu memberikan anda sensasi yang lebih menenangkan jiwa.

Hanya saja, untuk menghindari permasalahan yang mungkin terjadi saat berolahraga. Maka penting memperhatikan jenis olahraga apa yang anda lakukan selama kehamilan. Terutama untuk anda yang masih dalam tahapan hamil muda atau trimester pertama.

Standar olahraga yang baik dilakukan oleh ibu hamil adalah jenis olahraga yang tidak terlalu berat dan menguras banyak ternaga sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang pada umumnya.

Anda bisa memilih olahraga seperti joging atau berjalan-jalan santai di sekitaran rumah anda. Atau mungkin berenang yang akan memberikan efek relaksasi yang menenangkan untuk anda dan tubuh anda.

Manjakan Diri Anda di Spa Ibu Hamil

Biasanya stress seringkali melanda ketika perasaan jenuh bercampur dengan tekanan yang amat besar. Baik dari lingkungan ataupun dari diri sendiri dan untuk meredakan stress selain daripada beberapa hal diatas andapun akan dapat melakukan sesuatu yang akan membuat anda senang dan lebih rileks.

Salah satunya adalah dengan memanjakan diri anda di spa ibu hamil. Siapa sih yang tidak suka dengan spa? Tentunya semua orang setuju bahwa spa mampu memberikan efek relaks yang menenangkan untuk tubuh.

Biasanya ibu hamil sudah dapat melakukan spa ketika usia kandungannya sudah masuk trimester kedua.

Sebab pada masa ini bayi sudah lebih kuat dan rangkaian pijat kehamilan pada spa hamil akan aman untuk dilakukan. Untuk itulah, temukan tempat spa hamil yang sesuai dan nyaman untuk anda nikmati.

Apalagi pada saat hamil biasanya pegal dan sakit badan akan rentan dirasakan. Terutama ketika kandungan sudah semakin membesar biasanya tubuh yang menahan beban perut inilah yang membuat pegal dan lelah pada tubuh mudah dirasakan.

Temukan Pemicu Stress Anda

Hal terpenting dari sekian banyak cara mengatasi stress diatas adalah dengan terlebih dahulu menemukan pemicu dari stress yang anda alami saat ini.

Karena pemecahan masalah akan tentu lebih efektif saat kita tahu apa penyebabnya. Maka dari itu, ketika anda mulai merasa tertekan dan gelisah dengan apa yang anda hadapi saat ini maka penting sekali untuk memahami apa sebenarnya yang menjadi ketakutan anda.

Bila anda merasa stress saat hamil karena takut dengan persalinan atau bingung memikirkan bagaimana sulitnya menjadi seorang ibu maka cobalah bicarakan masalah ini dengan pasangan anda terlebih dahulu.

Ketika anda merasa jawaban dari pasangan dirasa belum terlalu memuaskan maka diskusikan dengan keluarga anda. Setidaknya temukan seseorang dari keluarga anda yang anda anggap mampu memahami anda dengan baik.

Karena pada saat ini yang anda butuhkan adalah dukungan dan penenangan bahwa semuanya akan baik-baik saja. Maka dari itu, jangan pernah memendam masalah ini seorang diri.

Jangan pula merasa minder untuk membicarakannya daripada anda terus menerus berjibaku dengan stress yang anda alami.

Demikianlah beberapa pembahasan penting mengenai cara mengatasi stress pada ibu hamil dengan lakukan beberapa relaksasi penting diatas.

Pada intinya, stress adalah penyakit yang berbahaya untuk kesehatan ibu dan perkembangan janin di dalam kandungan anda. Jadi demikian, sebisa mungkin upayakan untuk bisa mengatasi stress dengan baik.

Agar demikian, anda dan si kecil bisa kembali menikmati masa-masa kehamilan sampai akhirnya menghadapi proses persalinan dimana si kecil akan hadir di dunia.

Author Info

Bella

No Comments

Post a Comment